07 Apr

KPU JATIM KOORDINASIKAN PEMBENTUKAN BAKOHUMAS DI TINGKAT KABUPATEN/ KOTA

Surabaya, kpu-kotabatu.go.id (07 April 2021) – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) melakukan koordinasi pembentukan Bakohumas (Badan Koordinasi Kehumasan) di tingkatan Kabupaten/ Kota hari ini (Rabu, 7/4). Koordinasi bertempat di aula lantai II kantor KPU Jatim, jalan Raya Tenggilis Nomor 1-3 Surabaya.

Divisi Sosdiklih dan Parmas KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro menyampaikan kegiatan ini penting diadakan mengingat untuk melakukan percepatan pembentukan Bakohumas pada tingkat KPU Kabupaten/ Kota.

“Usai koordinasi di tingkat provinsi hari ini, Kawan-kawan segera membentuk Bakohumas di internal satker, lalu melakukan sosialisasi dengan eksternal dalam hal ini lembaga/ instansi pemerintah terkait, NGO/ Ormas, LO Parpol, Sekretariat DPRD Kabupaten/ Kota, media dan sebagainya. Setelah sosialisi harapannya menghasilkan MoU atau whatsapp grup yang digunakan untuk koordinasi Bakohumas selanjutnya,” ujar Gogot (7/4/2021).

Selanjutnya, menurut Gogot, ketika Bakohumas di kabupaten/ kota sudah terbentuk memiliki tugas melakukan koordinasi antara KPU, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/ Kota terkait informasi antara satuan kerja, melakukan koordinasi dan kerjasama dengan Bakohumas pada instansi atau lembaga pemerintah, Merencanakan dan melaksanakan kegiatan kehumasan, melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan kehumasan pada Ketua KPU, serta menghimpun; mengelola; dan menyalurkan data atau informasi kehumasan yang diperlukan.

Sementara itu, Koordinator HTH KPU Jatim, Yulyani Dewi mengimbuhkan bahwa Rakor  Bakohumas ini sekaligus sebagai tindaklanjut dari Surat Keputusan KPU RI Nomor 172/HM.02-Kpt/06/KPU/III/2021 tentang Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas). “Serta Surat Dinas KPU RI Nomor 244 /HM.02-SD/06/KPU/III/2021 tanggal 22 Maret 2021 tentang Pembentukan Bakohumas,” pungkasnya.

(AACS)

07 Apr

SALAH SATU ASN SEKRETARIAT KPU KOTA BATU DILANTIK MENJADI FUNGSIONAL PRANATA KEUANGAN APBN

Surabaya, kpu-kotabatu.go.id (07 April 2021) – Salah satu ASN Sekretariat KPU Kota Batu, Dimas Brahmadi Yuli Satria, bersama 21 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Sekretariat KPU Provinsi dan Kabupaten/ Kota di Jawa Timur dilantik menjadi Fungsional Analis Pengelola Keuangan APBN, Pranata Keuangan APBN dan Arsiparis hari ini (Selasa, 6/4). Para terlantik mengikuti pelantikan dan sumpah janji secara daring dari aula lantai II kantor KPU Provinsi Jawa Timur, jalan Raya Tenggilis Nomor 1-3 Surabaya. Pelantikan yang dilaksanakan secara daring dan luring ini, bersamaan dengan 178 orang ASN dari KPU, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/ Kota se-Indonesia.

Deputi Bidang Administrasi Sekretariat KPU RI, Purwoto Ruslan Hidayat dalam sambutannya menyampaikan bahwa Jabatan Fungsional merupakan bagian dari komitmen KPU dalam mendukung semangat reformasi birokrasi melalui penyederhanaan Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK).

“Sekretariat Jenderal KPU akan terus berkomitmen mendukung pelaksanaan agenda reformasi birokrasi yang sedang diimplementasikan oleh Pemerintah. Salah satu wujud komitmen ini yakni melalui pengangkatan Jabatan Fungsional ASN di lingkungan Sekretariat Jenderal KPU,” ujarnya.

Lebih lanjut Deputi Bidang Administrasi ini mengingatkan kepada para terlantik agar selalu meningkatkan kapasitas serta kemampuan kerja berdasarkan Jabatan Fungsionalnya.

“Saya berharap Bapak/Ibu yang telah dilantik menjadi Pejabat Fungsional nantinya terus meningkatkan kapasitas dan kemampuan kerjanya sesuai dengan Jabatan Fungsionalnya masing-masing. Selan itu etika profesi dan nilai-nilai ASN tetap dijunjung tinggi,” tegas Purwoto mengakhiri sambutannya. (pdp)

19 Mar

SEKRETARIS KPU KOTA BATU IKUTI RAKOR PERTANGGUNGJAWABAN APBN TAHUN ANGGARAN 2021 DAN HIBAH PEMILIHAN SERENTAK TAHUN 2020

Batu, kpu-kotabatu.go.id (19 Maret 2021) – Sekretaris KPU Kota Batu, Thomas Maydo mengikuti Rakor pertanggungjawaban APBN Tahun Anggaran 2021 dan Hibah Pemilihan Serentak Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Jawa Timur pada hari Kamis (18/03) bertempat di KPU Kabupaten Magetan dengan mengundang 39 Sekretaris KPU Kab/Kota se-Jawa Timur. Adapun maksud dan tujuan diadakannya Rakor tersebut guna mendukung tertib administrasi pengelolaan dan pertanggungjawaban tahun anggaran 2021, Hibah Pemilihan Serentak 2020 dan juga untuk program penguatan kelembagaan SDM di jajaran sekretariat KPU kab/kota se-Jatim.

Sebagai tindak lanjut hasil Rapim dengan Biro SDM KPU RI, Sekretaris KPU Provinsi Jatim, Nanik Karsini ingin menggali informasi terkait pengelolaan keuangan hibah pemilihan serentak 2020 untuk 19 kab/kota dan juga menggali informasi terkait kondisi SDM kepegawaian di satkernya dan permasalahan yang ada. Harapannya rakor ini bisa menjadi media dan solusi agar SPJ administrasi pengelolaan keuangan Hibah Pemilihan Serentak 2020 dan pengelolaan SDM yang dilakukan satker KPU kab/kota terlaksana dengan baik dan lancar. Kemudian terkait program penguatan kelembagaan SDM, KPU Jatim ingin mengcross check terkait permintaan dari Biro SDM sudah dicukupi atau belum serta informasi SDM sekretariat, meliputi kekosongan jabatan, alih status, mutasi, pensiun, pengajuan penyesuaian gelar, pembinaan SDM dan permasalahan lain yang ada.

Nanik Karsini dalam arahannya berkomitmen bahwa KPU Jatim akan melakukan upaya peningkatan pelayanan administrasi kepegawaian yang semakin baik dan tentunya harus mendapat dukungan yang optimal satker kab/kota. Saat ini di satker KPU Kab/Kota, masih ada kekosongan 5 posisi jabatan sekretaris dan 15 jabatan kasubag/jabatan fungsional yang kosong. “KPU Jatim akan segera melaporkan ke KPU RI agar segera dilakukan proses seleksi untuk pengisian jabatan kosong ini” ungkap Nanik.

Sekretaris KPU Jatim berharap agar Sekretaris Kab/Kota selaku pembina kepegawaian untuk melakukan pembinaan pegawai secara berkala dalam rangka peningkatan disiplin dan peningkatan kinerja. (pdp)

22 Feb

FOLLOW UP KINERJA DIVISI DALAM PLENO RUTIN

Batu, kpu-kotabatu.go.id (22 Februari 2021) – Setiap hari Senin, KPU Kota Batu melaksanakan Rapat Pleno Rutin secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan di Aula Kantor KPU Kota Batu, Jl. Sultan Agung Nomor 16, Sisir, Kota Batu. Rapat pleno rutin tersebut dihadiri oleh Ketua dan Anggota KPU Kota Batu. Acara dibuka sekitar pukul 10.00 WIB oleh Ketua KPU Kota Batu, Mardiono dan dilanjutkan dengan follow up hasil rapat rutin minggu lalu.

Masing-masing komisioner menyampaikan laporan kinerjanya hingga hari ini. Pertama, Komisioner Divisi Keuangan, Umum dan Logistik sekaligus Ketua KPU Kota Batu, Mardiono, menyampaikan laporan kegiatan yang telah dilaksanakan. Salah satunya mengenai kelengkapan sarana prasarana dan fasilitas Kantor KPU Batu yang baru. Sebegaimana diketahui, Kantor KPU Kota Batu telah pindah ke kantor yang Baru di Jl. Sultan Agung.

Kemudian Komisioner Divisi Teknis, Erfanudin menyampaikan laporan kerja, salah satunya keinginan untuk membuat Bunga Rampai. Komisioner Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM, Marlina menyampaikan lampiran kegiatannya berupa pembuasan podcast untuk konten Youtube KPU Kota Batu, dan rencana mengaktifkan website serta seluruh social media KPU Kota Batu untuk lebih memperluas informasi mengenai dunia kepemiluan kepada masyarakat. Selanjutnya, Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan, Thomy Rusy Diantoro menyampaikan laporan kegiatannya berupa update kelengkapan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) di website KPU Kota Batu. Terakhir, komisioner Divisi Data dan Informasi, Heru Joko Purwanto menyampaikan mengenai pemeliharaan data pemilih secara berkelanjutan melalui verifikasi factual terhadap NIK dan NKK Invalid. Acara rapat rutin kemudian ditutup oleh Ketua KPU. (nabila)

16 Feb

KOMISI II BERIKAN APRESIASI ATAS PELAKSANAAN PILKADA 2020 DI JAWA TIMUR

Surabaya, kpu-kotabatu.go.id (15 Februari 2021) – Komisi II DPR RI memberikan apresiasi atas suksesnya penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020 di Jawa Timur. Apresiasi ini disampaikan pada kunjungan kerja reses persidangan III tahun 2020-2021, di kantor Gubernur Jawa Timur, jalan Pahlawan Nomor 110 Surabaya (Senin, 15/2).

Mengawali acara, Anggota Komisi II, Djarot Saiful Hidayat menyampaikan terima kasih atas kerja keras KPU, Bawaslu, Pemprov, TNI/ Polri serta stakeholder lainnya di Jawa Timur dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020.

“Komisi II menyampaikan apresiasi kepada KPU dan seluruh stakeholder terkait yang telah melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah secara administratif prosedural, dan berjalan lancar serta sukses,” kata Djarot  (15/2/2021).

Pada kesempatan ini, menurut Djarot, Komisi II akan meminta laporan mengenai penyelenggaraan serta kendala dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020 di Jawa Timur kepada KPU Jatim dan Bawaslu Jatim.

“Apa saja kendala yang dihadapi selama Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020 silahkan disampaikan. Ini bisa menjadi bahan masukan bagi Kami di Komisi II DPR RI,” ujarnya.

Berikutnya, Ketua KPU Jatim, Choirul Anam dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah di Jawa Timur relatif berjalan dengan lancar, aman dan kondusif.

“Baik secara teknis penyelenggaraan maupun penerapan protokol kesehatan. Pemilihan Kepala Daerah di Jawa Timur juga tidak memunculkan cluster penyebaran Covid-19,” terang Anam saat menyampaikan laporan.

Lebih lanjut, Ketua KPU Jatim ini menerangkan pula jika dalam proses pengadaan dan distribusi logistik pada Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020 di Jawa Timur berjalan tanpa hambatan, semua logistik terdistribusi sesuai dengan jadwal dan tahapan termasuk di daerah kepulauan.

Sedangkan untuk angka partisipasi masyarakat di Jawa Timur cukup tinggi, yakni sebesar 71,13%. Atau ada kenaikan sebesar 7,18% bila dibandingkan dengan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2015, yang tingkat partisipasi masyarakatnya sebesar 63.95%,” paparnya.

Turut hadir dalam kunjungan kerja Komisi II DPR RI ini diantaranya Kapusdatin Setjen KPU RI, Sumariyandono, Sekretaris Daerah Pemrov Jatim, Kepala Kepegawaian Daerah Jatim, Bawaslu Jatim dan Ketua dari 19 KPU Kabupaten/ Kota di Jawa Timur.

(AACS)

16 Feb

RESMI, MK TOLAK PERMOHONAN PHP DI 3 KABUPATEN/ KOTA

Surabaya, kpu-kotabatu.go.id (17 Februari 2021) – Permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) terhadap tiga (3) KPU Kabupaten/ Kota di Jawa Timur, resmi ditolak oleh Mahkamah Konstitusi (MK). Demikian diungkapkan Divisi Hukum dan Pengawasan Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim), Muhammad Arbayanto hari ini, Rabu (17/2).

Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Jatim ini mengungkapkan ada tiga KPU Kabupaten/ Kota yang digugat ke MK, yakni Kota Surabaya, Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Lamongan.

“Syukur alhamdulillah, hari ini Kita mendapatkan kepastian bahwa permohonan PHP terhadap tiga KPU Kabupaten/ Kota ini ditolak oleh MK. Dari awal KPU sudah berusaha secara profesional, terbuka, melayani dan tepat prosedur dalam melaksanakan rangkaian tahapan Pemilihan Serentak Tahun 2020. Dan hasilnya alhamdulillah dapat terlihat dari tiga permohonan PHP yang diajukan ke MK, semuanya ditolak,” terang Arba penuh syukur (17/2/2021).

Arba melanjutkan, “Dalam hal kecermatan dan kehati-hatian pada penyelenggaraan Pemilihan Serentak 2020, KPU tidak bekerja sendirian. Ada partner pengawasan dari Bawaslu yang juga tidak kenal lelah dalam mengingatkan dan turut mengawal kinerja KPU sejak dari bawah. Sehingga, Putusan MK ini tidak terlalu mengejutkan bagi KPU dan Bawaslu yang sudah merasa apa yang dikerjakannya benar dan tepat”.

Keberhasilan dalam penyelenggaraan Pemilihan Serentak Tahun 2020 ini, sebagaimana diungkapkan Komisioner KPU Jatim ini, tentu atas peran semua pihak.

“KPU juga mengapresiasi terhadap seluruh komponen, terutama seluruh peserta yang selalu mengedepankan prinsip kepastian hukum dalam menyelesaikan setiap persoalan dan dinamika politik pada tahapan Pemilihan. Demikian pula dalam sengketa PHP ini yang menunjukkan iktikad baik dari para pihak, yang menyelesaikan ketidakpuasan proses dengan cara yang positif, yakni dengan melalui jalur hukum. Ini pendidikan politik yang baik bagi rakyat,” tegasnya.

Mengakhiri wawancara, Arba menerangkan bahwa dalam Pemilihan ini yang menang adalah rakyat, terkhusus bagi pihak Pemohon. “Kami yakin niatan utama untuk maju mencalonkan diri pada dasarnya adalah untuk memberikan kontribusi kesejahteraan bagi rakyat. Begitu luas ruang bagi negara untuk memberikan kesempatan mensejahterakan rakyat selain dengan menjadi Kepala Daerah. Karena itu Kami menyampaikan apresiasi luar biasa bagi Pemohon yang begitu luar biasa kontribusinya dalam membangun demokrasi Kita. Bagi pihak Terkait tentu Kami ucapkan selamat, semoga amanah rakyat untuk memimpin daerah dapat dijaga dengan baik,” pungkas Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Jatim.

(AACS)

05 Feb

TINGKATKAN KUALITAS LAYANAN INFORMASI PUBLIK, KPU JATIM KOORDINASI DENGAN KI JATIM

Sidoarjo, kpu-kotabatu.go.id (05 Februari 2021) – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) melakukan koordinasi dengan Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur (KI Jatim) hari ini (Jum’at, 5/2). Koordinasi dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas layanan informasi publik di lingkungan KPU Provinsi dan Kabupaten/ Kota di Jawa Timur.

Dalam koordinasi ini hadir Komisioner KI Jatim, Herma Retno Prabayanti, Sub Koordinator Teknis dan Hupmas KPU Jatim, Eddy Prayitno serta operator e-PPID KPU Jatim, Alrisa Ayu.

Komisioner KI Jatim, Herma Retno Prabayanti pada kesempatan ini memberikan apresiasi kepada KPU se-Jawa Timur yang telah tertib administrasi menyampaikan laporan layanan informasi publik tahun 2020 ke KI Jatim.

“Sebagaimana PERKI Nomor 1 Tahun 2010 pasal 36 ayat (1), laporan layanan informasi publik ini paling lambat disampaikan tiga bulan setelah tahun pelaksanaan anggaran berakhir, namun di bulan kedua ini sebagian besar KPU Kabupaten/ Kota sudah menyampaikan laporan ke KI Jatim,” ungkap Herma (5/2/2021).

Berikutnya, Komisioner KI Jatim ini juga memberikan masukan kepada KPU Jatim agar terus meningkatkan kualitas pelayanan informasi publik di lingkungan KPU Provinsi maupun Kabupaten/ Kota.

“Di akhir 2020 kemarin, KI Jatim melakukan monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik di KPU Kabupaten/ Kota yang menyelenggarakan Pemilihan Serentak Tahun 2020. Kami menemukan di beberapa kabupaten/ kota ada yang pelayanannya masih kurang, ada juga di kabupaten/ kota tersebut tidak semua sumber daya manusianya mengetahui PPID. Baru satu atau dua orang yang memahaminya. Jadi besar harapan Kami, ini akan diperbaiki,” katanya.

Menanggapi yang disampaikan Herma, Subkoordinator Teknis dan Hupmas KPU Jatim, Eddy Prayitno menyampaikan bahwa akan terus melakukan koordinasi, pendampingan dan memberikan pemahaman pada kabupaten/ kota di Jawa Timur terkait PPID dan layanan informasi publik.

“Di KPU Jatim sendiri akan terus berkomitmen memberikan layanan informasi publik secepat dan seakurat mungkin kepada pemohon. Saat ini pada website e-PPID KPU Provinsi dan Kabupaten/ Kota juga dilengkapi fitur whatsapp, sehingga pemohon informasi publik bisa dengan cepat melakukan komunikasi dengan PPID,” tutur Eddy.

Koordinasi ini pun berjalan sekitar satu jam. Berlangsung dari pukul 09.30 sampai 10.30 WIB.

(AACS)