25 Apr

SOSIALISASI LHP BPK ATAS PENGGUNAAN BANTUAN PARTAI POLITIK (BANPOL)

Batu, kpu-kotabatu.go.id (25 April 2022) – KPU Kota Batu menghadiri Sosialisasi Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaannya BPK terhadap Bantuan Keuangan Partai Politik Tahun Anggaran 2021 yang dilaksanakan oleh Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Batu, Kamis (21 April).

Dalam acara tersebut, disimpulkan bahwa temuan BPK telah memenuhi standar penggunaan bantuan keuangan bagi partai politik untuk pendidikan politik bagi masyarakat sebesar 60% dan operasional partai politik sebesar 40%.

Bantuan partai politik ini dicairkan sebagaimana SK Gubernur Provinsi Jawa Timur tentang dasar pelaksanaan penggunaan bantuan keuangan partai politik bagi partai politik tingkat DPRD Kabupaten/Kota yang memiliki kursi di DPRD Kabupaten/Kota.

Turut hadir dalam penyerahan laporan hasil pemeriksaan BPK yaitu pimpinan ataupun pengurus dari partai yang memiliki kursi hasil pemilu 2019 2024 yaitu PDIP, PKB,Partai Gerindra, Partai Golkar, PKS,Partai Demokrat dan Partai Nasdem, dan PAN.

Menurut catatan Kepala Kantor Kesbangpol Kota Batu untuk KPU Kota Batu pelaksanaan daripada penggunaan bantuan keuangan partai politik atau banpol pada tahun anggaran 2021 kemarin perlu adanya perbaikan perbaikan diantaranya adalah pembentukan SK pengelola honor dan penyesuaian kembali atau perbaikan atas beberapa SPJ yang tidak sesuai yang diolah oleh partai politik yang memperoleh bantuan tersebut. (ari)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 + 5 =