16 Jan

KPU KOTA BATU MELAPORKAN PROGRESS PEMBANGUNAN RPP NASIONAL KE KPU PROVINSI JATIM

Surabaya, kpu-kotabatu.go.id (15 Junuari 2020) – Komisioner KPU Kota Batu Divisi Sosdiklih, SDM dan Parmas (Marlina) bersama Kasubbag Umum Sekretariat KPU Kota Batu (Fitrya Faradevi) melaporkan progress pembangunan Rumah Pintar Pemilu (RPP) Nasional ke KPU Provinsi Jawa Timur (15/01), ditemui langsung oleh Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur Divisi Sosdiklih, SDM dan Parmas (Gogot Cahyo Baskoro) didampingi oleh  Kasubbag Teknis dan Hupmas KPU Provinsi Jatim (Eddy Prayitno).

Ditemui langsung diruangannya, Gogot langsung mempersilahkan kepada Marlina untuk menyampaikan progress pembangunan RPP dan kesiapannya dalam menyambut acara peresmian RPP Nasional yang akan dilaksanakan tanggal 24 Januari 2020 yang akan datang, yang akan diresmikan langsung oleh Ketua KPU RI (Arief Budiman). Marlina menyampaikan bahwa pembangunan RPP Nasional yang bertempat di Taman Wisata Jatim Park 1 Kota Batu ini, sudah selesai dalam pengerjaannya, meliputi konstruksi dan belanja modal, dan juga menyampaikan progress persiapan acara launching RPP Nasional yang akan dilaksanakan minggu depan (24/01).

Dalam pertemuan tersebut Gogot menyampaikan, bahwa karena ini adalah RPP Nasional, maka ini juga menjadi perhatian utama KPU Provinsi Jawa Timur, khususnya divisi Teknis Sekretariat KPU Provinsi Jatim. “Jadi untuk acara launching RPP Nasional, agar tidak hanya dipasrahkan ke teman-teman KPU Kota Batu saja, akan tetapi kita (KPU Provinsi) juga ikut berperan, agar nanti dalam acara peresmian RPP Nasional berjalan sesuai harapan semua pihak, terutama KPU RI.” tegas Gogot. (pdp)

 

14 Jan

PAK WIMA TERPILIH MENJADI DEPUTI BIDANG TEKNIS KPU RI

Batu, kpu-kotabatu.go.id (14 Januari 2020) – Sekretaris KPU Provinsi Jawa Timur (HM. Eberta Kawima) terpilih menjadi Pejabat Pimpinan Tinggi Madya (Eselon 1B) sebagai Deputi Bidang Teknis KPU RI, pria kharismatik yang biasa disapa dengan pak Wima ini sebelum menjabat sebagai Sekretaris KPU Provinsi Jawa Timur, pak Wima telah berpengalaman menjadi Sekretaris KPU Kabupaten Jember dari tahun 2007 sampai dengan 2015, selain itu pengalaman kerja di bidang kepemiluan lainnya, antara lain sebagai Kasubbid Penyelenggara Pemilu, Bakesbang Linmas Kabupaten Jember, Kasubbag Umum Sekretariat KPU Kabupaten Jember dan masih banyak lagi pengalamannya di bidang kepemiluan dan non-kepemiluan.

 

Menindaklanjuti Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor: 105 Tahun 2018 Tentang Kedudukan, Tugas, Fungsi, Wewenang, Organisasi, dan Tata Kerja Sekretariat Jenderal KPU, Sekretariat KPU Provinsi dan Sekretariat KPU Kabupaten/Kota, maka pada bulan Agustus 2019 lalu Sekretariat Jenderal KPU membentuk Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Madya (Eselon 1B) pada Sekretariat Jenderal KPU untuk mengisi jabatan Deputi Bidang Teknis, Deputi Bidang Administrasi, dan Inspektur Utama, dengan di ikuti oleh 17 calon yang mengikuti Tes Assessment.

Adapun hasil assessment yang diselenggarakan oleh Sekretariat Jenderal KPU sebagai berikut :

1. HM. Eberta Kawima sebagai Deputi Bidang Teknis, jabatan sebelumnya Sekretaris KPU Provinsi Jawa Timur.

2. Nanang Priyatna sebagai Inspektorat Utama, jabatan sebelumnya Kepala Biro Keuangan Sekjen KPU RI.

3. Purwoto Ruslan Hidayat sebagai Deputi Bidang Administrasi, jabatan sebelumnya Kepala Biro Logistik Sekjen KPU RI.

(pdp)

13 Jan

APEL HARI SENIN, SEKALIGUS PENGARAHAN MAHASISWA MAGANG UMM

Tlekung, kpu-kotabatu.go.id (13-Januari-2020) –  KPU Kota Batu melaksanakan apel rutin setiap hari senin, Komisioner KPU Divisi Perencanaan dan Data (Heru Joko Purwanto) sebagai pembina apel, memberikan beberapa motivasi kepada seluruh peserta apel yang diikuti oleh Komisioner KPU Kota Batu Divisi Hukum (Thomy Rusdiantoro) dan Divisi Sosdiklih, SDM dan Parmas (Marlina), Sekretaris KPU Kota Batu beserta Kasubbag dan Staf sekretariat KPU Kota Batu, serta turut hadir dalam apel hari ini Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang mulai tanggal 13 Januari 2020 sampai sebulan kedepan akan magang di kantor KPU Kota Batu.

Pembina apel (Heru) menyampaikan bahwa “semangat apel pada hari senin akan membentuk mindset kita dalam melakukan aktivitas dan dalam melakukan kegiatan seminggu kedepan” .

Kita perlu membangkitkan semangat pada diri kita sehingga semangat yang ada di hari senin akan berpengaruh pada hari hari berikutnya. Selain itu heru juga menekankan untuk selalu bersyukur mulai bangun tidur hingga mengakhiri kegiatan di hari tersebut. Melakukan kegiatan di media sosial pun juga di tekankan oleh beliau, bahwasanya dengan bermedia sosial kita harus senantiasa menjaga perilaku atau sikap dalam menggunakan media social untuk menghindari cyber crime (kejahatan dunia maya). (pdp)

 

11 Jan

KPU KOTA BATU PEDULI PENGHIJAUAN BERSAMA MUSPIKA KECAMATAN JUNREJO

Teklung, kpu-kotabatu.go.id (10 Januari 2020) – KPU Kota Batu mengikuti kegiatan program peduli penghijauan yang diselenggarakan oleh Kecamatan Junrejo Kota Batu, acara dengan tema “Kecamatan Junrejo Peduli Penghijauan 2020” ini diawali dengan apel pagi di halaman Taman Wisata Predator Park dengan diikuti oleh seluruh elemen masyarakat Junrejo di antaranya, Muspika, Danramil, Polsek Junrejo, Banser, Linmas, Senkom, Baskomas, Fokus dan Karang Taruna.

Pada kesempatan ini Parman selaku Sekertaris Camat (Sekcam) yang juga mewakili Camat Junrejo, menyampaikan rasa terima kasih kepada semua elemen masyarakat Junrejo yang telah mendukung kegiatan program peduli penghijauan 2020. “Dengan Harapan semoga dengan kegiatan ini bisa membawa efek baik di lingkungan kota Batu,” harapnya.

Kapolsek Junrejo AKP Supriyanto mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari program pemerintah pusat guna melakukan penghijauan terutama di wilayah kota Batu terlebih di Kecamatan Junrejo. “Dan titik penanaman pohon berada di kanan-kiri sepanjang jalan desa tlekung,” terangnya.

Adapun sebanyak 570 bibit tanaman ditanam di sepanjang jalan Dusun Gangsiran Putuk, Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, dan beberapa tanaman di antaranya, 200 bibit pohon Jacaranda. Supaya ke depan, saat berbunga bisa dibuat menjadi festival seperti festival bunga tabebuya di Desa Pendem, Kecamatan Junrejo.

Selain itu, ada 200 bibit tanaman buah dan 400 bibit tanaman keras pemberian dari Kelompok Tani Hutan (KTH) Junrejo. ”Ada juga bantuan dari pemerintah provinsi sebanyak 600 bibit pohon. Harapannya, tanaman-tanaman tersebut dapat tumbuh dan berkembang terus,” tutur AKP Supriyanto. (pdp)

07 Jan

RAPAT PLENO RUTIN PERDANA DI TAHUN 2020, KPU KOTA BATU KOMITMEN MENINGKATKAN MANAJEMEN SDM

Tlekung, kpu-kotabatu.go.id (06 Januari 2020) – Mengisi kegiatan diawal Januari 2020, Senin (06/01) bertempat di Aula Kantor KPU Kota Batu, Pimpinan KPU Kota Batu melaksanakan  pleno rutin seperti biasa yang dilaksanakan setiap hari Senin setelah pelaksanaan Apel pagi. Pleno rutin kali ini dihadiri lengkap 5 (lima) orang Komisioner KPU Kota Batu, Sekretaris, Kasubbag serta bendahara KPU Kota Batu.

Pleno membahas evaluasi serta program dalam waktu dekat dari masing-masing divisi. Ketua KPU Kota Batu, Mardiono membuka rapat dengan membahas terkait keuangan dan hal-hal umum yang bersifat kerumahtanggaan.  Merapikan dokumen dan produk-produk hukum KPU Kota Batu, serta pengelolaan dokumen pemilihan legislatif serta pemilihan Presiden dan Wakil Presiden pada pemilu serentak tahun 2019 lalu merupakan agenda yang akan dilakukan Divisi Hukum dan Divisi Teknis.

Dilanjutkan Divisi Perencanaan, Data dan Informasi (Heru Joko Purwanto) menyampaikan dalam waktu dekat akan berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil), serta akan berkoordinasi dengan desa dan kelurahan untuk pemutakhiran data pemilih untuk memastikan data-data terbaru terkait mortalitas, mutasi serta pemilih pemula. Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM membahas optimalisasi Rumah Pintar Pemilu KPU Kota Batu dan persiapan rencana launching Rumah Pintar Pemilu (RPP) Nasional Wisata Demokrasi yang bertempat di Jatim Park 1 Kota Batu, rencana akan dilaksanakan pada minggu ketiga di Bulan Januari 2020 ini.

Selain itu, pembahasan tentang komitmen KPU Kota Batu untuk meningkatkan kinerja sumber daya manusia (SDM) aparatur satuan kerja menjadi prioritas diawal tahun ini. SDM merupakan salah satu asset yang sangat penting bagi kemajuan dan perkembangan organisasi. Pengembangan dan pemibinaan SDM menjadi salah satu cara untuk meningkatkan etos kerja, etika kerja, prestasi kerja, jalinan kerjasama dan harmonisasi seluruh SDM.

Menurut Komisioner KPU Kota Batu Divisi Sodiklih, Parmas dan SDM (Marlina) pada moment  saat ini dimana KPU Kota Batu sedang tidak menghadapi pemilihan kepala daerah, merupakan waktu yang tepat agar beberapa KPU Kota Batu didorong melanjutkan pendidikan  untuk meningkatkan kapasitas dan keilmuan terkait kepemiluan dan khususnya yang selaras dengan tugas pokok dan fungsi SDM itu sendiri.

Dilanjutkan Marlina, bahwa untuk meningkatkan kinerja KPU Kota Batu kedepan, perlu mereposisi beberapa pegawai, dengan memperhatikan kemampuan, kenyamanan dan keinginan dari pegawai itu sendiri. Namun disisi lain perlu komitmen dan tanggung jawab dari yang bersangkutan agar selalu meningkatkan kedisiplinan, kinerja dan kerjasama agar tercipta suasana kerja yang berkualitas dan dinamis, tutupnya. (Mrl)

03 Jan

MENGAWALI AGENDA TAHUN 2020 : KPU KOTA BATU MENGHADIRI PELANTIKAN DIREKTUR PERUMDAM AMONG TIRTO KOTA BATU

Batu, kpu-kotabatu.go.id (03-01-20200 – KPU Kota Batu menghadiri pelantikan Direktur PDAM atau yang saat ini disebut dengan Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Among Tirto Kota Batu yang bertempat di Gedung Pancasila Balai Among Tani Kota Batu, Jumat 03 Januari 2020.

Pengambilan sumpah jabatan dipimpin oleh Walikota Batu, Ibu Dewanti Rumpoko dengan merujuk Surat Keputusan Walikota No. 188.45/488/kep/422.012.2019. Tanggal 30 Desember 2019. Dalam sambutannya Walikota Batu ini menyampaikan keyakinannya bahwa Direktur Utama Perumdam yang dilantik saat ini dapat menjalankan tugas yang diberikan. Sebelumnya Edy Sunaedy, ST, M.Ap. ini sudah menjabat sebagai Direktur Perumdam selama 4 tahun ini, namun dengan peraturan baru sekarang masa jabatan akan menjadi 5 tahun terhitung  4 Januari 2020 sampai 4 Januari 2025.

Selain KPU Kota Batu, pelantikan ini dihadiri oleh berbagai unsur, diantaranya Ketua DPRD Kota Batu beserta anggota, Dandim, Kapolres, Kajari, Kepala BNN, Ketua DPRD Se-Malang raya, Direktur PDAM Se-Malang Raya, Tokoh-tokoh agama, NU, MUI, Ketua Pancasila, Sekda dan seluruh SKPD, seluruh ketua organisasi-organisasi di Kota Batu, Kepala Bank Jatim, dan Bawaslu Kota Batu. Walikota Batu mengucapkan selamat atas dilantiknya kembali Edy Sunaedy yang kerap dipanggil Sokek ini. Harapan Walikota Batu kedepan Direktur Perumdam Among Tirto ini dapat bekerja sama dengan Perundam se-malang raya. Selain itu Dewanti Rumpoko meminta Direktur Perumdam yang baru saat ini juga memperhatikan jasa penyedia air minum selain Perumdam, yang di Kota Batu terdapat HIPAM. “Kedepan Perumdam harus memastikan pelayanannya kepada masyarakat Kota Batu baik dari PDAM sendiri maupun HIPAM di desa”. Jelasnya.

PDAM tidak akan mematikan usaha HIPAM yang terdapat di desa-desa, namun PDAM diharapkan bisa lebih mensupport dan memfasilitasi pelayanan air bersih, dan itu merupakan tujuan utamanya. Antara PDAM dan HIPAM diajak berkoordinasi agar bisa melayani masyarakat dengan baik. Kedepan semua pelayanan tidak boleh ada yang kurang. Karena saat ini sudah merupakan zaman dimana sedikit saja kekurangan maka akan segera disebarkan diberbagai media sosial, tetapi tidak berlaku jika terdapat air bersih yang melimpah ruah. Ini sudah merupakan resiko bagi orang-orang yang memberikan pelayanan, karena berbicara pelayanan pasti lebih banyak ketidakpuasan dari pada puasnya, sambungnya.

“Mari kita tingkatkan pelayanan, SDM serta fasilitas pelayanan. Bersyukur Perda Among Tirto sudah disahkan sehingga tidak ada lagi yang perlu diragukan, semua sudah diakomodir di Perda tersebut. Direktur yang baru ini dipersilahkan untuk berinovasi dan berkreatifitas untuk melayani masyarakat kota Batu. Ada beberapa tempat yang butuh diperhatikan, dengan tegas Walikota Batu ini meminta agar dalam satu atau dua tahun ini dapat diselesaikan”, tutupnya dalam sambutannya tersebut.(Mrl)

27 Des

KPU KOTA BATU GELAR RAPAT EVALUASI TAHAPAN PEMILU 2019

Batu, kpu-kotabatu.go.id (21 Desember 2019) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu menggelar Rapat Evaluasi Kegiatan Tahapan Pemilu 2019, Jum’at (27/12/2019). Acara tersebut diikuti oleh komisioner dan jajaran sekretariat KPU serta beberapa stakeholder terkait, antara lain perwakilan Inspektorat dan Polres Kota Batu. Adapun bahasan dalam rapat evaluasi tersebut ialah mengenai seluruh proses tahapan Pemilu 2019.

Ketua KPU Kota Batu (Mardiono) dalam kesempatan pembuka menerangkan jika tahapan pemilu yang telah dilalui oleh KPU membutuhkan waktu yang lama. Berbagai permasalahan, lanjutnya, selalu ditemui dalam setiap prosesnya. Namun, seluruh tahapan dapat terlaksana dengan baik, bahkan pemilu di Kota Batu menjadi salah satu yang tersukses di Provinsi Jawa Timur, baik sisi kondusifitas maupun partisipasi masyarakat.

“Perjalanan panjang yang dilalui KPU Kota Batu dalam melaksanakan tahapan tentunya tak lepas dari dukungan dan kerja sama berbagai stakeholder di Kota Batu. Oleh karena itu, pada kesempatan ini sekali lagi saya mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan dukungan yang telah diberikan. Selain itu, tentu kita tetap membutuhkan evaluasi agar ke depan pelaksanaan pemilu semakin baik,” terangnya.

Mardiono mengungkapkan bahwa kesuksesan yang telah diraih KPU Kota Batu pasti mempunyai kekurangan pada berbagai aspek. Secara tegas ia meminta kepada pihak-pihak di luar KPU, khususnya yang aktif bekerja membantu tugas pemilihan agar memberikan masukan-masukan konstruktif kepada lembaga yang ia pimpin. Masukan yang ada, tutunya, akan berguna bagi evaluasi pada tingkatan penyelenggara yang lebih tinggi, yakni KPU provinsi dan KPU RI.

Adapun rapat evaluasi sendiri dipimpin langsung oleh Komisioner Divisi Perencanaan dan Data, Heru Joko Purwanto. Ia memaparkan seluruh tahapan pemilihan, sejak tahapan coklit data penduduk hingga penetapan calon terpilih. Dalam banyaknya rangkaian agenda tersebut, sebutnya, ada beberapa momen yang sangat berkesan, di antaranya sosialisasi kepada pemilih disabilitas, antusiasme masyarakat untuk pindah pilih, hingga momen penghitungan dan rekapitulasi perolehan suara yang sangat menguras tenaga dan waktu. (ats/pdp)