15 Jan

SUKSESKAN PEMILU 2019, KPU KOTA BATU MENERIMA RELAWAN DEMOKRASI

Tlekung, kpu-kotabatu.go.id (15-Januari-2019) – Demi menyukseskan Pemilu Serentak 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu menerima Relawan Demokrasi untuk menyukseskan Pesta Demokrasi yang akan dilaksanakan tanggal 17 April 2019 yang akan datang.

Pendaftaran Relawan Demokrasi yang telah dibuka sejak hari kamis (09/01) dan di tutup pada hari Rabu (16/01) ini disambut dengan sangat antusias oleh masyarakat Kota Batu yang ingin sekali ikut dalam menyukseskan Pemilu Serentak 2019, dengan membawa sendiri Formulir Pendaftaran ke Kantor KPU Kota Batu Jalan Raya Tlekung 212 Junrejo, Kota Batu.

Menurut Komisioner KPU Kota Batu Divisi SDM dan Parmas (Heru Joko Purwanto) bahwa Relawan Demokrasi ini berjumlah maksimal 55 orang. “Relawan Demokrasi yang akan direkrut oleh KPU Kota Batu adalah masyarakat Kota Batu yang berusia minimal 17 tahun dan berpendidikan minimal SMA/sederajat serta dapat berkomunikasi dengan baik dan bukan bagian dari penyelenggara Pemilu.” ujar Heru disela-sela test wawancara para calon Relawan Demokrasi.

Adapun untuk Relawan Demokrasi ini meliputi Relawan Demokrasi berbasis Keluarga, basis pemilih pemula, basis pemilih muda, basis pemilih perempuan, basis penyandang disabilitas, basis kebutuhan khusus, basis kaum marjinal, basis komunitas, basis keagamaan, basis warga internet dan basis warga adat dan budaya. (pdp)

 

 

13 Jan

KPU KOTA BATU GELAR SOSIALISASI PEMILU 2019 KEPADA KOMUNITAS FLOBAMORA KOTA BATU

Batu, kpu-kotabatu.go.id (12-Januari-2019) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilu Serentak 2019 dan menciptakan pemilih yang berintegritas, menggelar Sosialisasi dengan menyasar pada komunitas Flobamora (Flores, Sumba, Timor, Alor) yang ada di Kota Batu.

Sosialisasi yang digelar mulai pukul 16.00 WIB di Aula SMA Sang Timur Kota Batu ini selain ajang silaturahmi anggota Flobamora Family Association Kota Batu dalam rangka memperingati Natal, juga sebagai sosialisasi tentang pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 oleh KPU Kota Batu.

Dengan Narasumber Komisioner KPU Kota Batu Divisi SDM dan Parmas (Heru Joko Purwanto) didampingi Sekretaris KPU Kota Batu (Thomas Maydo) bersama tim Sekretariat KPU Kota Batu disambut hangat keluarga besar Flobamora Kota Batu yang di wakili oleh ketua Flobamora Kota Batu (Amandus Gabhejao). “Dengan diberikannya sosialisasi terhadap anggota Flobamora, mereka bisa menyampaikan pada lingkungan tempat tinggalnya untuk berperan aktif ikut menyukseskan Pimilu 2019 di Kota Batu.” Ujar Pria yang juga sebagai Guru Musik di SMAN 1 Kota Batu ini.

Komisioner KPU Kota Batu Divisi SDM dan Parmas (Heru Joko Purwanto) menjelaskan di depan kurang lebih 80 orang hadirin, tentang kriteria pemilih, tata cara pemberian suara dan penggunaan formulir A.5 atau  surat pemberitahuan daftar pemilih pindahan dan  juga memaparkan tentang siapa saja yang akan dipilih dalam kegiatan Pemilu 2019 dan partai politik peserta Pemilu 2019.

Dan tidak lupa “Jangan lupa, Rabu 17 April 2019 datang ke TPS dan salurkan hak pilih Anda, Jangan GOLPUT.” tegas pak ureh, panggilan akrab Heru.(pdp)

 

09 Jan

RAKOR PPK DAN PPS SE-KECAMATAN BUMIAJI JELANG PEMILU 2019

Bumiaji, kpu-kotabatu.go.id (09-Januari-2019) – Pemilu 2019 sudah mulai dekat, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kecamtan Bumiaji mengadakan Rapat Koordinasi rutin yang diselenggarakan di Kampung Wisata Kungkuk desa Punten Kecamatan Bumiaji ini (09/01).

Dengan dihadiri Komisioner KPU Kota Batu Divisi SDM dan Parmas (Heru Joko Purwanto) dan seluruh anggota PPK Bumiaji beserta seluruh anggota PPS se-kecamatan Bumiaji, Bawaslu Kecamatan Bumiaji (Qitam dan Indra) dengan pembawa acara Anggota PPK Bumiaji (Wiwien),  Rakor yang dipimpin oleh Ketua PPK Kecamatan Bumiaji (Heri Sutanto) membahas tentang kesiapan pembentukan KPPS yang sudah mencapai 90%, dan sudah mengantongi nama-nama dan alamat yang siap dikirim, selanjutnya koordinasi umum dan membahas rencana kerja dan bimtek kepada KPPS yang telah terbentuk nantinya.

Komisioner KPU Kota Batu Divisi SDM dan Parmas (Heru Joko Purwanto) memberikan arahan kepada seluruh peserta rapat agar tetap mempererat kekompakan dan selalu menjaga kesehatan menjelang Pemilu 2019 dan selalu berkoordinasi apabila ada permasalahan apapun. “Berkaitan dengan isu nasional kita sebagai penyelenggara harus merapatkan barisan mencermati sesuatu yang ada dan mengkonter atau memberikan jawaban masalah isu nasional dengan secara bijak dan secara data.” ujar Heru di dalam sambutannya. (pdp)

08 Jan

KPU KOTA BATU MENGHADIRI ACARA NATAL PRAJA DAN PGRI KOTA BATU

Batu, kpu-kotabatu.go.id (08-Januari-2019) – Ketua KPU Kota Batu (Saifudin Zuhri) dan Komisioner KPU Kota Batu Divisi SDM dan Parmas (Heru Joko Purwanto) beserta Sekretaris KPU Kota Batu (Thomas Maydo) menghadiri undangan acara Natal Praja dan PGRI Kota Batu Tahun 2018 yang diselenggarakan di Gedung Sekolah Imannuel Jl. Wukir Kota Batu.

Acara yang dimulai pukul 14.00 WIB dan dihadiri oleh Walikota Batu (Dewanti Rumpoko), Ketua Penggerak PKK Kota Batu (Wibi Asri Punjul Santoso) serta Forkopimda Kota Batu ini berlangsung meriah dengan penampilan yang sangat atraktif Tarian Gerak dan Lagu yang disuguhkan siswa-siswi TK, SD, SMP dan SMA Imannuel ini.

Walikota Batu (Dewanti Rumpoko) menyampaikan dalam sambutannya meski memiliki keyakinan berbeda, acara ini bisa mewujudkan kerukunan hidup dalam satu naungan NKRI. “Kegiatan ini sangatlah bagus dan perlu dibudayakan agar masyarakat Kota Batu  hidup rukun berdampingan meskipun berbeda keyakinan. Dan juga karena tahun 2019 adalah tahun politik, khususnya warga Kota Batu agar selalu menghargai, menjaga satu sama lain agar Kota Batu selalu aman dan kondusif.” pesan Walikota Batu dalam sambutannya.

Sementara itu, Ketua Panitia Natal Praja dan PGRI Kota Batu 2018 (Wahono) menyampaikan bahwa selain untuk merayakan Natal bersama juga ingin menyinergikan ASN dan lembaga kristen di Kota Batu. “Kita kumpulkan semua disini agar sinergitas antar semua kalangan bisa terjalin dengan baik.” ujar wahono yang juga menjadi Kepala Sekolah SMA Imannael ini. (pdp)

07 Jan

DIVISI HUKUM KPU KOTA BATU (MARDIONO) DIALOG LIVE DI AGROPOLITAN TV (ATV)

Tlekung, kpu-kotabatu.go.id (07-Januari-2019) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu menghadiri undangan Agropolitan Televisi (ATV) Kota Batu untuk mengisi acara Dialog Live yang diadakan setiap hari Senin (07/01), yang dihadiri oleh Komisioner KPU Kota Batu Divisi Hukum (Mardiono).

Acara Dialog Live dengan Tema “Penerimaan LPSDK Partai Politik Peserta Pemilu 2019 di Kota Batu” ini juga menghadirkan Ketua Bawaslu Kota Batu (Abdur Rochman). Dengan dipandu oleh presenter Dave Nirvana, Mardiono menyampaikan bahwa proses penyerahan LPSDK yang berlangsung tanggal 02 Januari 2019 berjalan dengan lancar, meskipun pada saat penyerahan ada beberapa partai politik yang kurang siap dikarenakan LO nya sedang berhalangan hadir, dan akhirnya proses penyerahan yang seharusnya selesai pukul 18.00 WIB menjadi mundur sampai tengah malam. “Evaluasi kepada teman-teman partai politik di Kota Batu, dalam penyerahan LPSDK tidak ada yang perlu disembunyikan, yang penting laporannya sudah lengkap bisa segera diserahkan.” tegas Mardiono dalam dialog live yang ditayangkan mulai jam 16.00 WIB sampai 16.30 WIB ini.

Ketua Bawaslu Kota Batu (Abdur Rochman) juga menyampaikan dalam dialog live ini antara lain Bawaslu kota batu selalu melakukan pengawasan melekat dalam proses penerimaan LPSDK ini, dikarenakan Bawaslu sudah bekerja secara teknis, dengan cara mendata misalnya partai A spanduknya berapa, balihonya berapa, bahan kampanyenya berapa, dll dan itu sesuai tidak dengan LPSDK yang diserahkan ke KPU. “Harapan ke depan, agar partai politik lebih tertib lagi dalam disiplin waktu penyerahan, yang telah ditetapkan batas akhir pukul 18.00 WIB ya harus selesai pukul 18.00 WIB, jangan seperti kemarin, pukul 18.00 WIB baru datang absen, akhirnya selesai tengah malam deh..” tambah Abdur Rochman sambil ketawa. (pdp)

07 Jan

IDJEN TALK SHOW DI RADIO CITY GUIDE 911, BERSAMA KPU KOTA BATU DAN BAWASLU

Tlogomas, kpu-kotabatu.go.id (07-Januari-2019) – Komisioner KPU Kota Batu Divisi Teknis (Erfanudin) melakukan dialog interaktif “Idjen Talk” di radio City Guide 911 FM Arema Media Group,  Senin (07/01) bersama Ketua Bawaslu Kota Batu (Abdur Rochman) dan hadir juga dalam dialog interaktif ini Direktur Center For Election dan Political Party (CEPP) Unilink UMM (DR. Asep Nurjaman, M.Si), dengan tema “Mengawal Distribusi Logistik Pemilu 2019 di Kota Batu.”

Di dalam dialog interaktif yang dipandu oleh host (Erika Rossa), Erfanudin menyampaikan bahwa KPU Kota Batu saat ini telah menerima kotak suara (3.994), bilik suara (1.028), tinta pemilu (1.514) dan sampul (28.028) “Untuk sampul surat suara sah yang baru datang sejumlah  313 sampul, yang seharusnya 6.813 sampul dan 6.500 sampul sisanya masih dalam proses pengiriman.” ujar Erfanudin. Menambahkan  yang telah disampaikan Erfanudin, ketua Bawaslu Kota Batu menuturkan bahwa Bawaslu selalu mengawasi semua proses Distribusi Logistik yang diterima oleh KPU Kota Batu. “KPU Kota Batu dalam setiap penerimaan Logistik Pemilu 2019, selalu melaporkan kepada Bawaslu.” tegas Abdur Rochman dalam dialognya.  (pdp)