16 Des

TIDAK ADA AGENDA PILKADA, KPU KOTA BATU FOKUS KREASIKAN PROGRAM SOSDIKLIH

Batu, kpu-kotabatu.go.id (16 Desember 2019) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu akan berfokus mengkreasikan program Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih (Sosdiklih) pada tahun 2020. Hal ini sebagai langkah kreatif KPU karena pada tahun depan Kota Batu tidak memiliki agenda Pilkada. Arahan tersebut disampaikan oleh Ketua KPU Kota Batu (Mardiono) dalam kegiatan apel pagi rutin, Senin (16/12/2019).

Mardiono menuturkan tidak adanya agenda Pilkada bukan menjadikan KPU berhenti melakukan tugas kepemiluan. Sebagai stakeholder pemilu, lanjutnya, KPU harus terus melakukan kerja-kerja pencerdasan demokrasi kepada masyarakat dengan cara kreatif dan inovatif.

“Kita bisa mencontoh apa yang dilakukan oleh KPU Kota Prabumulih yang (beberapa) waktu lalu berkunjung. Mereka bekerja sama dengan pemkot mengadakan workshop kepemiluan. Nah, ini bisa kita contoh sebagai langkah mengkreasikan program pendidikan pemilih. Intinya kita harus mengkreasikan program-program KPU agar semakin produktif,” jelasnya.

Masih tentang program Sosdiklih, Mardiono mengungkapkan jika di beberapa sudut halaman KPU Kota Batu telah terpasang neon box yang berisi informasi presiden dan wakil presiden Indonesia dari masa ke masa, serta walikota dan wakil walikota Batu, sejak era kepemimpinan Imam Kabul hingga Dewanti Rumpoko. Keberadaan neon box ini, sebutnya, bisa dimanfaatkan untuk pendidikan demokrasi kepada masyarakat.

Terakhir, Mardiono menegaskan jika ketersediaan waktu yang ada harus digunakan untuk meningkatkan kapasitas lembaga dan SDM di internal KPU Kota Batu. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 6 = 1