01 Okt

PERINGATI HARI KESAKTIAN PANCASILA, MENEGUHKAN KOMITMEN KEBANGSAAN

Batu, kpu-kotabatu.go.id (1 Oktober 2019) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu melaksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada 1 Oktober, Selasa (1/10/2019) di halaman kantor KPU. Kegiatan ini diikuti oleh oleh komisioner, pimpinan dan seluruh staf sekretariat. Adapun upacara tersebut dipimpin oleh Komisioner Divisi Hukum (Thomy Rusy Diantoro).

Merujuk pada Surat Edaran KPU RI Nomor 14 Tahun 2019 bahwa maksud dan tujuan pelaksanaan upacara Hari Kesaktian Pancasila merupakan upaya memelihara dan menguatkan jiwa nasionalisme dan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai landasan moral dan etika berbangsa dan bernegara. Selain itu, peringatan ini juga bermaksud untuk mempererat persaudaraan bangsa Indonesia yang berbhineka dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Adapun Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara Indonesia dalam rentetan sejarah telah membuktikan bahwa nilai-nilai luhurnya berhasil menjadi penguat dan perekat kesatuan dan persatuan bangsa. Keberagaman bangsa mampu dijawab oleh Pancasila dengan landasan nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, permusyawaratan, dan keadilan. Pada saat bersamaan Pancasila juga mampu menjadi benteng kokoh bagi bangsa Indonesia dari berbagai ancaman ideologi, dinamika sosial politik, dan intervensi negara lain yang ingin memecah belah persaudaraan dan kesatuan anak bangsa. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

28 − 27 =