03 Jul

RAPAT TERBATAS BAHAS SOTK BARU DAN SOP DI LINGKUNGAN SEKRETARIAT KPU

Batu, kpu-kotabatu.go.id (3 juli 2020) – Tindaklanjut dari Surat Sekjen Nomor: 583/SD.05.5-SD/05/SJ/VI/2020 tanggal 26 Juni 2020 perihal penyetaraan Jabatan Administrasi kedalam Jabatan Fungsional di lingkungan Sekretariat KPU Provinsi dan Sekretariat KPU Kabupaten/Kota. Sekretaris KPU Kota Batu (Thomas Maydo) menindaklanjuti hal tersebut dengan melaksanakan rapat terbatas yang di hadiri para Kasubbag dilingkungan KPU Kota Batu, pada kesempatan tersebut Thomas menyampaikan bahwa pesan utama yang harus bisa dimaknai dalam isi surat tersebut adalah Penyetaraan Jabatan Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional di lingkungan Sekretariat Jenderal KPU merupakan kebijakan nasional, sebagaimana visi misi Presiden RI (Joko Widodo) ketika Pilpres yakni terkait penyederhanaan birokrasi.

Adapun informasi yang disampaikan Thomas Maydo bahwa rapat tersebut berkeinginan untuk menyamakan persepsi karena perubahan Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) baru dan Standard Operating Procedure (SOP). “Penyetaraan mana yang tetap dipertahankan dan yang mana akan dihapus itu belum ada, sehingga akhirnya disepakati yang disampaikan oleh KPU Jatim dan KPU Kabupaten/Kota se Jatim adalah Sub Bagian Teknis dan Sub Bagian Hukum sebagai Tata Kelola Pemilu dan Sub Bagian Program Data Sebagai Perencanaan, sementara itu Sub Bagian Keuangan, Umum dan Logistik tetap, sedangkan pengelola keuangan akan langsung di bawah koordinasi Kementerian Keuangan, dan untuk staf dilakukan inpasing berdasarkan pendidikan yang mungkin akan dimulai pada bulan ini hingga akhir tahun nanti.” kata Thomas.

Perubahan ini bertujuan untuk mewujudkan organisasi lembaga yang tepat fungsi, tepat ukuran dan sinergis secara berkelanjutan. Serta mewujudkan kelembagaan yang efektif dengan adanya keselarasan di era reformasi birokrasi. Mari kita bekerja dan memberikan yang terbaik untuk lembaga tercinta ini. (pdp/ar)

01 Jul

KPU KOTA BATU IKUTI SOSIALISASI DAN RAKOR PENYETARAAN JABATAN ADMINISTRASI KE JABATAN FUNGSIONAL

Surabaya, kpu-kotabatu.go.id (01 Juni 2020) – Komisi Pemilihan Umum Kota Batu mengikuti Sosialisasi dan Rapat Koordinasi penyetaraan Jabatan Administrasi ke Jabatan Fungsional di lingkungan Sekretariat Jenderal KPU, acara yang dilaksanakan oleh KPU Provinsi Jawa Timur pada hari Senin (29/06) diikuti oleh 38 KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Sosialisasi dimulai dari jam 1 siang sampai dengan selesai bertempat di aula kantor KPU Jawa timur, Jl. Raya Tenggilis Nomor 1-3 Surabaya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Hadir dalam kegiatan ini Ketua KPU ProvinsiJatim (Choirul Anam), Plt. Sekretaris KPU Jatim (Suharto), Kabag Keuangan, Umum dan Logistik KPU Jatim (Edi Hartono) serta seluruh sekretaris KPU Kabupaten/Kota se-Jawa timur. Adapun KPU Kota Batu dihadiri oleh Sekretaris KPU Kota Batu (Thomas Maydo) beserta Kasubbag Program dan Data (Irfan Darmawan)

Ketua KPU Jatim, Choirul Anam menyampaikan saat memberikan sambutan, bahwa kegiatan sosialisasi dan rapat koordinasi penyetaraan Jabatan Administrasi ke Jabatan Fungsional di lingkungan Sekretariat Jenderal merupakan tindaklanjut dari Surat Sekjen Nomor: 583/SD.05.5-SD/05/SJ/VI/2020 tanggal 26 Juni 2020 perihal penyetaraan Jabatan Administrasi kedalam Jabatan Fungsional di lingkungan Sekretariat KPU Provinsi dan Sekretariat KPU Kabupaten/ Kota.

“Penyetaraan Jabatan Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional di lingkungan Sekretariat Jenderal KPU adalah kebijakan nasional, sebagaimana visi misi Presiden ketika Pilpres yakni terkait penyederhanaan birokrasi. Hal ini adalah bagian dari dinamika proses reformasi birokrasi yang menyangkut banyak pihak, termasuk nasib PNS di lingkungan KPU. Yang harus disikapi dengan baik  dan jangan sampai menjadi momok terutama di Kawan-kawan Kasubbag,” ujarnya.

“Tingkatkan kapasitas keilmuan, akademis, kemampuan teknis, jangan kemudian menjadi gusar dengan adanya dinamika ini. Sehingga dengan memaksimalkan kemampuan ini, kita tidak tersingkir karena adanya kompetisi,” pesan Ketua KPU Jatim.

Plt. Sekretaris KPU Jawa Timur (Suharto) pada kesempatan juga menyampaikan beberapa hal terkait dengan kebijakan tata kelola SDM pasca penyetaraan Jabatan Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional untuk mendukung penyederhanaan birokrasi pemerintah. (pdp)

30 Jun

MENGEJAR DATA SAMPAI KE PAK MODIN

Tlekung, kpu-kotabatu.go.id (30 Juni 2020) – KPU Kota Batu dalam melaksanakan tugas rutin saat ini adalah  melaksanakan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB), dalam tugas kali ini meskipun sarana prasarana sangat minim dikarenakan anggaran KPU Kota Batu dipangkas untuk penunjang kegiatan penanggulangan Covid-19 yang melanda negeri ini, namun KPU Kota Batu tidak boleh berhenti menjalankan tugas sesuai amanat Undang-undang dan Peraturan KPU yang berlaku. Untuk itu KPU Kota Batu melalui Divisi Perencanaan, Data dan Informasi (Rendatin) yang di pimpin langsung Komisioner KPU Kota Batu (Heru Joko Purwanto) membuat terobosan-terobosan dan berinovasi menjemput bola sampai tingkatan bawah dalam hal mencari data guna menunjang Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan.

buku catatan pak modin

Kali ini team Program dan Data (Prodat) dengan dibantu seluruh keluarga besar KPU Kota Batu melakukan kerjasama dengan pak Mudin yang ada diseluruh desa dan kelurahan wilayah kota Batu secara bertahap. Menurut Heru JP (panggilan akrabnya) dalam komentarnya “Salah satu kerja sama yang saya lakukan dengan para mudin ini adalah sebuah percepatan mendapatkan informasi orang yang sudah meninggal dan orang atau penduduk yang baru saja menikah,” ujar Heru.

Hal ini dilakukan untuk memperoleh data riil yang fluktuaktif dimana setiap mudin memiliki buku catatan mengenai hal tersebut diatas yang kemudian akan disandingkan dimutakhirkan secara berkala oleh team Prodat KPU Kota Batu, menurut Heru JP kedepan KPU Kota Batu akan menjajaki kerjasama dengan seluruh RT, RW yang ada diwilayah Kota Batu hal ini perlu dilakukan untuk sebuah inovasi percepatan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan mengingat mencari atau bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil  (DISPENDUKCAPIL) Kota Batu belum membuahkan Hasil yang maksimal .

Tidak ada rotan akarpun jadi, itulah kata yang terlontar dari Heru JP yang dulu sebelum menjadi Komisioner KPU Kota Batu, Meniti karirnya sebagai penyelenggara Pemilu dimulai dari PPS, PPK dan sempat pula menjadi PANWASCAM. (heru)

30 Jun

KPU KOTA BATU MELAKSANAKAN KEGIATAN BIMBINGAN TEKNIS PPID

Batu, kpu-kotabatu.go.id (30 Juni 2020) – KPU Kota Batu selalu berupaya meningkatkan pelayanan informasi publik. Ini dibuktikan dengan melaksanakan bimbingan teknis PPID dan pembinaan SDM yang mengacu pada Peraturan Komisi Informasi nomor 1 tahun 2019 pada beberapa hari lalu.

Meskipun pengelolaan dan pelayanan informasi publik ini juga telah diatur dalam Peraturan KPU nomor 1 tahun 2015, juga dianggap penting untuk menyesuaikan dengan PerKi nomor 1/2019 dikarenakan terdapat spesifikisasi kewajiban penyelenggara pemilu baik itu KPU, Bawaslu dan DKPP dalam menyajikan dan memberikan layanan informasi publik berikut dengan ketentuan hukum yang berlaku.

Selain memberikan sosialisasi PerKi nomor 1/2019, Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM KPU Kota Batu (Marlina) juga melakukan bimbingan teknis dengan menyesuaikan isi materi PerKi dan juga menjelaskan prosedur dan operasional PPID. Didampingi moderator yaitu Kasubbag Teknis dan Hupmas (Ariansyah Mustafa) yang sekaligus adalah penanggung jawab PPID KPU Kota Batu, bimtek PPID ini berjalan dengan serius dengan suasana santai dan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 tentunya.

“Setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk miliki, mencari, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia”, demikian isi Pasal 28 F UUD RI 1945 yang menjadi dasar atas keterbukaan dan pelayanan informasi publik.

Hak atas informasi publik adalah Hak azasi manusia. Hal tersebut menjadi komitmen KPU Kota Batu untuk meningkatkan pelayanan dalam memberikan serta menyajikan secara berkala informasi publik, terang Marlina.

Pada sesi diskusi Ariansyah selaku penanggung jawab PPID KPU Kota Batu menyampaikan bahwa perjuangan dalam melakukan pelayanan cukup berat. Disamping harus selalu menyajikan dan memenuhi permintaan informasi kepemiluan, masalah yang juga dihadapi oleh PPID adalah motivasi tim yang tergabung dalam PPID terkadang menurun. Butuh komitmen bersama tidak hanya structural PPID, namun juga seluruh staf diharapkan mendukung kinerja PPID agar selalu maksimal dalam memberikan pelayanan, tutur Ari menjelaskan.

PPID tidak dapat bekerja sendiri, harus ada support yang kuat dari masing-masing subbag dalam menghimpun seluruh informasi terkait kepemiluan untuk dijadikan dokumentasi dalam pelayanan PPID. Dengan semangat melayani, Ari meyakini KPU PPID Kota Batu dapat bekerja dengan sepenuh hati. (Mrl)

29 Jun

KPU KOTA BATU FASILITASI RAKOR PEMBENTUKAN PENGURUS FKBN KOTA BATU

Batu, kpu-kotabatu.go.id (29 Juni 2020) – KPU Kota Batu memfasilitasi rapat perdana pembentukan pengurus Forum Kader Bela Negara (FKBN) Kota Batu tahun 2020, acara yang diselenggarakan di aula kantor KPU Kota Batu pada hari Minggu (28/06) tersebut dihadiri oleh kader-kader dari berbagai organisasi masyarakat di Kota Batu.

Adapun kader bela negara Kota Batu dibentuk pada tahun 2016 dan 2017 dengan jumlah anggota sekitar kurang lebih 500 orang yang sudah di didik di Depo Pendidikan dan Kejuruan (Dodikjur) Rindam V Brawijaya Kota Malang, dengan tujuan untuk membangun mental-mental cinta tanah air dan wawasan kebangsaan.

Dalam acara Rakor tersebut Bapak Samsul Huda terpilih sebagai Kepala Badan Koordinasi Daerah (Bakorda), yang mempunyai program ke depan dengan berkoordinasi dengan instansi terkait, para tokoh agama dan tokoh masyarakat Kota Batu. (pdp)

29 Jun

KPU KOTA BATU MELAKSANAKAN RAPAT PENYUSUNAN RENCANA STRATEGI TAHUN 2020-2024

Batu, kpu-kotabatu.go.id (29 juni 2020) – Undang Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, pimpinan Kementerian/Lembaga menyiapkan rancangan Rencana Strategis Kementerian/Lembaga sesuai dengan tugas dan fungsinya dengan berpedoman pada Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional. Rencana Strategis Kementerian/Lembaga merupakan dokumen perencanaan dari setiap Kementerian/Lembaga yang berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional dan menjadi salah satu dasar bagi Kementerian/Lembaga dalam menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Keputusan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 197/PR.01.3-Kpt/01/KPU/IV/2020 tentang Rencana Strategis Komisi Pemilihan Umum Tahun 2020-2024. Merupakan jawaban bagi KPU Kota Batu dalam melaksanakan tugas di tengah program new kenormalan yang melanda dunia.

KPU Kota Batu pada hari Senin (29/06) pukul 09.00 WIB melaksanakan rapat penyusunan Rencana Strategi tahun 2020-2024 yang diikuti oleh Komisioner KPU Kota Batu, Sekretaris dan seluruh Kasubbag di sekretariat KPU Kota Batu, bertempat di aula kantor KPU, Ketua KPU Kota Batu (Mardiono) menyampaikan dalam penyusunan Renstra harus mengacu pada keputusan KPU RI Nomor 197 tentang Renstra KPU Tahun 2020 – 2024 dimana idealnya penyusunan renstra yang dilakukan oleh KPU Kabupaten/Kota dilaksanakan setelah dua komponen utama telah di susun yaitu Renstra yang telah ditetapkan oleh KPU RI dan Petunjuk Teknis DIPA pada tahun anggaran. Kedua hal tersebut merupakan jalan bagi kita untuk melaksanakan penyusunan Renstra untuk tahun 2020 – 2024.

Bagi Mardiono penjabaran visi dan misi KPU RI ini pasti telah di sesuaikan dan dilengkapi dengan rencana sasaran nasional yang hendak dicapai dalam rangka mencapai sasaran program prioritas oleh pimpinan eksekutif dan legislatif. “Oleh karena itu capaian dalam visi dan misi penyusunan Renstra Satuan Kerja KPU Kota Batu tidak boleh kurang dari pada apa yang telah di putuskan KPU RI,” pesan Mardiono. Adapun pelaksanaan Renstra ini juga menjadi tanggungjawab kita kepada inspektorat KPU RI. (pdp/ar)

29 Jun

HATI-HATI DALAM BEROPINI, PESAN DALAM APEL HARI SENIN 29 JUNI 2020

Tlekung, kpu-kotabatu.go.id (29 Juni 2020) – Apel rutin setiap hari Senin dilaksanakan KPU Kota Batu tepat pukul 08.00 WIB bertempat di halaman kantor KPU Kota Batu, dengan peserta apel seluruh pegawai KPU Kota Batu. Pada kesempatan apel pada Senin (29/06) ini bertindak sebagai pembina apel Ketua Divisi Perencanaan dan Data KPU Kota Batu (Heru Joko Purwanto)

Dalam amanatnya Heru menyampaikan pesan terhadap seluruh pegawai KPU Kota Batu untuk selalu berhati-hati didalam bermedia sosial. “Kita ini adalah penyelenggara Pemilu, jadi dalam beropini didalam media sosial, saya mengingatkan agar selalu berhati-hati, jangan sampai opini yang dituangkan di media sosial bisa mengakibatkan permasalahan nantinya,” pesan Heru.

Setiap menjadi pembina apel, Sam Ureh sapaan akrab Heru, selalu menyisipkan kisah-kisah inspiratif yang bisa membuat kita semua termotivasi untuk bekerja seminggu kedepan. Dan dalam apel Senin hari ini cerita yang disampaikan Heru berjudul “Semua Orang Mempunyai Cerita Hidup” yang mengingatkan kita agar untuk senantiasa mencari informasi yang benar terlebih dahulu sebelum berkata-kata atau berpendapat. “Marilah kita selalu bijak dalam segala kesempatan dan selalu mencermati terlebih dahulu berita-berita yang benar sebelum beropini di dalam media sosial, karena kita adalah penyelenggara Pemilu di Indonesia. Semoga dalam minggu-minggu kedepan, langkah kita dalam bekerja selalu dalam lindungan Allah SWT, Amin.” pesan Heru menutup apel. (pdp)