28 Mar

RAPAT KOORDINASI & REKAPITULASI DAFTAR PEMILIH BERKELANJUTAN TRIWULAN I TAHUN 2022

Batu, kpu-kotabatu.go.id (25 Maret 2022) – KPU Kota Batu melaksanakan rapat koordinasi dan rekapitulasi daftar pemilih berkelanjutan triwulan I tahun 2022, Jumat (25/3).

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kota Batu, Mardiono menyampaikan beberapa hal krusial, terutama terkait isu penundaan pemilu yang beredar di masyarakat.

Mardiono menjelaskan bahwa KPU akan tetap bekerja sebagaimana undang-undang yang berlaku. Hukum positif yang berlaku saat ini tanggal pemungutan suara pemilu sudah ditetapkan yaitu 14 Februari 2024. Sebagaimana UU No. 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, tahapan pemilu akan dimulai paling lambat dua puluh bulan sebelum hari pemungutan suara. “Sehingga meskipun masih ada isu tentang penundaan pemilu, kami tetap bekerja. Sekitar Bulan Juni masuk tahapan pemilu. Kalau nanti ditengah jalan ada perubahan ada perubahan regulasi KPU akan menyesuaikan . Seperti hari ini kami menyiapkan data pemilih untuk pemilu 2024,” tuturnya.

Mardiono juga mengungkapkan beberapa partai politik yang baru baik yang baru sama sekali atau kemarin dua ribu sembilan belas sudah menjadi partai politik peserta pemilu. Beberapa parpol sudah mendatangi kantor KPU Kota Batu untuk mendapatkan informasi tentang verifikasi baik administrasi atau faktual. “Sejauh ini kami masih menjawab secara normatif karena belum memasuki tahapan pemilu. Yang ingin ditekankan silahkan kalau ada hal-hal yang kurang jelas, kalau sempat datang ke KPU. kami membuka layanan konsultasi.” Partai politik dan masyarakat juga bisa membuka website resmi KPU Kota Batu, “Kami disitu ada PPID yang akan memberikan data-data yang dibutuhkan oleh teman-teman,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut Mardiono mengutarakan harapannya kepada para undangan, menjelang tahapan pemilu ini apabila ada kegiatan eksternal sekiranya dapat melibatkan penyelenggara pemilu, KPU dan Bawaslu Kota Batu, “Sekiranya ada perkembangan-perkembangan, isu yang beredar kurang jelas harapannya kami penyelenggara pemilu bisa memberikan klarifikasi,” Terangnya.

Heru Joko Purwanto membacakan berita acara dalam Rapat koordinasi Pemutakhiran Daftar Pemilih yang dilaksanakan untuk pertama kali di tahun 2022.

Heru Joko Purwanto, Komisioner divisi Program dan Data menyampaikan informasi hasil rapat koordinasi di tingkat KPU RI kemarin yang diadakan di Bali, bahwa Kementerian Dalam Negeri dan KPU akan membuat MOU yang nantinya KPU dan Dispendukcapil ini akan seiring sejalan memberikan informasi, mengupdate data bersama. “Nantinya menurut kemarin hasil rapat, Dipendukcapil dari pusat sampai daerah nantinya akan memberikan data updating kepada KPU juga akan disandingkan dengan data KPU dimana yang perlu di TMS, dimasukkan akan dikolaborasikan dengan dispenduk dimasing masing tingkatan,” terangnya. Harapannya dengan keterbukaan MOU dan single data Indonesia akan memudahkan kinerja KPU kedepannya.

BA triwulan I 15/tl.02.6/3579/2022 tentang Rapat Koordinasi Daftar Pemilih berkelanjutan tahun 2022 periode triwulan pertama tahun 2022 dengan Jumlah pemilih 155.276 dengan rincian pemilih laki-laki 77.286 dan pemilih perempuan 77.990 yang tersebar se-Kota Batu.

Hadir dalam acara ini secara luring dan daring yaitu Partai politik se-Kota Batu, Bawaslu Kota Batu, Perwakilan dari Dandim 0818, perwakilan dari Polres Kota Batu,perwakilan dari Kejaksaan, Dispendukcapil Kota Batu, Dinsos Kota Batu, Kominfo Kota Batu, Bakebangpol Kota Batu, Dinas Pendidikan cabang Batu-Malang, Kepala SMA/SMK se-Kota Batu, Pepabri, Kelompok Informasi Masyarakat se-Kota Batu, Rapi, Brantas, Pemuda Ansor, Pemuda Muhammadiyah, Fatayat, FKUB, Aishiyah, Forum Pembauran Kebangsaan Kota Batu, serta ormas Kader Bela Negara.

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 + 2 =