31 Okt

SHARING BERSAMA PRAJA KRISTIANI, PERBAIKAN DATA PEMILIH JADI BAHASAN UTAMA

Batu, kpu-kotabatu.go.id (31 Oktober 2019) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kembali menggelar kegiatan Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih (Sosdiklih) kepada elemen masyarakat di Kota Batu. Kali ini kegiatan tersebut menggandeng Praja Kristiani Pemerintah Kota Batu, bertempat di Gereja Sinai Batu, Rabu (30/10/2019). Adapun kegiatan sosialisasi dipimpin oleh Komisioner KPU Kota Batu (Heru Joko Purwanto).

Di awal sambutan, perwakilan Praja Kristiani (Endang Triningsih) mengungkapkan bahwa pada Pemilu 2019 kemarin ia hampir kehilangan hak pilih karena alamat domisilinya terdata ganda, yakni di Kota Malang dan Kota Batu. Namun, setelah berupaya menyelesaikan persoalan tersebut ia bisa masuk DPT (Daftar Pemilih Tetap) Kota Batu. Atas kejadian yang dialaminya, ia berharap ada perbaikan data pemilih pada Pemilu atau Pilkada mendatang.

Merespons harapan tersebut Heru menjawab dengan optimistis. Secara berkesinambungan, sebutnya, KPU akan selalu bekerja sama dengan Dispendukcapil dalam rangka perbaikan data. Menurutnya, upaya itu adalah langkah yang tepat dan efektif untuk melakukan update dan sinkronisasi data pemilih.

“Tiap tiga bulan sekali kita melakukan perbaikan data. Tentu, (dinas) yang terkait dengan urusan ini adalah Dispendukcapil. Harapannya adalah terciptanya data pemilih yang mutakhir,” terangnya.

Heru melanjutkan jika salah satu solusi untuk menjawab persoalan data pemilih ialah dengan menerapkan single data. Adanya single data dimaksudkan agar hanya ada satu data valid bagi tiap penduduk sehingga tidak ada data ganda atau salah. Secara simultan hal tersebut akan memudahkan KPU dalam menetapkan DPT dalam Pemilu/Pilkada.

Setelah hampir satu jam penyampaian materi dan sharing, sekitar pukul 13.30 Wib kegiatan diakhiri. Kegiatan sosialisasi seperti diharapkan memunculkan banyak masukan dari masyarakat sekaligus memberi pemahaman tentang politik, pemilu, dan demokrasi. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 1 = 5