16 Sep

PEMILU 2019 DIAPRESIASI DUNIA SEBAGAI THE BIGGEST ONE OF ELECTION IN THE WORLD

Manado, kpu-kotabatu.go.id (13 September 2019) – Pemilu Serentak tahun 2019 mendapat predikat sebagai “The Biggest One of Election in the World” dalam pertemuan Asosiasi Penyelenggara Pemilu se-Asia yang diselenggarakan di Moskow beberapa waktu lalu. Hal positif tersebut disampaikan oleh Ketua KPU RI (Arief Budiman) dalam pembukaan kegiatan Konsolidasi Regional (Konreg) Partisipasi Masyarakat Gelombang ke-II di Gedung Graha Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, Manado, Kamis (12/09/2019).

Arief menuturkan predikat tersebut merupakan bentuk apresiasi banyak negara kepada Indonesia yang telah sukses menyelenggarakan Pemilu 2019 dengan menggabungkan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg). Bahkan, imbuhnya, kesuksesan tersebut akan dijadikan rujukan dan studi banding oleh banyak negara dalam penyelenggaraan pemilu di negara masing-masing.

“Kabar mengejutkan bahwa (Pemilu) Indonesia menjadi rujukan negara-negara lain. Indonesia adalah Pioneer penyelenggaraan pemilu serentak yang keseluruhannya berjalan lancar, serta menghasilkan output yang baik dan damai. Tentu hal ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi Indonesia. Dan ke depan sudah ada beberapa negara yang akan studi banding ke Indonesia,” ungkapnya.

Pemberian apresiasi tersebut, sebutnya, didasarkan atas penilaian bahwa pemilu di Indonesia dapat berjalan dengan baik dan damai meskipun diikuti oleh banyak partai dengan kultur masyarakat yang beragam. Selain itu, lanjutnya, keberagaman tersebut bisa diantisipasi dengan baik sehingga kasus pelanggaran dan sengketa pemilu relatif kecil.

“Beberapa catatan positif Pemilu 2019 ialah bahwa penyelenggaraannya berlangsung dengan aman dan damai di antara multipartai dan multikultur, partisipasi tinggi, sengketa pemilu relatif sedikit, dan kinerja penyelenggara bagus,” terangnya.

Kegiatan Konreg Partisipasi Masyarakat Gelombang ke-II sendiri dihadiri oleh seluruh Anggota KPU RI, perwakilan Bawaslu, DKPP, Ketua Komisi II DPR RI, Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Wakil Walikota Manado, dan seluruh Anggota KPU Provinsi Sulawesi Utara. Sedangkan peserta Konreg berasal dari KPU provinsi dan kabupaten/kota dari wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 61 = 66