14 Apr

SEKRETARIS KPU KOTA BATU KUNJUNGI BALAI KOTA AMONG TANI

Batu, kpu-kotabatu.go.id (14 Maret 2021) – Pasca mengeluarkan surat permohonan proposal pengajuan dana hibah daerah non pemilihan Komisi Pemilihan Umum Kota Batu untuk Tahun 2021 dan 2022, Sekretaris KPU Kota Batu, Thomas Maydo gencar melakukan pengawalan terhadap perkembangan disposisi pengajuan proposal tersebut ke Balai Kota Among Tani.

Tujuan pengajuan proposal non tahapan pemilihan tersebut untuk meningkatkan sarana dan prasarana yang ada di KPU Kota Batu Saat ini. Thomas yang didampingi Sub Koordinator Teknis dan Hubmas, Ariansyah, yang berkunjung untuk koordinasi di Balai Kota Among Tani mengunjungi beberapa petinggi birokrasi yang ada disana, diantaranya Asisten I, Bagian Keuangan/Aset dan Kesbangpol dan Linmas pada Pemerintah Kota Batu.

Selain membicarakan perkembangan atas proposal yang telah diajukan oleh KPU Kota Batu pada beberapa waktu lalu, KPU Kota Batu juga menyampaikan, terkait adanya rencana KPU Kota Batu untuk menjalin kerjasama untuk mengembangkan Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) di wilayah Kota Batu ini. Rencana kami Bakohumas ini bisa manjadi Pilot Project bagi Kesabgpol dan Linmas dan Dinas Kominfo Kota Batu untuk membangun sinergi dan dukungan kehumasan bagi KPU Kota Batu dalam perhelatan kepemiluan nantinya.

Kunjungan koordinasi hari ini, adalah inisiatif yang diambil setelah sebelumnya KPU Kota Batu telah menerima kunjungan kerja dari Komisi A DPRD Kota Batu pada minggu lalu di kantor KPU Kota Batu di Sultan Agung No 16. Hal lain yang menjadi lebih penting adalah sebagai upaya untuk membangun dan menjaga silahturahmi yang baik sesama lembaga pelayan masyarakat di Kota Batu. (ari)

14 Apr

RAKOR EVALUASI PPKM MIKRO V, PEMERINTAH KOTA BATU ANTISIPASI PENAMBAHAN KASUS

Batu, kpu-kotabatu.go.id (13 April 2021) – Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro Tahap V di Kota Batu dalam minggu pertama menunjukkan angka kesembuhan mencapai 90%. Hal tersebut disampaikan Wali Kota Batu, Hj Dewanti Rumpoko, dalam Rapat Evaluasi PPKM Mikro secara virtual di Rupatama Balaikota Among Tani, Selasa (13/04). “Dibandingkan PPKM Mikro 1, 2, 3 dan 4, PPKM Mikro tahap ke-5 menunjukkan penurunan trend pasien terkonfirmasi positif, kesembuhan rata-rata 2 orang perhari dengan persentase 90%,” kata Wali Kota.

Adanya angka kematian 2 kasus yang terkonfirmasi positif dalam beberapa hari terakhir di Desa Sumberbrantas, menyebabkan zona kuning di Kota Batu mengalami penambahan.
“Zona kuning mengalami penambahan dari yang sebelumnya di PPKM 4 ada 11, sekarang bertambah 1 menjadi 12 dan angka zona hijau saat ini 1.126,” imbuh Wali Kota.

Mengatisipasi penambahan kasus di Bulan Suci Ramadhan, Pemkot Batu telah mengimbau kepada seluruh desa/kelurahan untuk memperketat dan memantau pemberlakuan protokol kesehatan di masjid dan musholla. “Kami telah berkoordinasi dengan kepala desa dan lurah di Kota Batu untuk memantau masjid dan musholla yang melakukan kegiatan tarawih dan tadarus,” terang Wali Kota.

Untuk persiapan lebaran, sebagai Kota Wisata, Pemkot Batu telah memprogramkan vaksinasi bagi pelaku usaha di Kota Batu. Sedangkan untuk pendatang yang ke Kota Batu dihimbau untuk menunjukkan hasil vaksinasi dan rapid antigen.

Asops Kodam V Brawijaya, Kolonel Inf Handoko Prasetyo memberikan apresiasi atas antisipasi yang dilakukan Pemkot Batu untuk menekan penambahan kasus. “Kami mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan untuk antisipasi dalam bulan suci ramadhan dan arus mudik. Pengurangan zona hijau bisa diantisipasi kedepannya agar bisa berkurang lagi,” kata Handoko.

Asops Kodam V Brawijaya juga menghimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan selama Ramadhan, mengintensifkan pembersihan masjid dan musholla, menggunakan sajadah masing-masing saat tarawih dan tidak melaksanakan sahur on the road.

Sumber : Dinas Kominfo Kota Batu

14 Apr

POLRI LAUNCHING APLIKASI SINAR, PERPANJANGAN SIM BISA DARI RUMAH

Batu, kpu-kotabatu.go.id (14 Maret 2021) – Sebagai upaya memudahkan pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM), Polri melaunching aplikasi khusus pembuatan dan perpanjangan SIM online bernama Sinar atau SIM Nasional Presisi, Selasa (13/04). Peluncuran ini dihadiri oleh Wakil Wali Kota, Polres Batu, Kajari, Ketua DPRD Kota Batu dan Kepala Kodim 0818 Malang Batu secara virtual di Command Center Polres Batu.

Aplikasi ini dapat digunakan oleh masyarakat dalam mengurus SIM A (mobil) maupun SIM C (motor) secara online tanpa perlu datang ke Satpas.

Korlantas Polri Komisaris Besar DJati, menjelaskan, masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas ujian teori, pemeriksaan psikologi melalui aplikasi E-PPsi, dan layanan pemeriksaan kesehatan melalui E-Rikkes, hingga melakukan perpanjangan SIM A dan SIM C lewat aplikasi Sinar.

Bagi pembuat SIM baru, pemohon SIM tetap harus datang ke Satpas untuk melakukan ujian praktik, namun dengan catatan harus lolos atau memenuhi persyaratan saat melakukan registrasi online melalui aplikasi Sinar.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, mengatakan SIM online ini sebagai perwujudan transformasi Presisi yakni kelembagaan, operasional, pelayanan publik dan pengawasan. “Polri harus mengikuti strategi perkembagan teknologi dan adanya pandemi COVID-19, saya harap masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas ini,” katanya.
Sumber : Dinas Kominfo Kota Batu

11 Apr

OPTIMALISASI MEDIA TINGKATKAN PELAYANAN INFORMASI PUBLIK HADAPI PEMILU DAN PEMILIHAN 2024

Jakarta, kpu-kotabatu.go.id (10 April 2021) – Keterbukaan informasi bagian tidak terpisahkan dari pelayanan instansi kepada masyarakat di era modern dewasa ini. Optimalisasi penggunaan media informasi pun menjadi krusial dan perlu untuk diperhatikan.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Biro Partisipasi dan Hubungan Masyarakat, Sigit Joyowardono pun menyampaikan pentingnya optimalisasi media ini saat menyampaikan materi pada Seminar Sehari bertema ‘Optimalisasi Media Internal Menuju Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024’ yang dilaksanakan secara daring, Sabtu (10/4/2021).

Joyo biasa dia disapa menyampaikan materi mulai dari inovasi yang bisa dilakukan, metode sosialisasi, regulasi, sampai pentingnya sinergitas antar stakeholder. “Pesan untuk saya dan untuk kita sekalian dalam membangun jejaring komunikasi semata-mata untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat melalui optimalisasi media tujuannya untuk mempercepat proses informasi dan itu bagian dari keterbukaan informasi publik,” tegas Joyo.

Melalui Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) yang dibentuk pada bulan Maret lalu, realisasi komitmen optimalisasi perlahan dibangun KPU. Lebih jauh, bekerja sama dengan Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) KPU, pelatihan guna meningkatkan kapasistas Sumber Daya Manusia (SDM) menunjang peningkatan peran kehumasan ini juga menjadi prioritas. “Kita cukup menyadari belum maksimal personel dalam mengurusi media ini, KPU sedang merancang program pengembangan kapasitas pengelola media sosial di KPU.

Kami akan sampaikan itu ke Pustadin,” sambung Joyo.

Di kesempatan berikutnya, Plt Koordinator Hubungan Masyarakat dan Informasi Publik KPU RI, Robby Leo Agust menjelaskan terkait teknik penulisan berita dan foto jurnalistik. Salah satu yang ditekankan terkait pemanfaatan konten lokal sebagai bahan informasi yang bisa disampaikan jajaran KPU provinsi dan kabupaten/kota di Maluku Utara.

Selain itu, Robby juga menekankan pentingnya publikasi eksternal melalui Bakohumas yang telah dibentuk sehingga humas dapat menjadi corong atau etalase bagi KPU. “Jadi nanti kita secara langsung atau tidak langsung melalui grup Bakohumas update informasi kita melalui grup Bakohumas dapat diketahui pihak-pihak luar. Kita harus bergerak seperti serangan jamur menyebarkan informasi dari sekarang,” tandas Robby (humas kpu ri bil/foto: anggri/ed diR)

08 Apr

PENGUMUMAN SELEKSI TERBUKA PENGISIAN JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA (ESELON II.a)

Jakarta, kpu-kotabatu.go.id (08 April 2021) – Sekretariat Jenderal Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia membuka kesempatan bagi seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) terbaik yang berminat dan memenuhi syarat untuk menduduki Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II.a) pada Sekretariat Jederal Komisi Pemilihan Umum, dengan ketentuan yang tertera pada Pengumuman Nomor: 06/Pansel-JPT/SetjenKPU/IV/2021 tentang Pengumuman Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II.a) pada Sekretariat Jenderal Komisi Pemilihan Umum Tahun 2021.

Info Selengkapnya : KLIK DISINI

 

07 Apr

KPU JATIM KOORDINASIKAN PEMBENTUKAN BAKOHUMAS DI TINGKAT KABUPATEN/ KOTA

Surabaya, kpu-kotabatu.go.id (07 April 2021) – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) melakukan koordinasi pembentukan Bakohumas (Badan Koordinasi Kehumasan) di tingkatan Kabupaten/ Kota hari ini (Rabu, 7/4). Koordinasi bertempat di aula lantai II kantor KPU Jatim, jalan Raya Tenggilis Nomor 1-3 Surabaya.

Divisi Sosdiklih dan Parmas KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro menyampaikan kegiatan ini penting diadakan mengingat untuk melakukan percepatan pembentukan Bakohumas pada tingkat KPU Kabupaten/ Kota.

“Usai koordinasi di tingkat provinsi hari ini, Kawan-kawan segera membentuk Bakohumas di internal satker, lalu melakukan sosialisasi dengan eksternal dalam hal ini lembaga/ instansi pemerintah terkait, NGO/ Ormas, LO Parpol, Sekretariat DPRD Kabupaten/ Kota, media dan sebagainya. Setelah sosialisi harapannya menghasilkan MoU atau whatsapp grup yang digunakan untuk koordinasi Bakohumas selanjutnya,” ujar Gogot (7/4/2021).

Selanjutnya, menurut Gogot, ketika Bakohumas di kabupaten/ kota sudah terbentuk memiliki tugas melakukan koordinasi antara KPU, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/ Kota terkait informasi antara satuan kerja, melakukan koordinasi dan kerjasama dengan Bakohumas pada instansi atau lembaga pemerintah, Merencanakan dan melaksanakan kegiatan kehumasan, melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan kehumasan pada Ketua KPU, serta menghimpun; mengelola; dan menyalurkan data atau informasi kehumasan yang diperlukan.

Sementara itu, Koordinator HTH KPU Jatim, Yulyani Dewi mengimbuhkan bahwa Rakor  Bakohumas ini sekaligus sebagai tindaklanjut dari Surat Keputusan KPU RI Nomor 172/HM.02-Kpt/06/KPU/III/2021 tentang Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas). “Serta Surat Dinas KPU RI Nomor 244 /HM.02-SD/06/KPU/III/2021 tanggal 22 Maret 2021 tentang Pembentukan Bakohumas,” pungkasnya.

(AACS)

07 Apr

TATA KELOLA LOGISTIK TRANSPARAN, PROFESIONAL DAN BERINTEGRITAS

Serang, kpu-kotabatu.go.id (07 April 2021) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus meningkatkan kapasitasnya dalam mempersiapkan tahapan Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024. Salah satu tantangan terbesar di 2024 nantinya adalah pengadaan logistik, karena prosesnya akan berhimpitan antara pengadaan logistik untuk pemilu legislatif dan pemilu presiden dengan pengadaan logistik untuk pemilihan kepala daerah. Untuk itu tata kelola logistik ke depan harus ditingkatkan dengan tetap mengedepankan prinsip transparan, profesional dan berintegritas.

Menurut Anggota KPU RI Pramono Ubaid Tanthowi, ada beberapa hal dapat memengaruhi tata kelola logistik, seperti pandemi Covid-19, data pemilih dan putusan MK. Meski demikian, KPU harus selalu siap dengan segala kondisi, berkaca pada pelaksanaan Pemilu 2019 dan Pemilihan 2020, menjadi pengalaman penting untuk mempersiapkan Pemilu dan Pemilihan 2024.

“Tantangan dan beban di tahun 2024 jauh lebih besar, salah satu imbasnya di pengadaan logistik. Saat kita belum selesai memproses pengadaan logistik pemilu legislatif dan pemilu presiden, saat itu juga kita harus mempersiapkan pengadaan logistik pemilihan kepala daerah,” tutur Ketua Divisi Perencanaan, Keuangan, Umum dan Logistik tersebut dalam Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) dan Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), di Serang, Banten, Rabu (7/4/2021).

Pramono melanjutkan, salah satu hal dibidang logistik yang terpengaruh dari keserentakan pemilu dan pemilihan terkait ketersediaan gudang yang memadai. Dia memberi gambaran apabila pemungutan suara pemilu legislatif dan pemilu presiden dilaksanakan Februari, kemudian pada prosesnya ada sengketa dan kotak suara masih disimpan di gudang, pada saat yang sama pengadaan logistik pemilihan kepala daerah sudah harus dimulai, sehingga membutuhkan gudang yang cukup besar untuk menampung semua logistik tersebut.

Pada kesempatan yang sama, pimpinan KPU RI lainnya Arief Budiman meminta semua jajarannya sudah menyelesaikan konsolidasi organisasi dan fungsi struktur masing-masing di tahun 2021. Hal tersebut dimaksudkan agar pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan 2024 dapat dipersiapkan sejak dini. Terkait logistik dia pun menyampaikan persiapan pengadaan barang dan jasa idealnya sama prosesnya seperti saat menyusun program, jadwal dan tahapan pemilu, sehingga apa yang harus dilakukan ke depan itu harus sudah mulai dipersiapkan dari sekarang.

“Kebaikan yang tidak terencana, akan lebih mudah dikalahkan oleh kejahatan yang terencana, karena peluangnya akan sangat mungkin terjadi. Untuk itu, ke depan mari kita rencanakan dengan lebih baik terkait pengadaan logistik tersebut secara efektif, efisien, transparan dan akuntabel. Apalagi ada hal-hal yang tidak bisa kita duga, seperti para Pemilihan 2020. Kita tidak pernah membayangkan harus melakukan pengadaan masker, thermo gun, alat pelindung diri, namun kita bisa melaksanakannya dengan baik,”jelas Arief di depan kepala UKPBJ dan admin agency KPU Provinsi seluruh Indonesia, serta UKPBJ dan admin agency Bawaslu RI.

Sementara itu, Pelaksana harian Plt Kepala Biro Logistik Asep Suhlan juga menjelaskan adanya peleburan ULP dan LPSE ini dapat mempermudah optimalisasi layanan yang mencakup seluruh pengadaan di lembaga. Melalui sosialisasi dan bimtek ini, diharapankan dapat meningkatkan kapabilitas dan kinerja personal yang bertugas di satuan kerja (satker) KPU Provinsi dan Bawaslu RI, mengingat untuk UKPBJ dan admin agency Bawaslu RI penanganan LPSEnya masih dihandle KPU RI. (humas kpu ri arf/foto: arf/ed diR)