26 Jun

SELESAIKAN KEKURANGAN ANGGARAN REKAPITULASI SUARA, KPU UNDANG PPK Se-KOTA BATU

Tlekung, kpu-kotabatu.go.id (26 Juni 2019) – Penyelenggaraan Pemilu 2019 telah usai. Namun, ada satu hal yang harus segera diselesaikan oleh KPU Kota Batu, yakni berkaitan dengan kekurangan anggaran dalam proses Rekapitulasi Perolehan Suara Tingkat Kecamatan yang dilakukan oleh Panitia Pemilhan Kecamatan (PPK) se-Kota Batu. Oleh karena itu pada Selasa (25/06/2019) KPU Kota Batu mengundang Ketua, Sekretaris, dan Bendahara PPK guna sharing membahas penyelesaian kekurangan tersebut.

Ketua KPU Kota Batu (Mardiono) yang memimpin rapat koordinasi tersebut menerangkan jika penyelesaian masalah anggaran harus diselesaikan dengan sedetail-detailnya. Ia mengatakan bahwa anggaran KPU berhubungan dengan keuangan negara, maka harus jelas bagaimana penggunaannya, termasuk bila ada kekurangan. “Karena anggaran KPU ini merupakan uang negara, oleh karena itu harus jelas penggunaannya. Tidak boleh ada satu rupiah pun yang tidak terlaporkan,” terangnya.

Selama proses rekapitulasi perolehan suara, anggaran KPU untuk badan ad-hoc (PPK) digunakan untuk biaya sewa, pembelian ATK, biaya operasional, termasuk makan dan minum petugas. Kondisi objektif di lapangan menunjukkan bahwa besarnya kebutuhan biaya dikarenakan faktor jumlah petugas pelaksana, baik PPK dan PPS maupun pihak keamanan, serta proses rekapitulasi yang berlangsung selama 9 hari lamanya.

Sekretaris KPU Kota Batu (Thomas Maydo) dalam kesempatan tersebut menegaskan jika pihaknya akan berupaya menemukan solusi terbaik, sehingga ke depan tidak ada beban keuangan yang berlarut tidak terselesaikan, baik bagi KPU maupun PPK. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

34 − 28 =