26 Mar

TAMPIL DI ATV, KPU KOTA BATU SHARING KESIAPAN PEMILU 2019

Oro – Oro Ombo, kpu-kotabatu.go.id (26 Maret 2019) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu diundang ATV Batu untuk jadi narasumber dalam acara Menuju Kontestasi Pemilu 2019, Senin (25/03/2019). Komisioner Divisi SDM dan Parmas (Heru Joko Purwanto) hadir untuk berbagi informasi tentang kesiapan KPU Kota Batu dalam menyambut Pemilu 2019 yang (ketika berita ini terbit) kurang 21 hari lagi.

Pada dialog sesi pertama Heru bercerita tentang pelaksanaan kampanye rapat umum dan iklan media yang sudah boleh dilakukan oleh peserta pemilu sejak Minggu (24/03/2019). Ia menjelaskan jika KPU memberikan arahan agar tiap peserta pemilu patuh pada aturan kampanye yang telah tertuang di dalam Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017. “Peserta pemilu harus mengikuti aturan KPU sesuai undang-undang. Perhatikan jadwal dan konten, jangan sampai melecehkan simbol negara,” paparnya.

Heru juga menjelaskan tentang kerja keras KPU Kota Batu dalam menyiapkan logistik Pemilu 2019. Menurutnya hingga saat ini proses penyiapan logistik telah dilakukan secara maksimal, mulai pelipatan surat suara, setting kotak suara, hingga proses packing. Semua logistik akan didistribusikan ke tiap TPS pada H-1 pelaksanaan Pemilu 2019.

Selain Heru, juga hadir Relawan Demokrasi (Relasi) Kota Batu (Leady Kholifatur Rohmah) untuk bercerita tentang progress sosialisasi oleh Relasi Kota Batu yang berjumlah 55 orang dan dibagi tugas ke dalam 10 segmen prioritas. Ia menuturkan jika masyarakat merespon positif adanya kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh para relawan. “Kita nggak bisa menghitung secara pasti berapa persen antusiasme masyarakat, tetapi mereka menunjukkan sikap yang positif. Misalnya, ketika sosialisasi ibu-ibu aktif bertanya. Pemuda juga sudah terlihat tidak apatis terhadap politik,” tuturnya.

Pada sesi terakhir dialog Heru memghimbau kepada masyarakat agar tidak mudah percaya dan menyebarkan berita hoaks, terutama berkaitan dengan Pemilu 2019. Adanya sikap selektif dan hati-hati akan membantu mewujudkan partisipasi yang baik dan pemilu yang berkualitas. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

78 + = 82