31 Mei

KPU OPTIMISI TAHAPAN PEMILU BERJALAN TEPAT WAKTU

Batu, kpu-kotabatu.go.id (31 Mei 2022), #KPUmelayani, kegiatan Pelatihan Peningkatan Pelayanan Publik KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Jawa Timur yang dilaksanakan pada hari Selasa, 31 Mei 2022 Pukul 09.30 WIB-Selesai. Dalam kesempatan tersebut Miftahur Rozaq yang mewakili Ketua KPU Provinsi Jawa Timur dalam memberikan sambutannya menyampaikan “Kita Optimis Pelaksanaan Tahapan, Program dan Jadwal Pemilihan Umum Serentak Tahun 2024 akan dilaksanakan tepat waktu”. Kegiatan yang diinisiasi oleh KPU Provinsi Jawa Timur di Hadiri oleh Komisioner KPU RI Mochammad Afifuddin Divisi Hukum dan Pengawasan yang juga merupakan kordiv Jawa Timur, Dr Johannes Widijantoro, SH,. MH Komisioner Ombudsman RI, Agus Muttaqein, SH, dan Pimpinan KPU Provinsi Jiwa Timur.
Selasa 14 Juni 2022 adalah start awal dimulainya tahapan pemilu 2024 oleh karena itu kepada seluruh peserta kegiatan Pelatihan Peningkatan Pelayanan Publik KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Jawa Timur untuk siap menyambut hari awal tahapan pemilu tersebut.


Miftahur Rozaq kembali mengingatkan kepada para peserta rapat untuk menjalankan tugas sebagaimana roadmap yang telah di tetapkan oleh Pimpinan Kita di KPU RI. Untuk itu kita sekalian harus memahami ada 8 area yang selalu diperhatikan oleh penyelenggara pemilu, KPU dalam proses pelayanan publik kepada masyarakat sebagai bentuk reformasi birokrasi apa itu; manajemen perubahan, penataan peraturan perundang-undangan, penataan organisasi/lembaga, penataan dan penguatan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM ASN, penguatan akuntabilitas kinerja, penguatan pengawasan, dan peningkatan kualitas pelayanan publik.
Roadmap yang telah ada memandu kita dalam bagaimana upaya kita menjawab apa komitmen yang akan kita berikan dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan publik tersebut, oleh karena itu Rozaq meminta peserta rapat memperhatikan dengan seksama kegiatan hari ini. Ari

31 Mei

KPU KOTA BATU MIGRASI LAMAN RESMI

Batu, kota-batu.kpu.go.id (30 Mei 2022) – Sebagai persiapan tahapan Pemilu dan Pemilihan serentak Tahun 2024, KPU Kota Batu marathon melakukan migrasi konten dari laman kpu-kotabatu.go.id ke laman baru kota-batu.kpu.go.id.

Migrasi website resmi KPU Kota Batu dalam rangka menata website agar optimal dalam aspek keamanan, keseragaman dan standarisasi. Harapannya adalah perbaikan infrastruktur melalui penataan website ini dapat meningkatkan kualitas kelembagaan, utamanya dalam pengawasan dan pengendalian keamanan serta mempermudah mitigasi apabila terdapat serangan dari pihak yang tidak bertanggungjawab.

“Mudah-mudahan secepatnya dapat selesai dan (laman baru) dapat disosialisasikan ke masyarakat,” Pungkas Ariansyah Mustafa, Kasubbag Teknis Pemilu.(nng)

31 Mei

RAPAT KONSOLIDASI PAMDAL KPU PROVINSI DAN KPU KABUPATEN/KOTA SE-JAWA TIMUR

Batu, kpu-kotabatu.go.id (30 Mei 2022) – KPU Kota Batu yang terdiri dari Sekretaris, Kasubbag Keuangan,Umum & Logistik (KUL) dan Satuan pengamanan hari ini mengikuti Rapat Konsolidasi Pengamanan Dalam (Pamdal) Kpu Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota Se-Jawa Timur yang diadakan secara daring melalui Zoom pagi hari ini. Acara ini juga diikuti oleh seluruh satuan kerja KPU yang ada di wilayah Jawa Timur, Acara ini dibuka secara langsung oleh sekretaris KPU Provinsi Jawa Timur Ibu.Nanik Karsini dalam sambutannya Nanik menyampaikan bahwa Rapat Konsolidasi ini sebagai rangkaian dari persiapan Tahapan Pemilu yang akan datang dan diperlukannya upaya peningkatan ataupun pembenahan untuk memaksimalkan tugas dan fungsi terkhusus dibidang pengamanan yang dalam hal ini dituntuk untuk melakukan perubahan mental serta disiplin untuk mempunyai komitmen yang tinggi serta meingkatkan profesionalitas. Nanik juga menekankan terkait tugas kinerja yang di emban bukanlah sesuatu hal yang mudah namun memiliki tugas dan tanggung jawab yang tinggi, karna harus bisa memberikan pelayanan, rasa nyaman dan aman di setiap satuan kerja serta mampu menjaga sikap dan perilaku dimanapun dan kapanpun, “harapannya rapat konsolidasi ini dapat dilaksanakan dengan sungguh-sungguh oleh setiap satuan kerja dan Pamdal menjadi satuan yang solid dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dalam mendukung pemilu dan pemilihan tahun 2024 mendatang” tutup nanik.


Acara berikutnya merupakan paparan materi atau bimbingan dari kepada bagian pengamanan dalam KPU RI BPK.Ashari, dalam penyampaiannya Ashari membeberkan beberapa poin terkait dengan Pamdal yang pertama yaitu disiplin terutama disiplin dalam berpakaian/berseragam yang dimana masih banyak satuan kerja yang masih belum mematuhi aturan penggunaan seragam bagi satuan pengamanan yang ada, lalu poin berikutnya adalah mengenai rencana pelatihan bagi setiap pengamanan dari seluruh satuan kerja untuk mendapatkan pelatihan selama 15 hari dan mendapatkan sertifikat kompetensi pengamanan yang terdiri dari 3 (tiga) bentuk pelatihan yang pertama pelatihan kebakaran, bencana alam hingga kepemiluan. Berikutnya mengenai sarana dan prasaranan penunjang pengamanan seperti pemadam api, cctv hingga buku kejadian yang dimana detail detail tersebut perlu diperhatikan oleh setiap satuan pengamanan termasuk nomor telephone darurat yang harus selalu di pegang oleh setiap satuan pengamanan yang ada yang terakhir “harapannya setiap satuan pengamanan yang ada dimasing-masing satker mulai sekarang dapat membenahi diri dan menjadi lebih baik dan mampu untuk membangun citra yang rapi” tutup Ashari. Selanjutnya acara ditutup dengan sesi Tanya jawab bagi seluruh peserta zoom yang hadir. (otv)

30 Mei

MONITORING KINERJA, PPNPN SUSUN LAPORAN BULANAN

Batu, kota-batu.kpu.go.id (30 Mei 2022) – Dalam rangka monitoring kinerja, Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) di lingkungan KPU Kota Batu diwajibkan untuk menyampaikan laporan bulanan yang disampaikan ke KPU Provinsi Jawa Timur.

Hal ini dikarenakan ada peralihan kewenangan pengangkatan staf PPNPN yang semula oleh Sekretaris KPU Kabupaten/Kota dan sekarang pengangkatan oleh Sekretaris KPU Provinsi Jawa Timur.  Seluruh staf PPNPN KPU Kota Batu yang diangkat resmi oleh KPU Provinsi Jawa Timur, sesuai dengan SK Sekretaris KPU Provinsi Jawa Timur Nomor 11/SDM.01/35/2022 tanggal 13 Januari 2022 tentang Pengangkatan Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri Bidang Administrasi, Bidang Keamanan, Bidang Pramubakti dan Bidang Pengemudi Tahun Anggaran 2022 pada Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Provinsi dan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.

Pada KPU Kota Batu sendiri ada sebanyak 7 (tujuh) orang staf PPNPN yang terdiri dari 3 orang keamanan, 2 orang pramubakti, 1 orang pengemudi,  dan 1 orang tenaga kebersihan.

Sebagai bentuk pertanggungjawaban atas kinerja yang telah dilaksanakan selama 1 bulan, di wajibkan bagi seluruh staf PPNPN untuk membuat laporan bulanan. Di dalam Laporan bulanan yang berisi sesuai formulir yang diberikan dari KPU Provinsi yang meliputi bukti administrasi presensi kehadiran, hasil kinerja dan penilaian sikap dan perilaku, dan semua bukti administrasi tersebut dipake sebagai dasar  untuk pembayaran honorarium PPNPN pada Sekretariat KPU Kabupaten/Kota.

“Staf PPNPN harus mengirimkan laporan tersebut paling lambat tanggal dua tiap bulannya. Maksimal jam empat sore. Dikirim melalui email dan hardcopynya dikirim via Pos,” Ujar Budhie Kriswanto, Kasubbag Hukum dan SDM. (nng)

30 Mei

DATA PEMILIH BERKELANJUTAN MARET 2022, 190.573.769 ORANG

Jakarta, kpu.go.id – Data pemilih berkelanjutan Maret 2022 sebanyak 190.573.769 pemilih, dari 34 Provinsi, 514 Kab/Kota, 7.224 kecamatan, 83.229 desa/kelurahan, 695.102 TPS. Data ini rencana akan disandingkan dengan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) Semester 2 tahun 2021 dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang rencananya akan diterima KPU RI pada 24 Mei 2022.

Anggota KPU RI Betty Epsilon Idroos menyampaikan data pemilih berkelanjutan akan dimutakhirkan atau disandingkan dengan DP4 termasuk melakukan audit data pemilih berkelanjutan. “Kami sedang merancang beberapa bentuk audit data pemilih sehingga akan menghasilkan informasi seberapa bersih data yang dimiliki, yang kemudian akan kita lakukan perbaikannya menjelang Pemilu tahun 2024,” ucap Betty dalam Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) Tingkat Nasional menyongsong Tahapan Pemilu Tahun 2024 bersama KPU Provinsi se-Indonesia secara daring, Selasa (24/5/2022). Berita selengkapnya dapat dilihat di tautan berikut https://www.kpu.go.id/berita/baca/10534/data-pemilih-berkelanjutan-maret-2022-190573769-orang

30 Mei

APEL SENIN PAGI: HERU AJAK ASN UNTUK MEMEGANG JANJI PANCA PRASETIYA KORPRI

Batu, kpu-kotabatu (Senin, 30 Mei 2022) – KPU Kota Batu kembali melaksanakan apel senin pagi, sebagai pemanasan kegiatan selama seminggu, pagi ini (30/5). Kali ini Heru Joko Purwanto, Anggota divisi Penganggaran dan Data, bertindak sebagai pembina apel.

Dalam Amanatnya Heru menyampaikan beberapa point diantaranya menyambut mahasiswa magang dari Universitas Muhammadiyah Malang yang berjumlah 2 orang yang mulai hari ini melaksanakan program magang di kantor KPU Kota Batu. Diinformasikan juga kepada para mahasiswa bahwasanya mahasiswa magang wajib untuk selalu mengikuti apel pagi di setiap hari Senin sebagai salah satu pengalaman dalam program magangnya.

Heru juga senantiasa mengingatkan kepada seluruh peserta apel bahwa tahapan pemilu sudah ada di depan mata, tepatnya kurang 15 hari lagi tahapan pemilu akan dilaksanakan. Untuk itu diharapkan untuk semuanya mempersiapkan secara fisik dan mental terlebih di luar sana dari mulai tingkatan nasional hingga daerah suhu politik sudah mulai meningkat. diharapkan seluruh pegawai KPU Kota dapat melaksanakan ataupun memegang janji-janji yang telah di sebutkan dalam Panca Prasetiya Korpri.

Yang terakhir dalam amanatnya Heru juga menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya salah satu ulama dan juga tokoh nasional Prof. Dr. H. Ahmad Syafii Maarif, dan mencuplik salah satu peninggalan beliau yaitu dalam menajalankan suatu aktivitas apapun dan dimanapun selalu didasari oleh semnagt dan hati. “Jadi beliau tidak pernah mengeluh dalam menggapai sesuatu hal, setiap menjalankan suatu hal selalu purna dan menjalankan tugas dengan kepala dingin, dan selalu dilandasi oleh hati , dikontrol oleh hati , dan seluruh pekerjaan selalu dilandasi oleh hati, “ tuturnya.

Yang terakhir adalah semangat sehingga seluruh pekerjaan selalu bermanfaat bagi lingkungan dan orang banyak.Hal ini lah yang bisa di lakukan oleh seluruh pegawai KPU Kota Batu dalam setiap menjalankan tugas haruslah dilandasi oleh semangat dan hati, dan harapannya semangat ini semakin membara dan menjadi amunisi dalam bekerja nantinya. (Okta).

30 Mei

SISTEM PENGAWASAN P3DN

Batu, kpu-kotabatu.go.id (19 Mei 2022), #TemanPemilih, KPU Kota Batu dalam rangka bangga buatan Indonesia, sebagaimana pelaksanaan ketentuan Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 tentang perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadan Barang dan Jasa Pemerintah.
Pelaksanaan program P3DN tahun 2022 merupakan arahan dari Presiden Joko Widodo dalam upaya mendongkrak belanja produk dalam negeri dan produk UMKM serta bentuk pengawasan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri atau P3DN. Hal tersebut penting dilakukan untuk memastikan efektivitas dan akuntabilitas pelaksanaan P3DN dalam rangka Bangga Buatan Indonesia (BBI).
Hadir KPU RI, KPU Provinsi dan KPU Kab/Kota Se Indonesia dalam pertemuan daring via zoom meeting yang di fasilitasi oleh KPU RI Biro Logistik sebagaiamana surat Sekretaris Jenderal Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 602/PP.08.2-Und/06/2022 perihal Undangan Rapat, pada pukul 13.30 WIB Senin, 30 Mei 2022
Apa tujuan yang diinginkan dalam penerapan Aplikasi Pengawasan P3DN. Tujuan pengawasan dalam P3DN di antaranya, memastikan desain kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Pemerintah dalam mendukung penggunaan produk dalam negeri. Selanjutnya, memastikan kementerian/lembaga/daerah telah menjadikan prioritas penggunaan produk dalam negeri dalam perencanaan dan pelaksanaan PBJ. Kemudian, memastikan prosedur sertifikasi dapat dilaksanakan secara masif cepat, efisien, dan sesuai aturan.
“Yang tidak kalah penting pengawasan yang dilakukan BPKP dapat mendeteksi tindak kecurangan dalam implementasi P3DN,” ujarnya Narasumber Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Fendhica Nicholan dalam rapat virtual dengan unit kerja KPU Kab/Kota Se Indonesia. (ari)