20 Jan

TINGKATKAN KUALITAS JDIH, PERKUAT TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS

Jakarta, kpu-kotabatu.go.id (20 Januari 2022) – Jaringan Dokumentasi Informasi Hukum (JDIH) menjadi ruang bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyampaikan produk hukum yang dimilikinya kepada masyarakat. Selain itu juga sebagai bentuk akuntabilitas dan tanggungjawab KPU atas kerja-kerja yang telah dikerjakan.

Hal tersebut disampaikan Anggota KPU RI Hasyim Asy’ari saat hadir sebagai narasumber Webinar Strategi Pengelolaan Jaringan Dokumentasi Informasi Hukum KPU Menghadapi Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024, yang digelar KPU Provinsi Gorontalo, Kamis (20/1/2022).

Meski demikian sesuai Undang-undang (UU) Keterbukaan Informasi Publik, KPU menurut Hasyim juga tunduk pada batasan-batasan mana informasi yang diperbolehkan dan dikecualikan untuk disampaikan.

Diluar itu, Hasyim menilai kehadiran JDIH KPU yang telah terbangun ditingkat pusat, provinsi hingga kabupaten/kota harus dimaksimalkan dengan sebaik-baiknya. Salah satu bentuk optimalisasi tersebut menurut dia adalah dengan melengkapi informasi terkait digitalisasi produk hukum yang belum dimiliki didalam JDIH. “Jangan sampai informasi kepemiluan kita tanya tidak punya. Karena sentral kepemiluan KPU, maka harus kita siapkan dengan baik,” pesan Hasyim.

Narasumber lain pada webinar ini, Kepala Biro Perundang-undangan (PUU), Nur Syarifah menjelaskan teknis JDIH KPU. Dia juga menyampaikan tujuan dari hadirnya JDIH KPU mulai dari menjamin terciptanya pengelolaan dokuemntasi dan informasi hukum terpadu, menjamin ketersediaan informasi hukum yang lengkap dan akurat, mengembangkan kerja sama yang efektif antara pusat jaringand dan anggota jaringan serta meningkatkan kualitas pembangunan hukum nasional.

Diluar itu perempuan yang akrab disapa Inung juga menyampaikan inovasi JDIH KPU dan pemanfaatan media sosial sebagai sarana penunjang sosialisasi JDIH ke masyarakat.

Sebelumnya saat membuka acara, Ketua KPU Provinsi Gorontalo, Fadliyanto Koem menyampaikan JDIH telah terbentuk di seluruh KPU kab/kota di Provinsi Gorontalo. Meski demikian kegiatan ini hadir sebagai penguatan funa memaksimalkan JDIH. “Ikhtiar kami mengajak melestarikan memakmurkan JDIH masing-masing,” tutur dia.

Hadir Anggota, Sekretaris KPU Provinsi Gorontalo serta sebagai peserta Ketua, Anggota dan Sekretaris KPU Kab/Kota se-Provinsi Gorontalo. (humas kpu ri dianR/foto: james/ed diR)

19 Jan

KPU KOTA BATU IKUTI BIMTEK APLIKASI PPNPN

Batu, kpu-kotabatu.go.id (19 Januari 2022) – Dalam rangka memberikan pemahaman kepada satuan kerja terkait pengajuan gaji Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) tahun 2022 menggunakan Aplikasi PPNPN berbasis web, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Malang mengadakan Bimbingan Teknis Aplikasi PPNPN 2022 yang dilaksanakan secara daring, Rabu (19/01).

Dengan dihadiri oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Operator seluruh satuan kerja terkait. Pejabat Pembuat Komitmen KPU Kota Batu Irfan Darmawan bersama Operator Puput Kurniastuti mengikuti acara bimtek yang dimulai pukul 10.00 WIB tersebut.

“Aplikasi gaji satker web modul PPNPN adalah aplikasi berbasis website dan merupakan modul dari aplikasi gaji satker web yang digunakan untuk mengelola data pegawai dan penghasilan Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN)” ujar Irfan. (pdp)

19 Jan

TINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK, KPU KOTA BATU IKUTI PENILAIAN DAN PENINJAUAN ATAS SELF ASSESSMENT MONITORING

Batu, kpu-kotabatu.go.id (19 Januari 2022) – KPU Kota Batu mengikuti acara Penilaian dan Peninjauan kembali atas Self Assessment Monitoring pelaksanaan kegiatan yang diadakan oleh KPU Provinsi Jawa Timur, setelah kemarin pada hari Selasa (18/01) melakukan pembukaan, acara ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom, pada acara ini KPU Kota Batu dihadiri oleh Sekretaris KPU Kota Batu Rudi Gumilar, Subkoordinasi Program dan Data Irfan Darmawan, Subkoordinator Teknis Ariansyah Mustafa, Subbag Hukum Budhi Kriswanto dan Subbag KUL Uke Wahyu.

Acara ini juga dihadiri oleh perwakilan KPU RI Adolof Mandacan Acara ini bertujuan untuk melakukan evaluasi dan penilaian atas peningkatan kualitas pelayanan. Peningkatan kualitas pelayanan publik sendiri merupakan suatu upaya untuk meningkatkan kualitas dan inovasi pelayanan publik pada masing-masing instansi pemerintah secara berkala sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat. Disamping itu, peningkatan kualitas pelayanan publik dilakukan untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan menjadikan keluhan masyarakat sebagai sarana untuk melakukan perbaikan pelayanan publik. Selain itu penilaian ini dalam rangka mewujudkan Reformasi birokrasi dalam setiap satuan kerja KPU ditiap kota/kabupaten di Jawa Timur. Penilaian ini dilakukan oleh KPU Provinsi Jawa Timur yang diwakili oleh Ibu Dina Lestari Kasubag Program dan Data sebagai penilai untuk KPU Kota Batu.

Dalam Proses penilaian banyak hal yang di jadikan point penilaian, seperti fasilitas, layanan informasi dan agen perubahan yang harus ada di dalam satker, KPU Kota Batu sendiri sudah mempersiapkan berbagai hal yang diperlukan untuk penilaian hari ini, dan pemenuhan setiap point yang diminta oleh tim penilai. Seperti halnya evaluasi rutin yang selalu dilakukan oleh KPU Kota Batu di setiap pelaksanaan Pleno tiap minggunya sehingga hal-hal yang terkait dengan self assessment maupun terkait dengan reformasi birokrasi sudah terlaksana dengan baik di lingkungan KPU Kota Batu.

Selain acara penilaian acara ini juga sebagai ajang ramah tamah bagi pegawai KPU di seluruh Jawa Timur untuk saling bertukar pikiran untuk KPU yang lebih baik. Acara ini dihadiri pula oleh seluruh satker KPU Kota dan kabupaten se-Jawa Timur. (okta)

18 Jan

KPU KOTA BATU IKUTI RAPAT PENILAIAN DAN PENINJAUAN KEMBALI ATAS SELF ASSESSMENT MONITORING PELAKSANAAN KEGIATAN

Batu, kpu-kotabatu.go.id (18 Januari 2022) – Komisi Pemilihan Umum Kota Batu mengikuti acara pembukaan penilaian dan peninjauan kembali atas Self Assessment Monitoring pelaksanaan kegiatan yang diadakan oleh KPU Provinsi Jawa Timur sesuai dengan surat Sekretaris KPU Provinsi Jawa Timur Nomor: 31/PR.06/35/2022 tanggal 10 Januari 2022 Perihal Penilaian dan Peninjauan Kembali Self Assessment Monitoring Pelaksanaan Kegiatan dan Anggaran.

Acara yang dibuka dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya bersama dan pembukaan oleh ibu Nanik Karsini selaku sekertaris KPU Provinsi Jawa Timur, dalam sambutannya ibu Nanik menyampaikan harapannya terkait dengan pelaksaan acara penilaian ini dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar, setelah itu acara dilanjut dengan ramah tamah semua peserta perwakilan KPU dari berbagai kota/kabupaten di Jawa Timur, KPU Kota Batu sendiri diwakili oleh Bapak Rudi Gumilar selaku sekretaris KPU Kota Batu dan Bapak Ariansyah Mustafa selaku KaSubbag Teknis sebagai perwakilan dalam pembukaan hari ini.

KPU Kota Batu sendiri telah melakukan persiapan yang matang terkait dengan pelaksanaan penilaian yang akan dijadwalkan pada hari Rabu tanggal 19 januari 2022 besok. (okta)

17 Jan

KPU KOTA BATU IKUTI RAKOR PENYUSUNAN DAN PENILAIAN LAPORAN PIPK

Batu, kpu-kotabatu.go.id (17 Januari 2022) – Sekretaris KPU Kota Batu Rudi Gumilar bersama seluruh kasubbag dan Sub Koordinator serta pengelola keuangan mengikuti Rapat Koordinasi  Penyusunan Dan Penilaian Laporan Pengendalian Intern Atas Pelaporan Keuangan yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Jawa Timur secara daring (17/01).

Kegiatan yang dimulai Pada Pukul 13.30 tersebut diikuti oleh Sekretaris, Kasubbag, Sub Koordianator serta Pengelola Keuangan KPU Kabupaten/Kota Se- Provinsi Jawa Timur.

Sekretaris KPU Provinsi Jawa Timur Nanik Karsini membuka acara dan memberikan arahannya bahwa PIPK merupakan pengendalian yang secara spesifik dirancang untuk memberikan keyakinan yang memadai bahwa laporan keuangan yang dihasilkan, merupakan laporan yang andal dan disusun sesuai dengan standar pemerintahan. “Pelaksanaan Pengendalian Intern Atas Pelaporan Keuangan berguna untuk mendukung proses penyusunan laporan keuangan, serta dalam rangka pencapaian maksimal penyusunan dan penilaian serta pelaksanaan pengendalian intern atas pelaporan keuangan pada satuan kerja, khususnya KPU di wilayah Provinsi Jawa Timur,” jelas Nanik.

Dalam acara rakor tersebut sebagai narasumber Kepala Bagian Akuntansi dan Pelaporan (AKLAP) KPU Republik Indonesia M. Aminsyah dan Dwi Rismala dengan Moderator Kepala Bagian Keuangan, Umum dan Logistik KPU Provinsi Jawa Timur Suharto (Totok).

M. Aminsyah menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah komitmen bersama dalam rangka perbaikan manajemen pengelolaan dan pelaporan untuk lebih baik lagi. “Kegiatan ini juga bertujuan untuk memperoleh kualitas laporan keuangan yang semakin baik dan tepat waktu sehingga dapat mendukung kelancaran laporan keuangan KPU untuk mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).” tutur Amin.

Sementara itu Dwi Rismala menjelaskan teknis penyusunan dan penilaian Laporan PIPK secara mendetail disertai simulasi, untuk memberikan keyakinan bahwa pelaporan keuangan disusun dengan pengendalian intern yang memadai. (pdp)

17 Jan

GUNA MENINGKATKAN KUALITAS KINERJA, KPU KOTA BATU LAKSANAKAN RAPAT PLENO RUTIN

Batu, kpu-kotabatu.go.id (17 Januari 2022) – KPU Kota Batu melaksanakan rapat pleno yang dipimpin oleh Ketua KPU Kota Batu Mardiono dan di ikuti oleh seluruh Komisioner, Sekretaris, Kasubbag, Subkoordinator dan bendahara. Rapat yang dilaksanakan di aula kantor KPU Kota Batu mulai pukul 10.00 WIB.

Dalam rapat pleno yang dilaksanakan secara rutin setiap hari senin usai apel pagi ini membahas evaluasi serta program dalam waktu dekat dari masing-masing divisi. Diawali dari Divisi Keuangan, Umum dan Keuangan yang membahas tentang penunjukan Pengelola Keuangan, Pejabat Pengadaan Barang Jasa dan Bendahara harus memenuhi persyaratan antara lain yang telah bersertifikat.

Dilanjutkan Divisi Perencanaan, Data dan Informasi membahas tentang hasil rapat koordinasi dengan KPU Provinsi Jawa Timur tentang Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan bahwa KPU Kota Batu Jumlah TPS ditetapkan sebanyak 400 TPS untuk Pemilihan Tahun 2024 serta menyampaikan bahwa surat dan koordinasi dengan dinas Infokom Kota Batu sudah dilaksanakan. Kemudian Divisi hukum juga menyampaikan bahwa Divisi Hukum dan Pengawasan menunggu revisi anggaran karena akun kegiatan belum ada di RKKS Tahun 2022.

Dengan adanya pleno rutin ini, kepemimpinan kolektif kolegial dalam lembaga KPU dapat berjalan dengan maksimal. Rapat pleno berakhir pada pukul 11.30 WIB (pdp)

17 Jan

SELURUH PEGAWAI KPU KOTA BATU IKUTI APEL PAGI

Batu, kpu-kotabatu.go.id (17 Januari 2022) – Pelaksanaan apel pagi merupakan kewajiban bagi setiap pegawai, selain untuk mendengar arahan pimpinan, apel pagi juga bermanfaat untuk selalu menjaga kedisiplinan dan tanggung jawab bagi setiap pegawai khususnya pegawai KPU Kota Batu.

Kegiatan apel rutin setiap hari Senin ini (17/01) bertindak sebagai pembina apel adalah Komisioner KPU Kota Batu Divisi Perencanaan dan Data Heru Joko Purwanto, dalam amanatnya Heru menyampaikan agar seluruh pegawai KPU Kota Batu untuk tetap menjaga protokol kesehatan dengan memakai masker dan selalu mencuci tangan serta hindari kerumunan dikarenakan virus covid-19 varian baru Umicron sudah memasuki kota Malang. ” Menurut informasi akurat yang saya dapatkan, bahwa virus covid-19 jenis Umicron sudah sampai ke kota Malang, jadi seluruh pegawai KPU Kota Batu agar berhati-hati.” pesan Heru.

Dalam amanatnya Heru juga menyampaikan rasa terimakasih dikarenakan tingkat kedisplinan pegawai KPU Kota Batu semakin lebih baik. “Seluruh pegawai agar selalu menjaga kedisplinan dan tanggung jawab kepada lembaga kita tercinta ini, dan juga mengingatkan agar memanajemen waktunya agar dalam berangkat ke kantor tidak tergesa-gesa dikarenakan takut terlambat, untuk menghindari kejadian yang tidak kita inginkan.” pesan Heru seraya menutup amanatnya. (pdp)