16 Jun

KPU KOTA BATU BANGUN KOMITMEN BERSAMA DINAS KOMINFO KOTA BATU DALAM PENYEBARLUASAN INFORMASI PUBLIK

Batu, kpu-kotabatu.go.id (Rabu, 16 Juni 2021) – KPU Kota Batu resmi menjalin Kerjasama dengan Dinas Kominfo Kota Batu sebagai motor utama penyebarluasan informasi publik dan penguatan Lembaga dalam kehumasan (16/6/2021).

Kerjasama dituangkan melalui penandatanganan MOU (Memorandum of Understanding) yang ditandatangi oleh Ketua KPU Kota Batu dan Kepala Dinas Kominfo Kota Batu. Ucapan terimakasih disampaikan Ketua KPU Kota Batu Mardiono kepada Dinas Kominfo yang telah bersedia untuk bekerjasama yang saling menguntungkan untuk masing-masing lembaga.

Mardiono meneruskan mengutip ucapan Ketua Divisi Sosdiklih dan Parmas KPU RI I dewa Kade Wiarsa Raka Sandi “Pembentukan Bakohumas di seluruh satker KPU RI untuk peran kehumasan yang berkualitas, komunikatif, aspiratif, professional dan kompeten yang diharapkan turut tercipta hubungan kemitraan yang baik dengan para pemangku kepentingan”.

Dinas Kominfo merupakan Lembaga yang tepat dan terpercaya dalam kaitannya penyebaran informasi publik. Harapan kedepan dengan dibentuknya Bakohumas ini dapat membentuk opini publik yang positif terutama nantinya Ketika menghadapi tahapan pemilu serentak 2024 tentunya menjadi tugas dan tanggung jawab besama, lanjut Mardiono.

Secara spesifik KPU Kota Batu berharap output Bakohumas inipun secara tidak langsung dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengakses informasi kepemiluan terupdate. Muara dari Kerjasama ini dapat meningkatkan citra Lembaga dan kepercayaan publik, tegas Mardiono.

Sebelum penandatanganan MOU Kepala Dinas Kominfo Onny Ardianto turut menyampaikan apresiasinya kepada KPU Kota Batu. Saat ini terdapat perubahan SOTK yang baru di Lembaga Kominfo. Di tahun 2021 ini Kominfo tergabung langsung dibawah kewenangan kementrian Kominfo, dimana sebelumnya tergabung dalam bagian kehumasan Kota Batu, jelas Onny.

Produk dari kesepakatan ini, kedepan Kominfo akan menssuport KPU Kota batu dalam hal penyebarluasan informasi. Namun diharapkan tetap melalui prosedur dengan berkoordinasi dan secara tertulis.

“Kedepan terkait Kerjasama Bakohumas diharapkan dikoordinasikan, misalnya permintaan penyebarluasan informasi melalui videotron, ini terkait pertanggungjawaban internal Kominfo berlaku juga untuk siaran Televisi ATV”, ujar Onny. (Mrl)

16 Jun

KPU KOTA BATU IKUTI LAUNCHING DAN BEDAH BUKU PUTIH DAN BUNGA RAMPAI PILBUB PACITAN 2020

Batu, kpu-kotabatu.go.id (Rabu, 16 Juni 2021) – KPU Kota Batu diwakili Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM Marlina mengikuti Webinar launching dan bedah Buku putih Pilbub Pacitan 2020 dan Buku bunga rampai Pilbub Pacitan 2020. Acara dibuka langsung oleh Ketua KPU Pacitan. Buku ini merupakan literasi demokrasi serta catatan sejarah yang merangkum seluruh kejadian dan tahapan pemilihan secara lengkap.

Acara dihadiri oleh Ketua Divisi Sosdiklih dan Parmas KPU RI I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi sebagai narasumber pertama dan pengantar bedah buku. Dewa menyampaikan buku putih yang ditulis teman-teman Pacitan sangat berisi dan padat. Isinya detail meceritakan gambaran pelaksanaan seluruh tahapan pemilihan serentak di Pacitan yang berjalan dimasa pandemi Covid-19.

“Berkembangnya literasi pemiihan merupakan tradisi penting dilingkungan KPU disela tugas dan tanggungjawabnya sebagai penyelenggara, dan jug sebagai catatan dan bahan evaluasi untuk persiapan menyongsong Pemilu serentak 2024”, terang Dewa.

Bedah buku yang dimoderatori oleh Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM KPU Pacitan Iwit Budhi Santoso memandu berjalannya bedah buku. Isi buku ini langsung diceritakan oleh pelaku yang terilbat langsung dalam peyelenggaraan pemilihan 2020 lalu.

Adapun narasumber dimaksud adalah Ketua KPU Propinsi Jawa Timur, Ketua Divisi Perencanaan, data dan informasi KPU Pacitan, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Prop. Jatim, perwakilan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan perwakilan Relawan Demokrasi Pemilihan serentak KPU Pacitan.

Iwit menjelaskan disela penyampaian materi bahwa seluruh isi buku ini merupakan jejak seluruh proses tahapan pemilihan lalu yang banyak unsur terlibat disana. “Pemilihan melibatkan semua jaringan untuk turut mensosialisasikan pemilihan serentak di Kabupaten pacitan, dan isi buku ini sebelumnya telah didiskusikan dan konsultasikan ke KPU Prop. Jatim, jelas Iwit.

Pamungkas acara ini ditutup langsung Ketua KPU Prop. Jatim Croirul Anam. Anam menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada semua pihak yang telah berkontribusi dan terlibat pada pemilihan serentak 2020 lalu.

Anam mengungkapkan kebanggaannya menjadi bagian launching dari buku putih dan buku bunga rampai KPU Pacitan ini. Selama proses tahapan penyelenggaraan pemilihan KPU Prop. Jatim telah menghimbau untuk mendokumentasikan serta menuliskan kronologi seluruh kejadian pada penyelenggaraan dalam bentuk catatan, jadi tidak hanya buku laporan pertanggungjawaban yang dibukukan sebagai legasi dan literasi demokrasi. Anam mengutip dari Daud Yusuf pengamat demokrasi “membaca atau budaya literasi ini menjadi syarat mutlak untuk terus mememperbaiki proses demokrasi”, ungkap Anam. (Mrl)

11 Jun

KETUA KPU KOTA BATU APRESIASI KEKOKAMPAKAN DAN SOLIDARITAS SELURUH PEGAWAI SEKRETARIAT KPU KOTA BATU

Batu, kpu-kotabatu.go.id (11 Juni 2021) – Hari Jum’at merupakan penghujung aktifitas kerja dilingkungan lembaga pemerintah. Momen ini digunakan oleh KPU kota Batu untuk membangun keakraban dan solidaritas seluruh pegawai dilingkungan secretariat KPU Kota Batu.

Wujud dari komitmen tersebut dilaksanakan kerja bakti yaitu gotong royong membersihkan lingkungan disekitar area Gedung perkantoran. Secara subtansi kegiatan ini tidak hanya dianggap sebagai kegiatan bersih-bersih namun tersirat untuk membangun kekompakan dan solidaritas diantara personal yang terdapat di internal KPU Kota Batu.

Ketua KPU Kota Batu Mardiono menyampaikan bahwa kegiatan kerja bakti ini terlihat sebagai kegiatan fisik untuk membersihkan lingkungan perkantoran. Tapi dari aktifitas ini dapat terlihat suasana kekeluargaan yang harusnya selalu dipupuk untuk kenyamanan dan kebersamaan, tutur Mardiono.

Selanjutnya Mardiono menyebutkan bahwa setiap hari kerja seluruh pegawai dilingkungan KPU Kota Batu selalu berinteraksi dengan orang-orang yang sama, tekanan dan beban kerja terkadang membuat masing-masing individu sibuk dengan aktifitas sendiri-sendiri. “Melalui kegiatan seperti ini setidaknya menjadi momen santai, saling bertegur sapa dan menjaga kehangatan hubungan kerja dan rileks sejenak dari aktifitas keseharian” sambungnya.

Kekompakan dan solidaritas ini diharapkan terus terjaga. Kedepan KPU Kota Batu akan menghadapi padatnya proses tahapan penyelenggaraan pemilu dan pemilihan serentak 2024. Sedini mungkin mempersiapkan internal yang “clear” dengan sesama pegawai yang menjadi motor penyelenggaraan mendatang agar efektifitas dan profesionalitas SDM terus terasah dengan baik, tutup Mardiono. (Mrl)

10 Jun

KPU KOTA BATU IKUTI WEBINAR NASIONAL LITERASI DEMOKRASI DAN LAUNCHING BUKU PEMILIHAN SERENTAK 2020

Batu, kpu-kotabatu.go.id (10 Juni 2021) – KPU Kota Batu ikuti Webinar Nasional literasi Demokrasi dan Launching Buku Pemilihan Serentak 2020 yang diselenggarakan KPU Kota Blitar Propinsi Jawa Timur. Acara diisi oleh 6 orang Narasumber dengan 4 orang diwakili Divisi Parmas KPU Kab/Kota Pemilihan 2020, Anggota Bawaslu Propinsi Jawa Timur dan turut sebagai Pembicara utama Ketua Divisi Sosdiklih dan Parmas KPU Propinsi Jawa Timur Gogot Cahyo Baskoro.

Acara dibuka langsung oleh Ketua KPU Kota Blitar Choirul Umam dilanjutkan dengan penyampaian materi utama oleh ketua Divisi Sosdiklih dan Parmas KPU Propinsi Jatim. Gogot menyampaikan komitmen KPU Jatim dalam pengembangan literasi demokrasi sebagai sumber Pendidikan  pemilih di Indonesia. Kegiatan yang diinisiasi KPU Kota Blitar ini menjadi refleksi catatan sejarah dimana berbagai inovasi yang dilakukan KPU diwilayah Prop. Jatim sehingga sangat layak untuk dibukukan.

“Pemilihan serentak 2020 merupakan sejarah dimana pertama kali melaksanakan tahaan ditengah pandemi Covid -19 dan sukses”, jelas Gogot.

Sejauh sejarah penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan di Indonesia, Partisipasi masyarakat masih menjadi indikator utama sebagai target suksesnya penyelenggaraan. Selain itu, pada pelaksanaan pemilihan serentak 2020 lalu terbukti tidak menimbulkan kluster baru penyebran Covid -19 di Jatim, lanjut Gogot.

Strategi sosialisasi yang telah diterapkan tersebut bisa diadopsi dan diterapkan sebagai metode pelaksanaan pemilu dan pemilihan di masa mendatang. Demikian pentingnya literasi demokrasi sebagai catatan-catatan penting untuk menjadi dokumentasi administratif. Seperti kutipan dari pak Pram “Menulis adalah bekerja keabadian”, Gogot mengakhiri.

Pun demikian, Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM KPU Kota Batu Marlina menjelaskan dengan mengikuti webinar literasi demokrasi tersebut menjadi pembelajaran penting yang dapat menjadi referensi strategi Ketika KPU Kota Batu menghadapi dan melaksanakan tahapan pemilu dan pemilihan kedepan. (Mrl)

07 Jun

PESAN JELAS RAPI DAN BRANTAS KOTA BATU KEPADA KPU KOTA BATU

Batu, kpu-kotabatu.go.id (08 Juni 2021) – Sobat pemilih, KPU Kota Batu melanjutkan proses penandatanganan perjanjian kerja sama pembentukan badan koordinasi kehumasan (Bakohumas). Hadir langsung ketua RAPI dan Brantas Wilayah Kota Batu menyampaikan pesan jelas kepada KPU Kota Batu dalam pertemuan penandatanganan Kerjasama Pembentukan Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas).

Ketua RAPI Iwan Suwito menyampaikan bahwa Ormas RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia) yang dibentuk oleh pemerintah tersebut siap membantu karena yang pertama kami bergerak secara sosial dan kedua tidak berpolitik. RAPI siap membantu dengan SDM yang ada dan dukungan peralatan yang dimiliki untuk menangkal hoaks dan kami siap menjadi patner sesuai AD/RT yang kami anut.

Ketua Brantas Akhmad Suheri menyampaikan Brantas memiliki moto ikhlas tanggap dan bermartabat. Dengan demikian kedatangan kami kesini dan melaksanakan penandatanganan kami sudah siap dan ikhlas untuk berupaya mensukseskan program yang diusung oleh KPU melalui Bakohumas ini.

KPU Kota Batu sangat bersyukur bahwa kedua ormas yang hari ini bertanda tangan dan sepakat bekerjasama untuk bergabung dalam Bakohumas ini yang bertujuan untuk validasi dan penyebaran informasi yang diperlukan oleh masyarakat. (ari)

07 Jun

BAWASLU DAN FPK PERDANA KERJASAMA BAKOHUMAS

Batu, kpu-kotabatu.go.id (07 Juni 2021) – Sobat pemilih Kota Batu hari ini KPU Kota Batu menggelar penandatanganan perjanjian kerja sama pembentukan badan koordinasi kehumasan (Bakohumas). Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batu dan Forum Pembauran Kebangsaaan (FPK) Kota Batu menjadi mitra kerja Bakohumas pertama yang bertanda tangan di lembar perjanjian kerja sama yang digagas oleh KPU Kota Batu.

Kegiatan penandatanganan kerja sama Bakohumas yang dilaksanakan oleh KPU Kota Batu yang melibatkan unsur penyelenggara pemilu dan salah satu organisasi masyarakat bertujuan untuk menyepakati beberapa hal terkait kehumasan dan bentuk koordinasi dalam pelaksanaan kegiatan kedepan.

Hadir Abdur Rochman, ST selaku Ketua Bawaslu Kota Batu dan Dra.Triwahyuni Widiestuti selaku Ketua FPK Kota Batu yang melakukan penandatangan di atas kertas Putih yang telah diberi materai 10k. Kegiatan yang di pimpin langsung oleh Ketua KPU Kota Batu Mardiono mempersilahkan kedua belah pihak untuk menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan penandatanganan ini. Hal ini menandakan bahwa lembaga atau ormas yang menghadiri dan bertanda tangan bersepakat untuk berkomitmen dan serius menunjang serta membangun persiapan pemilu 2024 mendatang ucap Ariansyah Mustafa selaku panitia kegiatan. (ari)

04 Jun

KPU KOTA BATU IKUTI FGD SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH

Batu, kpu-kotabatu.go.id (04 Juni 2021) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu mengikuti Fokus Group Discussion (FGD) Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) yang diselenggarakan Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Provinsi Jawa Timur yang diselenggarakan pada Hari Kamis Tanggal 3 Juni 2021. Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual selama 2 hari yakni Rabu dan Kamis yang terbagi menjadi dua kelompok (2-3/6/21).

Dilaksanakanya (FGD) Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dimaksudkan untuk memperkuat penyelenggaraan SPIP di lingkungan Komisi Pemilihan Umum di Kab/Kota di seluruh Provinsi Jawa Timur, Forum yang digelar secara daring ini dihadiri oleh Divisi Hukum dan Pengawasan, Sekretaris, Sub Koordinator Hukum, serta Operator SPIP dari 38 KPU Kabupaten/ Kota.

Pada arahannya Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Jatim, Muhammad Arbayanto, menyampaikan bahwa SPIP merupakan menjadi satu bagian penting dalam konteks organisasi dan sejatinya KPU telah melakukannya, terutama pada masa tahapan Pemilihan maupun Pemilu.

“Dalam aktivitas tahapan, KPU telah melakukan identifikasi permasalahan, kemudian menyusun Standard Operating Procedure (SOP), dan ditindaklanjuti dengan berbagai langkah strategis untuk meminimalisir persoalan. Hal tersebut merupakan contoh praktik pengendalian intern pemerintah sudah berlangsung” papar Arba (2/6/2021).

Dalam kegiatan ini peserta dibekali materi dan diberikan soal terkait SPIP guna mengukur tingkat pemahaman peserta dengan pretest dan posttest, harapannya ada peningkatan pemahaman antara sebelum dan sesudah FGD ini berlangsung.

Dalam FGD SPIP ini dipandu oleh Koordinator Hukum; Teknis; dan Hupmas, Yulyani Dewi. Beberpa hal yang didiskusikan dalam FGD ini meliputi lingkup kerja SPIP, indentifikasi permaslahan di KPU Kab./Kota hingga penyusunan laporan.