29 Agu

PESERTA BIMTEK KEHUMASAN DIBEKALI TEKNIK PENULISAN BERITA DAN FOTOGRAFI

Sidoarjo, kpu-kotabatu.go.id (28 Agustus 2019) – Guna meningkatkan kualitas publikasi kegiatan KPU para peserta Bimtek Kehumasan yang diselenggarakan oleh KPU Jawa Timur di Fave Hotel Sidoarjo diajak belajar tentang dasar-dasar dan teknis penulisan berita dan fotografi, Rabu (28/08/2019). Pembicara untuk dua materi tersebut adalah Ihya’ Ulumudin dan Ali Masudki.

Pada kesempatan pertama, Ihya’ Ulumudin menjelaskan tentang kriteria dasar dalam penulisan berita. Menurutnya jika kriteria tersebut dapat dipenuhi maka sebuah peristiwa menjadi layak diberitakan. “Berita tersebut memiliki nilai berita (news value), memiliki efek beritanya, aktual, memiliki nilai ketokohan, konflik, human interest, kedekatan peristiwa, angel yang tepat dan sebagainya,” jelasnya.

Ia melanjutkan jika suatu peristiwa telah memuat satu atau lebih kriteria di atas maka hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah cara penulisannya. Standar penulisan yang biasanya digunakan, sebutnya, adalah anatomi piramida terbalik. “Dimulai dari yang paling atas adalah teras berita, badan berita dan ekor berita. Teras berita/ lead merupakan alinea pembuka yang berisi pokok pikiran berita atau poin penting dari berita. Lead membantu Kita menentukan judul dari berita itu,” terangnya.

Sementara itu Ali Masduki yang memberikan materi tentang teknik fotografi menuturkan jika adanya foto dalam suatu berita penting untuk menarik perhatian pembaca. Syarat yang harus dipenuhi, katanya, ialah suatu foto harus memiliki daya tarik visual. “(Maknanya ialah) memiliki arti atau isi, daya tarik emosional, aktual, luar biasa, serta menyangkut kehidupan manusia pribadi/ kemasyarakatan,” paparnya.

Dalam sesi teknik fotografi tersebut peserta tidak hanya diberi materi teoritis semata, namun mereka juga diajak dan diajari bagaimana cara pengaturan kamera beserta menu-menunya serta teknik pengambilan sebuah objek foto agar mendapatkan hasil yang berkualitas. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

46 + = 54