10 Sep

KPU KOTA BATU MENGIKUTI WEBINAR TANTANGAN INTEGRITAS ELEKTRORAL MENUJU PEMILU TAHUN 2024

Batu, kpu-kotabatu.go.id (10 September 2021) – KPU Kota Batu diwakili Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM Marlina mengikuti kegiatan webinar yang diselenggarakan KPU Kabupaten Binjai Sumatera Utara. Webinar yang berjalan hampir tiga jam ini mengupas bagaimana tantangan integritas electoral munuju pemilu tahun 2024, Kamis (09/09/21).

Webinar diisi oleh narasumber dari berbagai laar belakang. Terdapat empat narasumber saat berjalannya diskusi. Narasumber pertama yaitu Anggota Komisi II DPR RI Zulfikar Arse Sadikin, Direktur Eksekutif Perludem Khoirunnisa Nur Agustyati, Ketua KPU  Prov. Sumatera Utara Herdeni Adnin, dan Dekan Fisip UMSU Dr. Arifin Saleh.

Menurut Arifin integritas adalah harga mati. Melalui sikap yang teguh mempertahankan prinsip. Orang yang bertindak sesuai dengan ucapan, tidak berbeda didepan dan dibelakang, konsisten antara apa yang dikatakan dengan apa yang dilakukan. Penyelenggara pemilu dan pemilihan harus mengedepankan kejujuran melalui iman yang kuat dan tahan akan godaan.

Selain itu Arifin menyimpulkan bahwa integritas pemilu merupakan Tindakan konsisten sesuai dengan hasil rapat, kebijakan atau undang-undang, kode etik dan Peraturan KPU.

Sementara itu, berbeda dengan penyampaian Zulfikar, Anggota Komisi II ini menyebutkan pemilu merupakan arena sirkulasi elit, media rill untuk melaksanakan hakikat berdemokrasi. Zulfikar menyebut bahwa integritas electoral ditentukan dari kualitas peserta pemilu, penyelenggara pemilu, serta partisipasi masyarakat yang turut mewarnai dinamika dalam setia proses tahanapan pemilu.

Zulfikar berharap penyelenggara pemilu dapat membangun kesepahaman melalui inventarisasi masalah. Hal ini dapat memperbaiki kualitas penyelenggaraan pemilu. Meski undang-undang pemilu dan pemilihan tidak jadi direvisi, namun  perbaikannya masih dapat dituangkan melalui Peraturan KPU dan Peraturan Bawaslu, tutup Zulfikar. (Mrl)

09 Sep

KPU KOTA BATU SILATURAHMI DAN MEMBERIKAN TALI ASIH KEPADA KELUARGA LIOK SUGIARTO

Batu, kpu-kotabatu.go.id (09 September 2021) – Keluarga besar KPU Kota Batu beberapa bulan yang lalu telah kehilangan salah satu staf security, Liok Sugiarto tepatnya tanggal 29 Juni 2021 meninggal dunia setelah selesai dalam menjalankan tugasnya menjaga keamanan kantor KPU Kota Batu.

Pada hari Kamis (09/09). Seluruh Komisioner KPU Kota Batu, beserta Sekretaris KPU Kota Batu Thomas Maydo dan Kasubbag KUL KPU Kota Batu Uke Wahyu, telah melakukan kunjungan silahturahmi ke keluarga Almarhum Liok Sugiarto, untuk menyerahkan Tali Asih atas nama Seluruh Keluarga Besar KPU se -Jawa Timur, dan diterima oleh istri almarhum, Nurul.

Nurul menyampaikan rasa terimakasih yang tak terhingga atas perhatian dari keluarga besar KPU se-Jawa Timur, khususnya KPU Kota Batu dimana selama ini suaminya mengabdi dan melaksanakan tugas dari tahun 2007 hingga akhir hayatnya. “Mohon dimaafkan kesalahan suami saya apabila disaat bekerja maupun bergaul dengan bapak ibu, terdapat perkataan ataupun perbuatan yang tidak berkenan dihati. dan terimakasih atas perhatiaannya.” ujarnya.

“Mohon jangan melihat nilai nominal besarannya, semoga tali asih ini bisa sedikit membantu dan memberikan manfaat bagi Keluarga”. ujar Ketua KPU Kota Batu, Mardiono. (uke)

08 Sep

SOSIALISASI YANG KONTINUE DAN BERKELANJUTAN, MENJADI SOLUSI UNTUK MEMUDAHKAN PROSES PEMBENTUKKAN BADAN ADHOC

Batu, kpu-kotabatu.go.id (08 September 2021) – Minggu lalu kegiatan pembukaan dan launcing kegiatan Knowledge Sharing Divisi SDM KPU se- Jawa Timur telah dilaksanakan. Hari ini Rabu (08/09) merupakan sesi pertama dari diskusi mingguan dimana sebagai Narasumber Divisi SDM KPU Kota Probolinggo dan sebagai Pembahas Divisi SDM KPU Trenggalek. Tema yang diangkat pada diskusi perdana ini adalah “Sosialisasi, Publikasi dan Koordinasi”.

Awal pembukaan acara Ketua Divisi SDM dan Litbang KPU Provinsi Jatim Rochani menyampaikan arahannya terkait jalannya diskusi. Kegiatan yang continue ini menyadarkan kita bahwa bagaimana kita harus konsisten menjalankan sebuah proses. “Salah satu upaya kami untuk merefresh kembali menyegarkan ingatan kita supaya kedepan kita sudah punya bayangan bagaimana tugas-tugas kita jelang 2024”, terang Rochani.

Pada sesi diskusi Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM KPU Kota Probolinggo Radfan Faisal yang merupakan narasumber kegiatan menanggapi pertanyaan audiens terkait kesulitan merekrut peyelenggara Badan Adhoc. Bahwa dengan cara memassifkan sosialisasi tentang pembentukkan Badan Adhoc mungkin terdengar klise, tapi ini menjadi keharusan dan menjadi solusi dalam memudahkan perekrutan, jelas Radfan.

Di Divisi Sosdiklih, Parmas, SDM sosialisasi yang tidak mengenal waktu untuk terus mengedukasi melalui sosialisasi. “yang bisa kita lakukan adalah melakukan sosialisasi secara massif, pertama seperti tugas dan kewenangan kita, ya ada atau tidak adanya pemilu kita tetap memberikan pendidikan pemilih kepada masyarakat yang paling penting yang kita lakukan adalah sering mengajak mereka berdiskusi”, lanjut Radfan.

Diskusi setidaknya membuat mereka memahami Apa itu demokrasi, politik, dan pemilu. Melalui ini cukup memberikan keyakinan untuk bisa memicu anak-anak muda ikut terlibat. Tidak hanya sebagai objek tetapi juga sebagai subjek Sebagai penyelenggara, Tutup Radfan. (Mrl)

02 Sep

BUNGA ANGGREK PENGHIAS KANTOR KPU KOTA BATU

Batu, kpu-kotabatu.go.id (02 September 2021) – Say it with flowers atau katakanlah dengan bunga. Itu sebuah pepatah yang sangat dalam. Tak perlu pakai kata atau hadiah yang mahal, bunga ternyata sudah mengungkapkan perasaan yang tertunda dan tak bisa dikeluarkan dengan sebuah kata atau tulisan.

Itu pula yang dilakukan oleh Ibu Rhoikah, seorang Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) KPU Kota Batu yang dengan tekun memelihara dan merawat bunga-bunga anggrek yang ada di kantor KPU Kota Batu. Bunga-bunga anggrek yang ditempatkan di luar dan dalam ruangan kantor KPU Kota Batu dapat juga menjadi penyejuk hati dikala ritme kerja pegawai KPU Kota Batu sedang tinggi.

Sekretaris KPU Kota Batu Thomas Maydo menyampaikan bahwa Kota Batu yang berhawa dingin memang sangat cocok untuk tumbuh berkembangnya bunga-bunga anggrek dengan berbagai macam jenis dan warnanya. Karena selain dikenal sebagai penghasil apel, Kota Batu juga terkenal dengan Kota bunga.

Kita banyak mendapati berbagai macam bunga, mulai dari mawar, melati, anggrek dan macam bunga lainnya. “Nanti kantor KPU Kota Batu pasti akan penuh dengan bunga-bunga yang berwarna-warni sehingga dapat menjadi penyejuk hati bagi pegawai maupun orang-orang yang datang ke kantor.” ujar Thomas. (ikha)

01 Sep

DIVISI PRODAT KPU KOTA BATU MENGIKUTI SOSIALISASI APLIKASI SIDALIH BERKELANJUTAN

Batu, kpu-kotabatu.go.id (01 September 2021) – KPU RI mensosialisasikan Aplikasi Sidalih Berkelanjutan sebagai upaya menyiapkan daftar pemilih yang berkualitas sebagaimana amanat oleh Undang-Undang 7 Tahun 2017 tentang Pemilu khususnya menghadapi Pemilu dan Pemilihan 2024.

Rapat koordinasi secara daring ini diikuti Ketua KPU RI Ilham Saputra, Anggota KPU RI Viryan, Arief Budiman serta Kepala Pusat Data dan Informasi KPU RI Sumariyandono dengan peserta KPU Provinsi Divisi data dan KPU Kab/Kota serta admin Operator Sidalih seluruh Indonesia, dimulai pukul 13.00 WIB sampai 15.00 WIB, Kamis (01/09)

Sesuai dengan Surat Undangan Ketua KPU RI, Nomor 439/TIK.02.Und/KPU/VIII/2021, tanggal 30 Agustus 2021, Komisioner KPU Kota Batu, Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Heru Joko Purwanto S.Sos beserta Operator Sidalih KPU Kota Batu Samsul Arifin mengikuti Zoom Meeting terkait koordinasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran dan Efektifitas Proses Pengolahan Data Pemilih Berkelanjutan dalam Aplikasi Sidalih. (samsul)

01 Sep

DAFTAR PEMILIH BERKELANJUTAN KOTA BATU PERIODE BULAN AGUSTUS DI DOMINASI PEMILIH TMS KARENA MENINGGAL DUNIA

Batu, kpu-kotabatu.go.id (01 September 2021) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu melaksanakan Rapat Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021 di tingkat Kota Batu, bertempat di Kantor KPU Kota Batu, dimulai pukul 10.00 WIB dan dilakukan secara daring.

Berdasarkan ketentuan Surat Edaran Plt. Ketua KPU RI Nomor. 366/PL.02-SD/01/KPU/IV/2021 tanggal 21 April 2021 perihal Perubahan Surat Ketua KPU RI Nomor. 132/PL.02-SD/01/KPU/II/2021 perihal Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021, KPU Kota Batu telah melaksanakan :

Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan bulan Agustus Tahun 2021 dengan jumlah sebanyak 155.415 (seratus lima puluh lima ribu empat ratus lima belas) pemilih, dengan rincian laki-laki berjumlah 77.362 (tujuh puluh tujuh ribu tiga ratus enam puluh dua) pemilih dan perempuan berjumlah 78.053 (tujuh puluh delapan ribu lima puluh tiga) pemilih tersebar di 3 (tiga) Kecamatan.

Rekapitulasi Daftar Pemilih dari hasil Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan dengan jumlah potensi pemilih baru sebanyak (117) pemilih, dengan rincian laki-laki berjumlah (60) pemilih dan pemilih perempuan berjumlah (57) pemilih yang tersebar di tiga (3) kecamatan.

Sedangkan yang mendominasi Pemilih TMS pada Bulan ini dikarenakan lonjakan angka kematian pada bulan sebelumnya dikarenakan meninggal dunia, Rekapitulasi Daftar Pemilih dari hasil Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan dengan jumlah pemilih tidak memenuhi syarat (TMS) sebanyak (739) pemilih, dengan rincian laki-laki berjumlah (383) pemilih dan pemilih perempuan berjumlah (356) pemilih yang tersebar di tiga (3) kecamatan.

Sementara Pemilih yang melakukan ubah data tidak ada yang melakukan perubahan. (samsul)