13 Des

TINGKATKAN KUALITAS KEHUMASAN, KPU JATIM GELAR BIMTEK

Mojokerto, kpu-kotabatu.go.id (12 Desember 2019) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kehumasan bersama ketua dan anggota divisi SDM, Parmas, dan Sosdiklih KPU kabupaten/kota se-Jawa Timur, Selasa-Kamis (10-12/12/2019) di Hotel Ayola Sunrise, Mojokerto. Adanya bimtek ini dimaksudkan agar KPU di daerah dapat melaksanakan fungsi kehumasan dengan baik.

Ketua KPU Jatim (Choirul Anam) dalam sambutannya menerangkan bahwa bimtek ini sangat penting guna memberikan pemahaman kepada peserta tentang teknik-teknik kehumasan. Lebih spesifik ia menyebut jika fungsi humas sebagai representasi komunikasi publik KPU secara kultural dijalankan oleh ketua bersama komisioner divisi SDM dan Parmas secara bergantian.

“Di KPU tidak ada orang yang secara khusus direkrut menjadi humas, sehingga mengandalkan divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM yang lebih banyak berkomunikasi dengan stakeholder di luar KPU. Selain divisi tersebut, saat ini yang sering dicari oleh publik yakni ketua. Karena apapun kalau pernyataannya ketua dianggap memiliki nilai lebih di publik,” jelasnya.

Sementara itu Anam memberi contoh bagaimana peran tersebut dilakukan di lembaga yang ia pimpin. Di KPU Jatim, katanya, selain ketua dan divisi SDM dan Parmas, fungsi kehumasan juga didelegasikan ke masing-masing divisi, sesuai kebutuhan dan urusan tugas. Menurutnya hal ini guna efektivitas komunikasi kepada media maupun masyarakat luas.

Materi bimtek sendiri terdiri atas tiga materi pokok, yakni Peran Kehumasan dalam Membangun Citra Positif Lembaga, Produksi Audio Visual via Gadget untuk Kepentingan Sosialisasi dan Kehumasan, dan Membangun Komunikasi dengan Media. Adapun dalam kesempatan ini KPU Kota Batu diwakili oleh Mardiono selaku ketua KPU dan Marlina, komisioner divisi SDM, Parmas, dan Sosdilih. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 − = 13