16 Jan

KPU KOTA BATU MELAPORKAN PROGRESS PEMBANGUNAN RPP NASIONAL KE KPU PROVINSI JATIM

Surabaya, kpu-kotabatu.go.id (15 Junuari 2020) – Komisioner KPU Kota Batu Divisi Sosdiklih, SDM dan Parmas (Marlina) bersama Kasubbag Umum Sekretariat KPU Kota Batu (Fitrya Faradevi) melaporkan progress pembangunan Rumah Pintar Pemilu (RPP) Nasional ke KPU Provinsi Jawa Timur (15/01), ditemui langsung oleh Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur Divisi Sosdiklih, SDM dan Parmas (Gogot Cahyo Baskoro) didampingi oleh  Kasubbag Teknis dan Hupmas KPU Provinsi Jatim (Eddy Prayitno).

Ditemui langsung diruangannya, Gogot langsung mempersilahkan kepada Marlina untuk menyampaikan progress pembangunan RPP dan kesiapannya dalam menyambut acara peresmian RPP Nasional yang akan dilaksanakan tanggal 24 Januari 2020 yang akan datang, yang akan diresmikan langsung oleh Ketua KPU RI (Arief Budiman). Marlina menyampaikan bahwa pembangunan RPP Nasional yang bertempat di Taman Wisata Jatim Park 1 Kota Batu ini, sudah selesai dalam pengerjaannya, meliputi konstruksi dan belanja modal, dan juga menyampaikan progress persiapan acara launching RPP Nasional yang akan dilaksanakan minggu depan (24/01).

Dalam pertemuan tersebut Gogot menyampaikan, bahwa karena ini adalah RPP Nasional, maka ini juga menjadi perhatian utama KPU Provinsi Jawa Timur, khususnya divisi Teknis Sekretariat KPU Provinsi Jatim. “Jadi untuk acara launching RPP Nasional, agar tidak hanya dipasrahkan ke teman-teman KPU Kota Batu saja, akan tetapi kita (KPU Provinsi) juga ikut berperan, agar nanti dalam acara peresmian RPP Nasional berjalan sesuai harapan semua pihak, terutama KPU RI.” tegas Gogot. (pdp)

 

14 Jan

PAK WIMA TERPILIH MENJADI DEPUTI BIDANG TEKNIS KPU RI

Batu, kpu-kotabatu.go.id (14 Januari 2020) – Sekretaris KPU Provinsi Jawa Timur (HM. Eberta Kawima) terpilih menjadi Pejabat Pimpinan Tinggi Madya (Eselon 1B) sebagai Deputi Bidang Teknis KPU RI, pria kharismatik yang biasa disapa dengan pak Wima ini sebelum menjabat sebagai Sekretaris KPU Provinsi Jawa Timur, pak Wima telah berpengalaman menjadi Sekretaris KPU Kabupaten Jember dari tahun 2007 sampai dengan 2015, selain itu pengalaman kerja di bidang kepemiluan lainnya, antara lain sebagai Kasubbid Penyelenggara Pemilu, Bakesbang Linmas Kabupaten Jember, Kasubbag Umum Sekretariat KPU Kabupaten Jember dan masih banyak lagi pengalamannya di bidang kepemiluan dan non-kepemiluan.

 

Menindaklanjuti Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor: 105 Tahun 2018 Tentang Kedudukan, Tugas, Fungsi, Wewenang, Organisasi, dan Tata Kerja Sekretariat Jenderal KPU, Sekretariat KPU Provinsi dan Sekretariat KPU Kabupaten/Kota, maka pada bulan Agustus 2019 lalu Sekretariat Jenderal KPU membentuk Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Madya (Eselon 1B) pada Sekretariat Jenderal KPU untuk mengisi jabatan Deputi Bidang Teknis, Deputi Bidang Administrasi, dan Inspektur Utama, dengan di ikuti oleh 17 calon yang mengikuti Tes Assessment.

Adapun hasil assessment yang diselenggarakan oleh Sekretariat Jenderal KPU sebagai berikut :

1. HM. Eberta Kawima sebagai Deputi Bidang Teknis, jabatan sebelumnya Sekretaris KPU Provinsi Jawa Timur.

2. Nanang Priyatna sebagai Inspektorat Utama, jabatan sebelumnya Kepala Biro Keuangan Sekjen KPU RI.

3. Purwoto Ruslan Hidayat sebagai Deputi Bidang Administrasi, jabatan sebelumnya Kepala Biro Logistik Sekjen KPU RI.

(pdp)

11 Jan

KPU KOTA BATU JALIN KERJASAMA DENGAN TPA TLEKUNG

Tlekung, kpu-kotabatu.go.id (10 Januari 2020) – Bertepatan dengan kegiatan program peduli penghijauan yang diselenggarakan oleh Kecamatan Junrejo Kota Batu, Komisioner KPU Kota Batu Divisi Sosdiklih, SDM dan Parmas (Marlina) dan Divisi Hukum (Thomi Rusy Diantoro) didampingi Sekretaris KPU Kota Batu (Thomas Maydo) bersama Komunitas Wanita Tlekung (KWT) mengunjungi Tempat Pembuangan Akhir (TPA), dengan maksud untuk meminta kerjasama kepada TPA Tlekung, dalam bentuk pemberian pupuk kompos yang diproduksi oleh TPA Tlekung.

Ditemui langsung oleh Kasi Pengolahan Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemerintah Kota Batu (Imron Suyudi) menyampaikan kesiapannya untuk membantu penyediaan pupuk kompos, untuk menunjang program penghijauan yang telah dilaksanakan.

Dalam kesempatan tersebut KPU Kota Batu Divisi Sosdiklih, SDM dan Parmas (Marlina) juga menyempatkan melakukan sosialisasi pendidikan pemilih kepada Kelompok Wanita Tani (KWT). Sosialisasi kepada segment perempuan ini diharapkan dapat meningkatkan ketertarikan perempuan terhadap demokrasi dan kepemiluan. Dicontohkan Marlina melalui segment ini KPU Kota Batu mengharapkan agar gerakan ibu-ibu yang juga tergabung dalam kelompok PKK di desanya ini dapat menjadi relawan dalam pemutakhiran data pemilih berkelanjutan.

KPU Kota Batu membutuhkan update langsung dr masyarakat terkait mortalitas, mutasi maupun pemilih pemula. Selain itu kedepan KPU Kota Batu sudah merencanakan akan menjadikan Desa Tlekung menjadi desa percontohan dengan konsep “Desa Melek Pemilu”. Ini dilakukan dikarenakan di desa ini adalah tempat dimana kantor KPU Kota Batu berdomisili. Menjadi tanggung jawab moral untuk mendesain desa Tlekung ini menjadi desa percontohan, karena akses yang dekat dengan area kantor KPU Kota Batu.

Akan sangat tidak etis jika partisipasi masyarakat dalam pemilu di desa ini menurun atau rendah karena kurangnya perhatian dari penyelenggara pemilunya yang nyata berlokasi di desa tersebut.” tegas Marlina. (mrl)

 

 

 

06 Jan

APEL HARI SENIN DI AWAL TAHUN 2020

Tlekung, kpu-kotabatu.go.id (06-Januari-2020) – Dalam apel pagi hari Senin di awal tahun 2020 ini (06/01) Ketua KPU Kota Batu (Mardiono) sebagai Pembina Apel menyampaikan bahwa meskipun pada tahun ini tidak ada tahapan pemilu, kita harus tetap semangat, kreatif dan selalu berinovasi untuk kemajuan kantor KPU Kota Batu agar menjadi lebih baik. Mardiono juga mengingatkan agar KPU Kota Batu bisa menjalin kerjasama dengan pemerintah desa di Kota Batu agar pada saat ada kegiatan-kegiatan di desa, KPU Kota Batu bisa diikutsertakan untuk bersosialisasi dan memberikan pendidikan pemilih kepada masyarakat di Kota Batu.

Di bawah udara dingin dan mendung yang bergelayut, Ketua KPU Kota Batu juga menyampaikan bahwa pada bulan Januari ini KPU Kota Batu akan mempunyai agenda acara yaitu peluncuran atau peresmian Rumah Pintar Pemilu (RPP) Nasional yang berada di Taman Wisata Jawa Timur Park 1. ” Kita harus mempersiapkan acara peresmian RPP ini dengan baik, karena InshaAllah akan dihadiri dan diresmikan langsung oleh Komisioner KPU RI.” ujar Mardiono.

Selain Ketua KPU Kota Batu, Apel pagi setiap hari senin diawal tahun 2020 ini dihadiri oleh Komisioner KPU Kota Batu Divisi SDM, Parmas dan Sosdiklih (Marlina), Sekretaris (Thomas Maydo), Kasubbag dan seluruh pegawai sekretariat KPU Kota Batu. (pdp)

22 Des

E-LAPKIN ADALAH RAPOR LEMBAGA, HARUS BERNILAI BAIK

Surabaya, kpu-kotabatu.go.id (21 Desember 2019) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) e-LAPKIN dengan mengundang Sekretaris, Kasubbag Program dan Data, dan Operator e- LAPKIN KPU kabupaten/kota se-Jawa Timur, Sabtu (21/12/2019). Komisioner KPU Jatim (Miftahur Rozaq) mengatkan tujuan diadakannya bimtek ini ialah sebagai upaya meningkatkan akuntabilitas kinerja 38 satker KPU di daerah.

Rozaq menambahkan jika adanya bimtek merupakan kebutuhan bagi KPU, mengingat pentingnya peningkatan kinerja lembaga tiap tahunnya. Ia berharap selepas bimtek seluruh satker KPU yang berada di bawah supervisinya dapat memiliki pemahaman yang sama terkait mekanisme pengisian e- LAPKIN.

“Bimtek e- LAPKIN ini sangat penting untuk diselenggarakan dengan maksud penyamaan persepsi dalam mengisi e- LAPKIN KPU dan sekretariat KPU kabupaten/kota se-Jawa Timur. Sedangakan tata cara pengisian aplikasi e-Lapkin akan dibimbing langsung oleh Biro Perencanaan KPU RI bagian e-Monev,” terangnya.

Selaras dengan Rozaq, Sekretaris KPU Jatim (Muhammad Eberta Kawima) menegaskan bahwa SAKIP (salah satu bagian pelaporan e-LAPKIN) sejatinya bukan bersifat rutinitas laporan, melainkan juga gambaran prestasi sebuah satker. Oleh karena itu, lanjutnya, tiap satker KPU harus memperhatikan kualitasnya. “e-LAPKIN bisa diibaratkan sebuah rapor bagi kementerian atau lembaga,” tegasnya. (ats/pdp)

20 Des

PENDIRIAN RPP NASIONAL ADALAH KEBANGGAAN BAGI KOTA BATU

Batu, kpu-kotabatu.go.id (20 Desember 2019) – Selangkah lagi Kota Batu akan memiliki Rumah Pintar Pemilu (RPP) tingkat nasional. Sesuai rencana, wahana pendidikan demokrasi dan pemilu ini akan diresmikan pada bulan Januari tahun 2020. Keberadaan RPP tersebut tentu akan menjadi kebanggaan bagi Kota Batu. Hal ini disampaikan oleh Komisioner KPU Jatim Divisi Parmas dan Sosdiklih (Gogot Cahyo Baskoro) dalam kunjungan ke kantor KPU Kota Batu, Kamis (19/12/2019).

Gogot menerangkan jika Kota Batu telah dikenal masyarakat luas sebagai destinasi utama tujuan wisata. Oleh karena itu, lanjutnya, keberadaan RPP yang berlokasi di kompleks wisata Jatim Park 1 sangat tepat dan berpotensi menambah daya tarik Kota Batu.

Sejalan dengan maksud tersebut Gogot berpesan agar KPU Kota Batu sebagai pelaksana pendirian RPP Nasional tersebut harus benar-benar memperhatikan kualitas. Kualitas tersebut, sebutnya, meliputi desain bangunan dan tata ruang, konten, serta peralatan pendukung lainnya.

“Karena berlokasi di wahana wisata maka pendirian RPP ini juga harus berkualitas (karena akan dilihat dan dikunjungi banyak orang). Anggaran yang ada harus benar-benar untuk menyediakan bangunan dan peralatan yang bagus. Desain ruangan menarik, audio visual harus berkualitas, konten-kontennya juga harus disiapkan,” harapnya.

Terakhir, Gogot mengungkapkan bahwa keberhasilan dalam pendirian RPP tingkat nasional ini juga akan menjadi peninggalan (legacy) berharga bagi kepemimpinan KPU Kota Batu saat ini. Ke depan, sebutnya, para generasi penerus dan masyarakat Kota Batu bisa merasakan manfaat adanya RPP dalam mendidik dan mencerdaskan masyarakat dalam kehidupan politik. (ats/pdp)

17 Des

KPU JATIM : TAHAPAN PENCALONAN KRUSIAL, HARUS HATI-HATI

Sidoarjo, kpu-kotabatu.go.id (17 Desember 2019) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Tata Cara Pencalonan Pemilihan 2020 dengan mengundang 38 KPU kabupaten/kota se-Jawa Timur, Senin-Selasa (16-17/12/2019) di Fave Hotel Sidoarjo. Dalam bimtek yang dihadiri anggota KPU Divisi Teknis, Divisi Hukum dan Kasubbag Teknis tersebut Ketua KPU Jatim (Choirul Anam) menegaskan pentingnya sikap kehati-hatian KPU daerah dalam menjalankan tahapan pencalonan.

Anam memberikan alasan bahwa sikap tersebut perlu, mengingat pencalonan bersifat krusial. Bahkan, lanjutnya, bobot tahapan pencalonan grade-nya hampir sebanding tahapan Tungsura dan menjadi salah satu objek pelaporan oleh peserta Pemilu atau Pilkada.

“Tahapan pencalonan pada pemilihan merupakan salah satu tahapan yang sangat krusial, satu strip di bawah tahapan Tungsura karena 30 persen lebih laporan kepada DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu) biasanya lekat hubungannya dengan tahapan pencalonan ini,” terangnya.

Berdasar urgensi tersebut Anam menekankan jika setiap SDM di dalam KPU, baik komisioner maupun sekretariat perlu memahami alur dan tata cara pencalonan dengan baik. Selain itu, sebutnya, seluruh komponen KPU juga harus saling bekerja sama, tidak membebankan kepada salah satu bagian atau divisi.

“Butuh ekstra kehati-hatian dalam melaksanakan tahapan pencalonan ini. Jangan hanya dipasrahkan kepada sekretariat saja dalam pelaksanaannya. Namun, peran serta dan pendampingan komisioner sangat dibutuhkan dalam tahapan ini,” tegasnya.

Perwakilan KPU Kota Batu yang hadir dalam kegiatan bimtek ini ialah komisioner Divisi Teknis (Erfanudin) dan Divisi Hukum (Thomy Rusy Diantoro) serta Kasubbag Teknis (Ariansyah Mustafa). Adapun tahapan pencalonan ini merupakan leading sector bagi Divisi Hukum dan Teknis KPU, sehingga keduanya harus menguasai regulasi dan potensi masalah yang ada. (ats/pdp)