01 Feb

TINGKATKAN PARTISIPASI PEMILIH, KPU KOTA BATU GIATKAN PELAYANAN FORMULIR A5

Beji, kpu-kotabatu.go.id (31-Januari-2019) – Komisi Pemilihan Umun (KPU) Kota Batu terus melakukan peningkatan pelayanan jelang Pemilu Serentak yang akan diselenggarakan 17 April 2019 mendatang. Salah satu hal yang dilakukan ialah memfasilitasi pindah tempat memilih bagi siswa-siswi Sekolah Al Kitab yang berada di Desa Beji, Kota Batu (31/01). Langkah ini ialah cara agar para siswa di sekolah tersebut dapat memperoleh formulir A5 sebagai syarat tetap bisa menggunakan hak pilihnya.

Koordinasi Pengurusan A5 di Sekolah Al Kitab (Samsul Arifin/KPU Kota Batu)

Staf Subbag Program dan Data  KPU Kota Batu (Samsul Arifin) mengatakan bahwa giat fasilitasi tersebut bermaksud agar orang-orang yang berasal dari luar Kota Batu tetap bisa memilih pada pesta demokrasi tahun 2019 ini. Alasan dipilihnya Sekolah Al Kitab ialah karena mayoritas siswanya berasal dari luar daerah. “Jumlah siswa di Sekolah Al Kitab ada 319 orang. Sebagian besar mereka dari luar Kota Batu, bahkan luar Pulau Jawa. Misalnya, ada yang dari Sulawesi, Lombok, NTT, dan lain lain,” tutur Samsul mengawali.

Samsul menjelaskan jika ada beberapa tahapan yang dilakukan oleh KPU Kota Batu dalam proses pindah tempat memilih di SMA Al Kitab. Pertama, mendata  secara kolektif semua nama siswa yang mempunyai hak pilih. Kedua, melakukan verifikasi nama-nama tersebut dengan data di masing-masing asal daerah secara online. “Jika dua tahapan awal sudah selesai, maka kita kembali datang ke Sekolah Al Kitab untuk membagikan formulir A5. Syaratnya, siswa yang bersangkutan menunjukkan KTP, ” imbuhnya.

Perlu diketahui, pengurusan formulir A5 sangat dianjurkan oleh KPU Kota Batu, terutama bagi pendatang yang saat ini berdomisili di Kota Batu, baik dalam rangka bekerja, belajar, maupun urusan lainnya. Kepemilikan formulir A5 tersebut akan memudahkan pendatang untuk menyoblos di TPS-TPS yang tersebar di seluruh wilayah Kota Batu. Hal ini juga diharapkan dapat meningkatkan partisipasi pemilih dalam penyelenggaraan pemilu tahun 2019 ini. (ats)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 − 5 =