30 Mei

SISTEM PENGAWASAN P3DN

Batu, kpu-kotabatu.go.id (19 Mei 2022), #TemanPemilih, KPU Kota Batu dalam rangka bangga buatan Indonesia, sebagaimana pelaksanaan ketentuan Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 tentang perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadan Barang dan Jasa Pemerintah.
Pelaksanaan program P3DN tahun 2022 merupakan arahan dari Presiden Joko Widodo dalam upaya mendongkrak belanja produk dalam negeri dan produk UMKM serta bentuk pengawasan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri atau P3DN. Hal tersebut penting dilakukan untuk memastikan efektivitas dan akuntabilitas pelaksanaan P3DN dalam rangka Bangga Buatan Indonesia (BBI).
Hadir KPU RI, KPU Provinsi dan KPU Kab/Kota Se Indonesia dalam pertemuan daring via zoom meeting yang di fasilitasi oleh KPU RI Biro Logistik sebagaiamana surat Sekretaris Jenderal Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 602/PP.08.2-Und/06/2022 perihal Undangan Rapat, pada pukul 13.30 WIB Senin, 30 Mei 2022
Apa tujuan yang diinginkan dalam penerapan Aplikasi Pengawasan P3DN. Tujuan pengawasan dalam P3DN di antaranya, memastikan desain kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Pemerintah dalam mendukung penggunaan produk dalam negeri. Selanjutnya, memastikan kementerian/lembaga/daerah telah menjadikan prioritas penggunaan produk dalam negeri dalam perencanaan dan pelaksanaan PBJ. Kemudian, memastikan prosedur sertifikasi dapat dilaksanakan secara masif cepat, efisien, dan sesuai aturan.
“Yang tidak kalah penting pengawasan yang dilakukan BPKP dapat mendeteksi tindak kecurangan dalam implementasi P3DN,” ujarnya Narasumber Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Fendhica Nicholan dalam rapat virtual dengan unit kerja KPU Kab/Kota Se Indonesia. (ari)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

74 − = 67