19 Des

TUNJUKKAN TRANSPARANSI, BAWASLU KOTA BATU GELAR RAPAT EVALUASI PELAKSANAAN PENINDAKAN PELANGGARAN DAN PENYELESAIAN SENGKETA PEMILU 2019

Batu, kpu-kotabatu.go.id (19 Desember 2019) – Bawaslu Kota Batu melaksanakan rapat evaluasi pelaksanaan tindakan dan penyelesaian pemilu 2019. Acara diadakan di Ballroom Arjuna 2 Hotel Amarthahills Kota Batu Rabu (18/12/19). Peserta yang diundang berasal dari beberapa lembaga, diantaranya KPU Kota Batu, Anggota Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Bawaslu Kota Batu Pemilu 2019, Polres Kota Batu, Kejaksaan Negeri, dan Pengurus DPC Partai Politik di wilayah Kota Batu.

Diawal pembukaan acara, sambutan panitia yang diwakili oleh Koordinator sekretaris Bawaslu Kota Batu menyampaikan output yang diharapkan dari pelaksanaan kegiatan adalah peserta yang hadir dapat memahami hasil penindakan pelanggaran dan penyelesaian sengketa selama tahapan pemilu 2019. Selain itu tujuan kegiatan ini disebutkan bentuk dari transparansi dan akuntabilitas Bawaslu Kota Batu selama proses tahapan pemilu.

Ketua Bawaslu Kota batu pada sambutannya menyampaikan pada pemilu 2019 banyak pernak Pernik yang terjadi pada pemilu dan dialami oleh Bawaslu yang bertugas sebagai penindak pelanggaran dan KPU Kota Batu yang memiliki regulasi, dimana seharusnya partai politik taat pada peraturan KPU, “Pada Pemilu 2019 telah ditemukan baik berasal dari temuan maupun laporan sebanyak ratusan pelanggaran, pengajuan sengketa yang diajukan partai Hanura dan PSI”.

Abdur Rohman mengharapkan banyak mendapatkan masukan dari para stockholder yang hadir. Kedepan Bawaslu akan melakukan kemajuan penangangan pelanggaran dengan sistem informasi penanganan sengketa, berikut juga terdapat PPID, JDIH, SIPS. Semua dapat diakses di website Bawaslu Kota Batu. Hal ini guna memanjakan dan melayani  para partai politik dalam memudahkan mendapatkan informasi yang tujuannya ingin membangun peradaban baru. Abdur Rochman juga menyampaikan harapannya pada pemilu lalu. “semoga hasil pemilu 2019 menghasilkan wakil rakyat yang amanah dan membawa aspirasi rakyat dengan baik”, tutupnya.

Rapat evaluasi Bawaslu ini menghadirkan narasumber dari Kejaksaan Negeri, Polres Kota Batu dan pemaparan singkat dari anggota Bawaslu Kota Batu Supriyanto Kordiv. Hukum dan penindakan pelanggaran. 5 Komisioner KPU Batu turut menghadiri kegiatan ini karena dianggap sangat penting untuk berperan serta dalam rapat evaluasi tersebut.(Mrl)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

87 − = 84