11 Mar

VETERAN KOTA BATU ANTUSIAS IKUTI SOSIALISASI PEMILU 2019

Batu, kpu-kotabatu.go.id (11 Maret 2019) – Para veteran pejuang kemerdekaan Republik Indonesia yang tergabung dalam Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Batu terlihat antusias dan semangat dalam mengikuti acara sosialisasi Pemilu 2019 yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu bersama Relawan Demokrasi (Relasi), Senin (11/03/2019). Bertempat di Gedung LVRI Kota Batu yang beralamat di Jalan Sultan Agung No.4, acara sosialisasi tersebut diikuti sekitar 80-an anggota. Terdapat beberapa hal menarik dan berkesan dalam acara tersebut.


Ketua LVRI Kota Batu (Handri Israwan) dalam sambutannya mengatakan jika ia senang dan berterima kasih kepada KPU Kota Batu yang telah menyelenggarakan acara sosialisasi Pemilu 2019 pada lembaga yang ia pimpin. Menurutnya sikap KPU Kota Batu sungguh baik dikarenakan bersedia meluangkan waktu dan tenaga untuk bersilaturrahmi dan memberikan pendidikan pemilih kepada LVRI yang notabennya berisi orang-orang tua. “Kami sangat senang dengan adanya acara ini, dan berterima kasih kepada seluruh jajaran KPU Kota Batu yang telah bersedia datang ke sini. Dengan begini tali silaturrahmi antara kami para orang tua tetap bisa terjalin dengan teman-teman yang lebih muda,” tuturnya.

Sosialisasi tentang Pemilu 2019 sendiri disampaikan oleh Komisioner KPU Kota Batu Divisi SDM dan Parmas (Heru Joko Purwanto). Seperti biasanya, Heru menyampaikan hal-hal mendasar yang dinilai sangat penting diketahui oleh masyarakat, termasuk oleh para anggota LVRI Kota Batu. Informasi mendasar tentang Pemilu 2019 yang ia sampaikan antara lain tentang tanggal pelaksanaan pemilu, jenis-jenis surat suara dan perbedaan warnanya, cara mencoblos, dan pentingnya menggunakan hak pilih.

Setelah hampir 30 menit Heru memberikan materi sosialisasi pemilu, lalu dilanjutkan dengan agenda sharing dan tanya jawab berkaitan dengan Pemilu 2019. Dalam sesi ini terlihat para veteran Kota Batu tersebut antusias bertanya. Ada satu pertanyaan menarik, yakni tentang isu adanya Warga Negara Asing (WNA) yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Merespon pertanyaan tersebut Heru menjawab dengan tegas bahwa KPU telah menyelesaikannya dengan cepat. “Terkait isu itu kita ambil sisi positifnya saja. KPU akan mencoret, dan pada saat ini seluruh nama WNA telah tercoret dari DPT dan dinyatakan tidak memiliki hak untuk memilih,” tegasnya.

Dalam acara sosialisasi di Gedung LVRI tersebut Tim KPU Kota Batu juga memberikan hiburan dan mengajak para veteran untuk mendendangkan lagu perjuangan, antara lain Surabaya, Rayuan Pulau Kelapa, Kebyar-Kebyar, dan lagu-lagu kenangan lainnya. Dengan adanya momen menyanyikan lagu perjuangan tersebut acara berlangsung semakin syahdu nan heroik, sekaligus mengingatkan pentingnya persatuan dan perjuangan dalam menjaga nama harum Bangsa Indonesia. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 + 1 =