08 Okt

SHARING DI ATV, KPU KOTA BATU UNGKAP GIAT PENDIDIKAN PEMILIH PASCA PEMILU

Batu, kpu-kotabatu.go.id (8 Oktober 2019) – Komisioner Divisi SDM, Parmas dan Sosdiklih KPU Kota Batu (Marlina) hadir dalam program Dialog Interaktif yang diselenggarakan oleh ATV, Senin (7/10/2019). Pada acara yang rutin tayang tiap Senin sore tersebut Marlina berbagi banyak cerita tentang aktifitas KPU dalam melakukan Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih (Sosdiklih) Pasca pemilu 2019.

Marlina mengungkapkan bahwa dalam Pilkada 2020 Kota Batu tidak terjadwal untuk melangsungkan Pemilihan Walikota. Namun, menurutnya hal tersebut tidak menjadikan KPU Kota Batu berhenti melaksanakan tugas kepemiluan, salah satunya ialah kegiatan Sosdiklih kepada masyarakat. “Walaupun tidak terkena momen Pilkada Serentak, sebagai satu kerja penyelenggara pemilu kita harus tetap menjaga eksistensi dan kinerja. Hal yang kita lakukan sekarang ialah melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih kepada masyarakat,” terangnya membuka dialog.

Kegiatan Sosdiklih yang dilakukan KPU Kota Batu, lanjutnya, merupakan bagian dari upaya pendidikan demokrasi dan kepemiluan kepada masyarakat. Adapun sasaran kegiatan ini ialah semua lapisan masyarakat di Kota Batu, utamanya pemilih pemula sebagai aset demokrasi di masa depan. Intensitas pendidikan pemilih dalam sebulan terakhir, sebutnya, cukup sering. Setidaknya KPU sudah terjun di tiga tempat, yakni Pepabri, Komunitas Brantas Rescue, dan SMA Islam 1 Kota Batu.

Ke depan, lanjut Marlina, lembaganya akan terus menjalin kerja sama dan kolaborasi, utamanya dengan institusi pendidikan dalam upaya pencerdasan pemilih ini. Selain itu, ia dan jajaran komisioner serta staf KPU Kota Batu akan memanfaatkan peringatan hari-hari penting di bulan Oktober untuk menggiatkan kegiatan Sosdiklih. “Di bulan Oktober ini cukup banyak momen hari peringatan. Misalnya, Hari Parlemen Indonesia, Hari Perserikatan Bangsa-Bangsa, Hari Santri Nasional, dan Hari Sumpah Pemuda. Nah, kita akan manfaatkannya untuk sosialisasi dengan mengusung tema-tema tersebut,” tuturnya.

Ia mengungkapkan bahwa harapan besar dalam rangkian panjang kegiatan Sosdiklih yang telah dan akan dilakukan KPU Kota Batu ialah masyarakat dapat memiliki pemahaman dan wawasan yang baik tentang politik, demokrasi, dan pemilu. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

40 − = 39