22 Jul

KPU KOTA BATU MENGGELAR PENETAPAN KURSI DAN PENETAPAN CALON TERPILIH ANGGOTA DPRD KOTA BATU

Batu, kpu-kotabatu.go.id (22-Juli-2019) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu menggelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Calon Terpilih Anggota DPRD Kota Batu pada Pemilu Tahun 2019, Senin (22/07/2019) di Hotel Purnama. Agenda rapat pleno tersebut dihadiri oleh seluruh partai politik peserta di tingkat Kota Batu serta disaksikan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan pimpinan stakeholder pemerintah. Adapun dari kuota 30 kursi anggota dewan perolehan kursi masing-masing parpol adalah: PDIP 6 kursi, PKB 5 kursi, Gerindra 4 kursi, Golkar 4 kursi, PKS 4 kursi, Nasdem 3 kursi, PAN 2 kursi, dan Demokrat 2 kursi. Sedangkan Perindo, PPP, Garuda, Berkarya, PSI, Hanura, PBB, dan PKPI tidak memperoleh kursi.

Detail hasil rapat pleno tersebut dapat dilihat pada link di bawah ini:

KLIK DISINI

22 Jul

SERIUSI PENDIRIAN RPP KPU KOTA BATU BELAJAR HINGGA YOGYAKARTA

Yogyakarta, kpu-kotabatu.go.id (22 Juli 2019) – Rencana pendirian Rumah Pintar Pemilu (RPP) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu semakin mengarah pada langkah-langkah yang serius. Hal itu tercermin dalam agenda studi banding yang dilakukan oleh pimpinan KPU Kota Batu ke KPU Kota Yogyakarta pada Kamis-Jum’at (18-19-07/2019). Beberapa poin penting yang dibahas dalam kunjungan tersebut antara lain tentang perencanaan anggaran, model dan desain bangunan, dan teknis pengelolaan RPP.

Ketua KPU Kota Batu (Mardiono) dalam pertemuan pembuka di kantor KPU Kota Yogyakarta mengatakan jika secara spesifik kunjungan tersebut dimaksudkan untuk belajar dan sharing terkait pendirian dan pengelolaan RPP. Menurutnya dipilihnya KPU Kota Yogyakarta sebagai tujuan studi banding ini dikarenakan di Kota Yogyakarta telah berdiri RPP yang bisa menjadi percontohan sekaligus rujukan bagi KPU yang lain. “Kami sengaja berkunjung ke sini karena di Kota Yogyakarta sudah terlebih dahulu mendirikan dan mengelola Rumah Pintar Pemilu. Pasti dengan pengalaman yang ada kami bisa belajar dan mendapatkan banyak pengetahuan tentang bagaimana RPP dikelola sehinga program ini bisa terlaksana dengan baik,” terangnya.

Mardiono juga menambahkan jika secara tidak langsung antara Kota Batu dan Kota Yogyakarta memiliki kesamaan yang bisa menjadi faktor pendukung keberhasilan terlaksananya RPP. Ia mengatakan jika faktor tersebut ialah posisi kedua kota yang sama-sama menjadi tujuan objek wisata bagi masyarakat dan wisatawan. “Selama 10 tahun terakhir ini Kota Batu mengalami perkembangan yang luar biasa. Yang paling utama adalah tumbuhnya objek-objek wisata baru sehingga Kota Batu dikenal sebagai Kota Wisata Batu. Hal ini mirip dengan Kota Yogyakarta yang sejak dulu sudah terkenal sebagai kota tujuan wisata, khususnya sebagai Kota Budaya,” ungkapnya.

Ketua KPU Kota Yogyakarta (Hidayat Widodo) beserta jajarannya menyambut kunjungan ini dengan positif. Ia menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas dipilihnya Kota Yogyakarta sebagai tujuan kunjungan. Hidayat mengatakan jika hal pertama yang krusial dalam rencana pendirian RPP ialah terkait dengan komunikasi dan kerja sama dengan pihak ketiga. “Awal pendirian RPP di Kota Yogyakarta kita intensif berkomunikasi dengan pemkot karena RPP akan didirikan di Taman Pintar yang notabennya aset milik pemerintah. Proses tersebut hingga adanya MoU butuh waktu cukup lama. Di Kota Batu kabarnya RPP akan berada di tempat wisata yang dikelola swasta. Nah, pastinya prosesnya akan lebih lama,” tuturnya.

Rumah Pintar Pemilu milik KPU Kota Yogyakarta sendiri berada di dalam Taman Pintar Yogyakarta, tepatnya di Jl. Panembahan Senopati No.1-3 di kawasan Benteng Vredeburg. Di pintu masuk RPP pengunjung akan disambut dengan tulisan “Zona Demokrasi dan Pemilu” dengan warna khas KPU, yakni dominan oranye. Di dalamnya pengunjung akan melihat sekaligus belajar langkah-langkah pelaksanaan pemilu, pengenalan partai politik, simulasi pesta demokrasi, tata cara pencoblosan, hingga sejarah dan perkembangan alat kelengkapan Tempat Pemungutan Suara (TPS). Selain itu zona demokrasi ini juga didukung oleh peralatan teknologi informasi sehingga mendukung pengunjung dapat mengakses setiap informasi dengan cepat dan nyaman. (ats/pdp)

17 Jul

PERLUAS JANGKAUAN PEMBACA BERITA KPU KOTA BATU BEKERJA SAMA DENGAN DINAS KOMINFO

Batu, kpu-kotabatu.go.id (17 Juli 2019) – Era digital meniscayakan masyarakat dapat memperoleh informasi dengan mudah dan cepat. Untuk menjawab kebutuhan tersebut keberadaan website dan media sosial menjadi sarana utama dalam menyebar-luaskan sebuah berita atau informasi kepada masyarakat. Hal ini harus menjadi perhatian bagi lembaga atau instansi pemerintah yang ingin membangun kualitas pelayanan dan transparansi kepada publik.

Atas dasar pertimbangan tersebut Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu terus berupaya agar setiap aktivitas dan pelaksanaan tugas dapat diketahui dan dinilai oleh masyarakat. Oleh karena itu KPU Kota Batu menilai perlu adanya upaya maksimal demi meningkatkan intensitas dan kualitas pemberitaan baik melalui website, akun Instagram, maupun laman Facebook yang dimiliki. Salah satu hal yang bisa dilakukan ialah dengan menjalin kerjasama dengan dinas terkait di tingkat Pemerintah Kota Batu.

Pada Rabu (17/07/2019) Komisioner Divisi SDM dan Parmas KPU (Marlina) bertandang ke Kantor Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Batu untuk menjalin kerja sama dalam pengelolaan website. Ia menerangkan jika upaya ini bertujuan agar Diskominfo Kota Batu dapat mendukung publikasi pemberitaan website yang dibuat oleh KPU Kota Batu. “Selama ini kita sudah bekerja keras meliput dan memberitakan setiap kegiatan KPU. Nah, agar berita ini tersebar secara luas kepada masyarakat kita perlu bekerja sama dengan Diskominfo,” terangnya.

Merespons harapan tersebut Kasi Pengembangan Aplikasi Diskominfo (Cahyawisesa Sri Rama) memberikan dukungan positif. Ia menilai langkah tersebut tepat untuk membangun keterbukaan bagi setiap instansi pemerintahan, tak terkecuali KPU Kota Batu. Secara teknis ia menjelaskan jika ke depan pihaknya akan membuatkan sub-menu khusus di website batukota.go.id sehingga keberadaannya semakin familiar bagi masyarakat pengakses portal berita milik Pemerintah Kota Batu tersebut. (ats/pdp)

16 Jul

KPU KOTA BATU DAN KEJAKSAAN NEGERI KOMITMEN JAGA KERJA SAMA LEMBAGA

Batu, kpu-kotabatu.go.id (16 Juli 2019) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu melakukan silaturahmi ke Kantor Kejaksaan Negeri Kota Batu, Selasa (16/07/2019). Dalam kunjungan kali ini seluruh komisioner dan sekretaris KPU hadir secara lengkap. Adapun agenda utama pada kunjungan tersebut ialah perkenalan komposisi komisioner baru sekaligus membahas pentingnya membangun komitmen kerja sama antar kedua lembaga.

Ketua KPU Kota Batu (Mardiono) menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Kejaksaan Negeri (Sry Heni Alamsari) yang telah meluangkan waktu menerima kunjungan tersebut. Mardiono menerangkan jika adanya pertemuan tersebut bermakna penting bagi terbangunnya kerja sama dan sinergitas antara KPU dan Kejaksaan Negeri. Ia mengungkapkan jika selama 5 tahun ke depan KPU akan selalu membutuhkan dukungan dalam melaksanakan tugasnya sebagai penyelenggara pemilu di Kota Batu.

“Agenda silaturahmi ini tentunya menjadi awalan yang baik bagi kami untuk mengenalkan komposisi baru KPU Kota Batu, sekaligus membangun kerja sama dengan semua pihak tak terkecuali Kejaksaan Negeri. Masa tugas kita akan berlangsung selama 5 tahun ke depan hingga tahun 2024, tentu kami sangat membutuhkan dukungan dari semua stakeholder pemerintah. Untuk itu dengan adanya pertemuan ini kami berharap kerja sama dan koordinasi antara KPU dan Kejaksaan Negeri Kota Batu dapat tetap terjalin dengan baik,” terangnya.

Sri Heni Alamsari menerima kunjungan ini dengan positif. Ia menuturkan jika memang sudah selayaknya antara KPU dengan lembaga yang ia pimpin bisa menjalin hubungan dan kerja sama secara sinergis. Menurutnya hal tersebut akan berdampak positif dalam mendukung kinerja masing-masing lembaga. “Terima kasih atas kunjungan rekan-rekan KPU ke kantor Kejaksaan Negeri ini. Kami bersepakat dan menilai bahwa kerja sama harus terus dilakukan,” ungkapnya.

Agenda ke Kantor Kejaksaan Negeri ini merupakan kunjungan ke-5 dari seluruh rangkaian kunjungan yang telah dilakukan oleh KPU Kota Batu ke beberapa stakeholder pemerintah di Kota Batu; Badan Pengawas Pemilu, Polres Batu, DPRD Kota Batu, dan Walikota. Maksud yang terkandung di dalamnya ialah bahwa KPU Kota Batu ingin menjalin kerja sama dan sinergi dengan semua pihak secara positif dan produktif. (ats/pdp)

15 Jul

BERTEMU WALIKOTA KPU KOTA BATU SHARING DUA HAL PRIORITAS

Batu, kpu-kotabatu.go.id (15 Juli 2019) – Rombongan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu yang dipimpin oleh Ketua KPU (Mardiono) bertandang ke Balaikota Among Tani untuk bersilaturahmi dan sharing beberapa hal dengan Walikota Batu (Dewanti Rumpoko), Senin (15/07/2019). Dalam pertemuan yang dilangsungkan di ruang kerja walikota tersebut Mardiono mengucapkan terima kasih kepada Dewanti atas kesempatan yang telah diberikan. Selain silaturahmi, ada dua hal yang ia sampaikan, yakni terkait sarana kantor KPU dan rencana pendirian Rumah Pintar Pemilu (RPP).

Pertama, Mardiono bercerita kepada Dewanti tentang perlunya kejelasan status bangunan kantor KPU yang berlokasi di Jl. Raya Tlekung No. 212 Junrejo. Ia menerangkan, KPU sebagai lembaga publik yang memiliki peran vital dalam perjalanan demokrasi sudah selayaknya memiliki gedung yang strategis dan representatif. “Jika kita melihat aturan maka kantor KPU seharusnya berada di pusat pemerintahan. Juga harus terjaga dari ancaman keamanan. Nah, lokasi yang saat ini kurang mendukung untuk itu. Di sisi lain status bangunan kantor juga hanya hak pakai,” terangnya.

Menjawab harapan KPU tersebut Dewanti merespons secara positif. Ia menuturkan jika untuk menindaklanjutinya butuh waktu tidak sebentar dan tentunya harus mengikuti prosedural perizinan. “Urusan aset butuh waktu cukup lama karena perlu ada kajian terlebih dahulu. Ke depan kami juga akan berkoordinasi dengan dinas terkait. Silakan nanti berkirim surat kepada kami,” jawab Dewanti.

Kedua, Mardiono menerangkan jika KPU Kota Batu ditunjuk oleh KPU RI untuk mendirikan Rumah Pintar Pemilu di Kota Batu. Menurutnya, alasan dipilihnya Kota Batu sebagai lokasi pendirian RPP dikarenakan posisinya sebagai salah satu tujuan wisata utama dan favorit bagi masyarakat. “KPU RI menunjuk langsung kami untuk mendirikan RPP di Kota Batu. Mereka ingin lokasi RPP di destinasi wisata agar dapat menarik perhatian masyarakat luas yang sedang berwisata. Kami mohon dukungan dari Walikota (untuk merealisasikan RPP),” harapnya.

Suasana pertemuan sendiri berlangsung dengan penuh kekeluargaan. Rombongan KPU Kota Batu diajak Bu Walikota untuk menikmati kue dan teh yang telah dihidangkan. Tak lupa cerita-cerita hangat juga menemani pertemuan siang tersebut. (ats/pdp)

12 Jul

JUMAT BERSIH KPU KOTA BATU

Tlekung, kpu-kotabatu.go.id (12 Juli 2019) – Memanfaatkan hari Jum’at, komisioner dan sekretariat KPU Kota Batu menngadakan kegiatan kerja bakti untuk membersihkan kantor. Kegiatan ini dimulai pukul 08.30 Wib dan dipimpin langsung oleh Sekretaris KPU Kota Batu (Thomas Maydo).

Beberapa titik menjadi objek yang dilakukan pembersihan dan pembenahan tata letak, misalnya gorong-gorong air, pipa air, jalan masuk kantor, termasuk umbul-umbul, spanduk dan baliho yang terpasang di depan kantor. Gorong-gorong air menjadi titik pertama yang dibersihkan karena terdapat kayu dan sampah plastik yang masuk ke dalamnya. Lalu dilanjutkan dengan peemindahan lokasi pipa dan penurunan spanduk.

Setelah hampir 2 jam lamanya melakukan bersih-bersih, sekitar pukul 10.30 kegiatan kerja bakti diakhiri. Dengan adanya kegiatan ini Thomas berharap lingkungan kantor menjadi bersih dan rapi sekaligus berdampak positif menciptakan suasana nyaman ketika bekerja. (ats/pdp)

12 Jul

PENGELOLAAN DPT YANG BAIK JADI KUNCI KEBERHASILAN PEMILU

Mojokerto, kpu-kotabatu.go.id (11 Juli 2019) – “Pengelolaan Daftar Pemilih Tetap (DPT) secara akurat dan komprehensif merupakan modal berharga dalam mewujudkan kesuksesan penyelenggaraan pemilu”. Pesan penting ini disampaikan oleh Ketua KPU Jawa Timur (Choirul Anam) dalam acara Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan, Rabu-Kamis (10-11/07/2019) di Mojokerto. Rakor tersebut dihadiri oleh komisioner Divisi Perencanaan dan Data dan Operator Sidalih KPU kabupaten/kota se-Jawa Timur.

Choirul Anam menerangkan jika pemutakhiran data pemilih menjadi salah satu tahapan penting dari keseluruhan tahapan pemilu. Menurutnya, proses pengerjaan database tersebut membutuhkan anggaran besar dan banyak personil agar menghasilkan data yang akurat. “Data pemilih ini menjadi tahapan penting dari agenda pemilu dan merupakan tahapan paling awal. Butuh anggaran besar dan banyak SDM (utk mengerjakannya),” terangnya.

Choirul menjelaskan bahwa dalam setiap pemilu ke pemilu masalah daftar pemilih selalu menjadi dalil permohonan perselisihan hasil. Oleh karena itu, lanjutnya, sejak awal DPT harus disiapkan dengan baik sehingga meminimalisir adanya pihak-pihak yang mempermasalahkan keakuratan dan validitasnya. “Data pemilih merupakan salah satu fokus dalam perselisihan pemilu di MK. Kita berharap pada momen Pilkada Serentak tahun 2020 DPT tidak dipermasalahkan lagi,” tegasnya.

Terakhir ia berharap database pemilih yang telah dibuat dapat diakses oleh masyarakat luas sehingga setiap orang dapat mengetahui jumlahnya, termasuk memastikan apakah dirinya telah terdaftar ataukah belum. Menurutnya, hal tersebut dapat meningkatkan tingkat transparansi KPU sebagai sebuah lembaga publik. (ats/pdp)