22 Apr

USAI PEMILIHAN 2020, SIAPKAN DIRI HADAPI PEMILU DAN PEMILIHAN 2024

Jakarta, kpu-kotabatu.go.id (22 April 2021) – Pelaksanaan tahapan Pemilihan Serentak 2020 telah usai di sejumlah daerah, termasuk di Provinsi Maluku khususnya Kabupaten Kepulauan Aru dan Kabupaten Buru Selatan. Penyelenggara di kedua daerah pun berkewajiban membuat laporan pelaksanaan yang selanjutnya diserahkan kepada kepada KPU RI.

Dan pada Kamis (22/4/2021), didampingi KPU Provinsi Maluku, KPU Kepulauan Aru dan KPU Kabupaten Buru Selatan mendatangi KPU RI. Rombongan diterima Ketua KPU RI Ilham Saputra serta Anggota KPU RI Evi Novida Ginting Manik serta Viryan.

Ilham Saputra mengawali sambutannya dengan menyampaikan apresiasi atas kerja keras jajaran KPU didaerah yang telah sukses menyelenggarakan Pemilihan 2020 meski berjalan di tengah pandemi Covid-19. Pria asal Aceh pun mengajak usai pelaksanaan Pemilihan 2020, jajarannya menyiapkan diri menghadapi proses persiapan Pemilu dan Pemilihan 2024. “Persiapkan diri, berkoordinasi dengan pemda melakukan sosialisasi dan juga menghitung anggaran pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan 2024. Kita punya pengalaman di 2020 ini bekerja di masa pandemi,” ucap Ilham.

Senada Evi Novida Ginting Manik juga menyampaikan apresiasi kepada KPU didaerah yang telah sukses menyelenggarakan Pemilihan 2020. Dan khusus Kab Kepulauan Aru juga Kab Buru Selatan yang tuntas tanpa adanya putusan PSU pada Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) di Mahkamah Konstitusi (MK). “Kami berharap dan beryukur KPU Provinsi Maluku sudah bisa melakukan supervisi monitoring mengendalikan tahapan Pemilihan 2020 dengan sangat baik. Banyak hal yang bisa dipelajari, kami berharap ini semua bisa jadi satu modal kita selenggarakan Pemilu dan Pemilihan 2024,” lanjut Evi.

Sementara itu Viryan menyarankan agar capaian pelaksanaan Pemilihan 2020 ditiap daerah dirangkum dalam sebuah riset atau buku. “Hal-hal teknis di lapangan yang berhasil dilakukan itu penting bagi kami untuk mengetahui, bagi kami menarasikan kerja-kerja kita itu penting,” jelas Viryan.

Sebelumnya, Ketua KPU Provinsi Maluku, Syamsul Rifan Kubangun menyampaikan tujuan kedatangan rombongan juga untuk meminta arahan terkait kebijakan-kebijakan teknis sebagai persiapan Pemilu dan Pemilihan 2024.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan simbolis laporan pelaksanaan dari KPU Kabupaten Kepulauan Aru dan KPU Kabupaten Buru Selatan didampingi KPU Provinsi Maluku kepada Ketua KPU RI Ilham Saputra. (humas kpu ri bil/foto: bil/ ed diR)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

73 − 71 =