07 Feb

KPU KUAT, PEMILU BERJALAN BAIK

Batu, kpu-kotabatu.go.id (6 Februari 2019) – Selain dihadiri oleh anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU), kegiatan Bimtek TUNGSURA dan SITUNG yang diselenggarakan oleh KPU RI di Kota Batu juga dihadiri oleh Ketua Komisi ll DPR RI (Zainudin Amali). Ketua Komisi II DPR RI tersebut datang dalam rangka memberikan dukungan dan apresiasi terhadap kerja keras yang telah dilakukan oleh KPU sebagai penyelenggara utama kontestasi Pemilu Serentak tahun 2019.

Ia mengatakan jika jika proses penghitungan dan rekapitulasi suara ialah puncak tahapan dari pemilu. Perjalanan panjang yang telah dilalui KPU, khususnya sejak adanya Undang-Undang Pemilu Nomor 7 tahun 2017, ia nilai sudah baik dan masih dalam jalur yang benar. “Komisi II sebagai mitra KPU dan DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu) menilai apa yang sudah berjalan masih dalam track record yang benar atau on the track. KPU menjalankan tugas-tugasnya sebagaimana panduan dalam undang-undang pemilu,” terangnya disambut tepuk tangan seluruh peserta.

Amali juga berpesan agar semua elemen di dalam KPU agar tetap optimis dalam menjalankan tugas, karena pekerjaan panjang yang dilakukan ialah langkah dalam mendukung proses demokrasi di Indonesia. Menurutnya sikap kuat dan optimis adalah bekal utama demi jalannya pemilu yang baik. “Kita harus selalu semangat dan optimis dalam menjalankan setiap tahapan. Jika kita tidak kuat dan optimis, maka banyak tekanan dari luar yang akan membuat tidak percaya diri melaksanakan pemilu. Abaikan penilaian macam-macam dari pihak luar,” jelasnya.

Hal terakhir yang ia sampaikan ialah tentang kesiapan dan pemahaman Petugas Pemungutan Suara (PPS) dalam melaksanakan tugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Amali berharap agar KPU di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota terus menggiatkan konsolidasi internal. “Tolong Bapak Ibu terus meningkatkan sosialisasi kepada internal penyelenggara. Minimal hal-hal teknis dan mendasar sudah dipahami oleh PPS, sehingga tidak ada keruwetan di saat pelaksanaan,” jelasnya menghimbau.

Jangan sampai ada kejadian “pukul dahulu baru bicara”, dikarenakan peserta pemilu lebih mengetahui daripada penyelenggara, tegas Amali. (ats)

06 Feb

PERKUAT SOLIDARITAS PESERTA BIMTEK, KPU KOTA BATU ADAKAN FUTSAL BERSAMA

Batu, kpu-kotabatu.go.id (05 Februari 2019) – Peserta Bimtek Tungsura dan Situng Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia telah 2 hari berada di Kota Batu. Materi demi materi diberikan untuk memperkuat pemahaman anggota KPU terkait teknis penyelenggaraan pemilu. Di balik kepadatan jadwal bimbingan teknis (bimtek), para peserta berinisiatif untuk mengadakan pertandingan futsal bersama. Dalam hal ini, KPU Kota Batu sebagai tuan rumah memfasilitasi dengan menyewa lapangan futsal yang bertempat di Hotel Zam-Zam, Batu, Minggu (07/02/19)

Para peserta bimtek datang ke lokasi futsal pukul 22.00 Wib. Sekitar 30-an orang ikut serta dalam olahraga santai tersebut. Hadir juga Anggota KPU RI Divisi Teknis Penyelenggaraan (Ilham Saputra) di malam tersebut. Selain itu, Sekretaris KPU Kota Batu (Thomas Maydo) dengan didampingi oleh Kasubbag Program dan Data Kota Batu (Erfan Darmawan) dan Kasubbag Teknis KPU Kota Batu (Ariansyah Mustofa) serta beberapa staf KPU turut datang menyambut dan mendampingi peserta bimtek yang akan bermain futsal.

Di sela-sela menunggu peserta datang secara lengkap Thomas Maydo mengatakan jika agenda futsal ini sangat baik untuk meningkatkan silaturrahmi dan solidaritas antar peserta bimtek yang berasal dari seluruh provinsi se-Indonesia. “Kegiatan futsal ini baik untuk meningkatkan kekompakkan peserta bimtek. Juga bermanfaat untuk refreshing bagi mereka,” terangnya bersemangat.

Setelah semua peserta datang, sekitar pukul 22.20 Wib pertandingan futsal dimulai. Terlihat Ilham Saputra, Thomas Maydo, dan 8 peserta bimtek lainnya mengawali bermain futsal. Lalu, secara bergantian para peserta lain masuk ke lapangan ikut bermain. Setelah hampir satu setengah jam lamanya bermain futsal, tepat pukul 24.00 Wib pertandingan diakhiri. Setelahnya, semua rombongan kembali ke Tulip Garden Hotel untuk beristirahat. (ats)

06 Feb

ILHAM SAPUTRA : GORESKAN TINTA EMAS PADA PEMILU 2019

Batu, kpu-kotabatu.go.id (5 Februari 2019) – Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 yang akan segera terlaksana beberapa bulan lagi harus menggoreskan tinta emas dalam pelaksanaannya. Hal tersebut disampaikan oleh Anggota Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) Divisi Teknis Penyelenggaraan (Ilham Saputra), dalam acara Bimbingan Teknis Pemungutan dan Penghitungan Suara serta Rekapitulasi Suara dan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Situng Pemilihan Umum Tahun 2019 di Golden Tulip Hotel, Batu, 2-5 Februari 2019. Kegiatan bimbingan teknis (bimtek) yang dikenal dengan Bimtek TUNGSURA dan SITUNG ini diikuti oleh 34 KPU Provinsi seluruh Indonesia, dengan rincian  pesertanya ialah 1 orang Anggota KPU Provinsi Divisi Penyelenggaraan Pemilu, 1 orang Kepala Bagian dan Sub-bagian Teknis Pemilu Provinsi, dan 1 orang Operator SITUNG. Kegiatan bimtek dibuka dengan pembacaan do’a oleh KPU Kota Batu dan penampilan Tari Topeng Bapang, tarian tradisional khas Malang.

Pemukulan Gong Tanda dibukanya secara resmi Bimtek Tungsura

Adapun anggota KPU RI yang hadir, yakni Divisi Teknis Penyelenggaraan (Ilham Saputra), Divisi Hukum dan Pengawasan (Hasyim Asy’ari), serta Ketua Komisi II DPR RI (Zainudin Amali), Kabiro Teknis dan Hupmas Setjen KPU RI (Nur Syarifah).

Ilham menyampaikan dalam kegiatan bimtek tersebut bahwa dalam sejarah penyelenggaraan pemilu, telah terdapat contoh kesuksesan yang mencatatkan tinta emas, yakni pemilu tahun 1955. “Perhatikan pemilu 1955 yang bisa mencatatkan tinta emas dalam sejarah. Kita harus bisa mencapai prestasi yang sama,” ujarnya. Lebih jauh ia menjelaskan, untuk bisa mencapai harapan besar tersebut KPU sebagai penyelenggara utama pemilu harus bisa melaksanakan pesta demokrasi ini dengan menjaga integritas, transparansi, dan tidak main-main. “Jika kita tidak ada integritas, maka akan menjadi sejarah pemilu yang jelek di mata masyarakat,” tegasnya.

Dalam kapasitas sebagai penanggung jawab teknis penyelenggaraan pemilu, Ilham berpesan agar seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan bimtek ini dengan sungguh-sungguh, agar setelah kegiatan selesai peserta bimtek bisa membagikan pengetahuan penting ke KPU tingkat kabupaten/kota di masing-masing provinsi. “Saya berharap setelah acara ini selesai KPU provinsi bisa berdiskusi dengan setiap KPU daerah tentang hal-hal penting berkaitan dengan persiapan pemilu 2019 ini. Gunakan grup WA sebagai diksusi dan sharing,” pesannya kepada peserta bimtek.

Setelah menyelesaikan sambutannya, Ilham secara resmi membuka kegiatan Bimtek TUNGSURA dan SITUNG tersebut dengan memukul gong sebanyak 17 kali. Menurutnya, jumlah pukulan hingga 17 kali sebagai pengingat bahwa Pemilu Serentak tahun 2019 ini akan dilaksanakan di tanggal 17, tepatnya 17 April 2019. (ats)

Tarian Selamat Datang : Tari Topeng Bapang

06 Feb

ADAKAN BIMTEK DI KOTA APEL, INI HARAPAN YANG INGIN DICAPAI KPU

Batu, kpu-kotabatu.go.id (04 Februari 2019) – Menjelang Pemilu Serentak tahun 2019 yang semakin dekat pelaksanannya, Komisi Pemilihan Umum KPU Republik Indonesia (KPU RI) terus memantapkan persiapan. Salah satu agenda yang dilakukan ialah dengan menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pemungutan dan Penghitungan Suara serta Rekapitulasi Suara dan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Situng Pemilihan Umum Tahun 2019 di Golden Tulip Hotel, Batu, 2-5 Februari 2019.

Kabiro Teknis dan hupmas Setjen KPU RI (Nur Syarifah)

Kegiatan bimbingan teknis (bimtek) ini merupakan agenda terakhir dari seluruh rangkaian bimtek yang telah dilakukan sebelumnya. Dalam kegiatan bimtek yang terakhir ini 34 KPU Provinsi seluruh Indonesia diundang hadir untuk mengikuti rangkaian agenda yang akan berlangsung selama 4 hari. Adapun pesertanya ialah 1 orang Anggota KPU Provinsi Divisi Penyelenggaraan Pemilu, 1 orang Kepala Bagian dan Sub-bagian Teknis Pemilu Provinsi, dan 1 orang Operator SITUNG Pemilihan Umum Tahun 2019.

Kepala Biro Teknis dan Hupmas Setjen KPU RI, (Nur Syarifah) dalam sambutannya mengatakan jika bimtek yang diselenggarakan di Kota Batu ini bertujuan agar seluruh KPU memiliki pemahaman yang sama terhadap proses pemungutan hingga penetapan calon, termasuk bagaimana penggunaan aplikasi SITUNG. “Tujuan diadakannya bimtek adalah memberikan pemahaman yang sama kepada seluruh elemen KPU sebagai penyelenggara utama pemilu tentang tiap proses dalam pemilihan, mulai pemungutan, penghitungan, rekapitulasi, hingga penetapan, sembari kita menunggu PKPU disahkan. Juga kita akan simulasi penggunaan SITUNG,” jelasnya.

Selain terbangunnya pemahaman yang baik berkaitan dengan hal teknis pemilu, ia juga berharap bahwa bimtek ini tidak hanya menjadi acara formal tanpa membuahkan hasil ataupun solusi, namun momen ini bisa dijadikan wadah yang efektif untuk sharing pemecahan masalah. “Kita juga berharap acara bimtek ini bisa sebagai tempat untuk memecahkan setiap kendala yang dihadapi. Bahasa yang lugas, tegas, dan jelas sangat penting, agar semua bisa memahami,” tandasnya meyakinkan.

Dipilihnya Kota Batu sebagai tempat kegiatan bimtek ialah pilihan tepat, menurut Syarifah. Suasana yang sejuk dan tenang diharapkan bisa mendukung kerja keras KPU menyiapkan dan menyukseskan pemilu. (ats)

18 Des

KPU RI MENGADAKAN RAKOR LOGISTIK PEMILU 2019 DAN KLIK PEMESANAN KATALOG NASIONAL TAHAP ll

Yogyakarta, kpu-kotabatu.go.id (18/12/2018) Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia mengadakan Rapat Koordinasi Logistik Pemilu 2019 dan Klik Pemesanan Katalog Nasional Tahap ll dengan peserta Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Kasubbag Umum, Keuangan dan Logistik KPU seluruh Indonesia, bertempat di Hotel JW. Marriot Yogyakarta mulai tanggal 17 – 19 Desember 2018. PPK sekaligus Kasubbag Hukum KPU Kota Batu (Badrut Tamam W) dan Kasubbag Umum, Keuangan dan Logistik KPU Kota Batu (Fitrya Faradevi) yang menghadiri acara tersebut.

Acara pertama, dibacakannya laporan kegiatan oleh Kabag Pengadaan Sarana dan Prasarana Biro Logistik KPU RI (Rahim Noor) dan dilanjutan oleh sambutan Ketua KPU Daerah Istimewa Yogyakarta (Hamdan Kurniawan), kemudian acara rakor dibuka oleh Plt. Sekjen KPU RI (Nanang Priyatna).

Acara selanjutnya Sosialisasi Peraturan Presiden dan Peraturan Lembaga Kebijakan Pengadaan Pemerintah serta Kebijakan Katalog yang disampaikan Kasubdit Pekerjaan Konstruksi LKPP (Hardi Afriansyah)  dan dilanjutkan Sosialisasi (Sistem Pengadaan Secara Elektronik) SPSE versi 4.3 oleh Direktur Pengembangan SPSE, dengan kesimpulan bahwa KPU melaksanakan pengadaan elektronik di LPSE KPU dan KPU sudah menggunakan SPSE versi 4.3 untuk tender maupun non tender.

Ketua KPU RI (Arief Budiman) menutup acara Rakor Logistik Pemilu 2019 dan Ketua KPU RI menyampaikan pesan kepada peserta rakor bahwa pentingnya semua pihak penyelenggara untuk menyukseskan Pemilu serentak tahun 2019, karena suksesnya penghitungan suara dimulai dari KPPS karena merekalah yg melakukan proses penghitungan suara, kalo mereka gagal melakukan hal tersebut maka PPK tidak dapat merekap hasil pemungutan suara, bila PPK gagal melaksanakan rekap maka KPU Kab/kota tidak bisa menghitung hasil penghit suara dengan gagalnya kpu merekap maka kpu Provinsi tidak bisa merekap dan bila KPU Provinsi gagal rekap maka KPU  RI tidak bisa menentukan pemenang pemilu dan juga Logistik memegang peran yang sangat penting dalam Pemilu serentak ini, tambah Arief Budiman. (pdp)

 

 

 

09 Des

SEKRETARIS JENDERAL KPU RI, BERKUNJUNG KE KOTA BATU

Batu, kpu-kotabatu.go.id, (09/12/2018) Hari minggu tanggal 09 Desember 2018, Sekretaris Jenderal KPU RI, Ir. Arif Rahman Hakim, MS. berkunjung ke Kota Batu dengan didampingi oleh Sekretaris KPU Jatim, HM. Eberta Kawima beserta istri.

Pada malam minggu, Sekjen KPU RI (Arif Rahman Hakim) beserta rombongan ditemani oleh Sekretaris KPU Kota Batu (Thomas Maydo) dan Kasubbag Program dan Data  (Irfan Darmawan) serta hadir juga Komisioner KPU Kota Malang (Zaenudin) beserta Sekretaris KPU Kota Malang (M.Sailendra)  menikmati malam dengan bersantai di POS KETAN, jajanan ketan yang sudah melegenda sejak tahun 1967. Hawa kota batu di malam yang dingin tidak terasa  dengan adanya ketan panas dengan aneka toping yang sangat lezat, ditemani dengan secangkir kopi susu panas dengan cita rasa yang khas kota batu.

Keesokan harinya, rombongan Sekjen KPU RI, melanjutkan menikmati pemandangan alam yang indah di Coban Talun, yang terletak di dusun Njunggo desa Tulungrejo, Kota Batu. Dengan datang ke lokasi jam 05.30 Pagi, rombongan Sekjen KPU RI, langsung melakukan perjalanan menuju Coban Talun, coban yang berarti Air Terjun itu memang sangat banyak kita jumpai di Kota Batu yang terkenal dengan buah Apel nya ini.

Rombongan Sekjen KPU RI (Arif Rahman Hakim), bersama Sekretaris KPU Jatim (HM. Eberta Kawima) didampingi Komisioner KPU Kota Batu (Saifudin Zuhri dan Heru Joko Purwanto) dan Sekretaris KPU Kota Batu (Thomas Maydo) bersama seluruh jajaran KPU Kota Batu, ikut berjalan menyusuri jalan setapak disela-sela hutan pinus yang masih berselimut kabut yang belum hilang, dan akhirnya kurang lebih 20 menit berjalan kaki, sampai juga rombongan KPU RI di Air Terjun Coban Talun.

Setelah menikmati pemandangan indah air terjun coban talun dan bermain air, rombongan Sekjen KPU RI kembali ke tempat istirahat yang telah dipersiapkan oleh KPU Kota Batu, setelah rasa lelah karena berjalan kaki sirna, rombongan Sekjen KPU RI menikmati hidangan tradisional nasi empok (nasi jagung) dengan lauk pauk yang menggugah selera.

Rombongan Sekjen KPU RI, akhirnya meninggalkan lokasi Coban Talun pada pukul 11.00 WIB, menuju hotel dan ke langsung ke Bandara Abdurrahman Shaleh dengan jadwal penerbangan jam 14.30 WIB menuju Jakarta. (pdp)

04 Okt

KASUBBAG DIVISI HUKUM KPU KOTA BATU HADIRI BIMBINGAN TEKNIS HUKUM ACARA PENYELESAIAN PERKARA PERSELISIHAN HASIL PEMILU 2019

Bogor,kpu-kotabatu.go.id (04-06/10/2018) Menyadari akan pentingnya penyelesaian perkara perselisihan hasil Pemilu 2019, KPU Kota Batu menghadiri Bimbingan Teknis (Bimtek) Hukum Acara Penyelesaian Perkara Perselisihan Hasil Pemilu 2019.

Bimtek diadakan dalam empat angkatan. Angkatan pertama diadakan pada tanggal 1 sampai dengan 3 Oktober 2018, Angkatan kedua pada tanggal 4 sampai dengan 6 Oktober 2018, Angkatan ketiga pada tanggal 8 sampai dengan 10 Oktober 2018 dan terakhir adalah angkatan keempat pada tanggal 11 sampai dengan 13 Oktober 2018. KPU Kota Batu yang diwakili oleh Kasubbag Hukum (Badrut Tamam) termasuk dalam Angkatan kedua,Kamis-Sabtu(04-06/10).

Bimtek Hukum Acara Penyelesaian Perkara Perselisihan Hasil Pemilu 2019 yang diadakan di  Gedung Pusat Pendidikan Pancasila dan Konstitusi, Mahkamah Konsitusi Republik Indonesia Jalan Raya Puncak Cisarua Bogor  dihadiri oleh KPU Provinsi/KIP Aceh dan KIP Kabupaten/Kota ini dibuka secara langsung oleh Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (Anwar usman).

Hari pertama Bimtek, peserta mendapatkan penjelasan teknis dari Kepala Pusdik Pancasila dan Konstitusi.

Materi yang tidak kalah menariknya diberikan pada hari kedua, yaitu : Advokasi sengketa dalam Pemilihan Umum tahun 2019, Potensi dan mekanisme pengawasan serta penyelesaian sengketa dalam Pemilu tahun 2019, Hukum acara perselisihan hasil Pemilu Tahun 2019, Mekanisme tahapan dan kegiatan penanganan perkara perselisihan hasil pemilu tahun 2019 kemudian materi terakhir yang diberikan pada Pukul 19:30 adalah Teknis penyusunan jawaban termohon dalam perkara perselisihan hasil pemilu tahun 2019.

Bimtek hari ketiga, materi yang didapat oleh peserta adalah : Praktek penyusunan jawaban termohon dalam perkara perselisihan hasil Pemilu DPR dan DPRD tahun 2019, Praktek penyusunan jawaban termohon dalam perkara perselisihan hasil Pemilu DPD, Presiden dan Wakip Presiden tahun 2019, Penanganan perselisihan hasil Pemilu tahun 2019 berbasis teknologi informasi dan komunikasi, Presentasi hasil penyusunan jawaban termohon perkara perselisihan hasil Pemilu tahun 2019.

Sebagai informasi, Bimtek Hukum ini diadakan sehubungan dengan surat dari Kepala Pusat Pendidikan Pancasila dan Konstitusi Mahkamah Konstitusi Nomor 1859/DK.06.00/8/2018 tertanggal 23 Agustus 2018 perihal Bimtek Hukum Acara Penyelesaian Perkara Perselisihan.(eka/pdp)