05 Des

TANGGAPI DUA ISU STRATEGIS PEMILU, KPU RI BERSIKAP TEGAS

Pasuruan, kpu-kotabatu.go.id (4 Desember 2019) – Akhir-akhir ini konstelasi politik nasional berjalan cukup dinamis. Setidaknya terdapat 3 (tiga) isu yang berkaitan dengan tugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara Pemilu. Ketiga isu tersebut ialah tentang pemilu langsung dan tidak langsung, Pemilu Serentak 2024, dan periodesasi masa jabatan presiden dan wakil presiden. Merespons 2 isu pertama tersebut, KPU RI memilih bersikap tegas.

Ketua KPU RI (Arief Budiman) menceritakan bahwa ia sempat diberi pertanyaan tentang sikapnya dalam menanggapi isu pemilihan langsung atau tidak langsung. Sebagai representasi kepemimpinan KPU seluruh Indonesia, Arief menerangkan dirinya harus bersikap tegas. Menurutnya, sikap partai politik terhadap persoalan itu pasti terbagi menjadi dua, oleh karenanya KPU tidak boleh ikut terseret arus pro dan kontra.

“Saya dikasih pilihan, mau langsung atau tidak langsung? Ya, saya jawab, mau langsung atau tidak langsung, KPU siap. Saya tidak ingin masuk dalam perdebatan karena pasti partai politik terbelah menjadi dua kutub, ada yang mau langsung dan tidak langsung. Jika KPU memposisikan dirinya pada pilihan langsung atau tidak langsung, maka KPU akan dilihat sebagai bagian dari salah satu kutub,” tegasnya.

Isu strategis yang kedua, sebut Arief, ialah tentang pelaksanaan Pemilu Serentak 2024. Arief menuturkan bahwa perdebatan persoalan itu ialah apakah Pemilu 2024 tetap diselenggarakan secara serentak atau tidak. Merespons isu ini, sekali lagi Arief menegaskan bahwa lembaganya tidak ingin terjebak dalam perdebatan panjang. Menurutnya, dalam format apapun pemilu diselenggarakan, KPU siap bekerja dengan maksimal.

“Mau diselenggarakan apapun KPU sudah teruji, siap dan bisa melaksanakan pemilu. Langsung maupun tidak langsung. Yang ada dalam kepala kami (KPU) ialah bagaimana pemilu itu bisa berjalan luber dan jurdil,” tandasnya. Kehadiran Arief Budiman dalam kegiatan Rapim KPU Provinsi Jawa Timur ini, selain kapasitasnya sebagai Ketua KPU RI, juga untuk memberikan arahan langsung terkait pelaksanaan Rapim. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 − 8 =