17 Sep

PARTAI POLITIK PESERTA PEMILU 2019 TERIMA SOSIALISASI KAMPANYE PEMILU

Tlekung kpu-kotabatu.go.id, (17/09/2018) jelang pelaksanaan kampanye  dalam tahapan kegiatan Pemilu 2019 yang dimulai pada tanggal 23 September 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu menggelar Sosialisasi Kampanye Pemilu Tahun 2019 di Aula KPU Kota Batu Jalan Raya Tlekung,Senin (17/09). Sosialisasi  Kampanye Pemilu 2019 dihadiri oleh : Bawaslu Kota Batu,Kesbangpol Kota Batu dan perwakilan Partai Politik(Parpol) peserta Pemilu 2019.

Acara dipandu oleh Komisioner KPU Kota Batu Divisi Hukum sekaligus Wakil Ketua Divisi Teknis (Mardiono) sebagai moderator dan Plt Ketua KPU Kota Batu (Saifudin Zuhri) bertindak sebagai Narasumber.

 

Menurut Saifudin Zuhri, pelaksanaan Kampanye Pemilu 2019 sudah diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 23 Tahun 2018 yang telah diubah dalam PKPU Nomor 28 Tahun 2018 tentang Kampanye Pemilu 2019. Lebih lanjut Saifudin Zuhri juga menjelaskan bahwasanya materi kampanye masing-masing pasangan calon harus disampaikan secara lisan maupun tertulis kepada masyarakat secara sopan,tertib, mendidik,bijak dan beradab dan tidak provokativ.

Untuk metode kampanye menurut Saifudin Zuhri, bisa dilakukan dengan beberapa cara, yakni : Pertemuan Terbatas,Pertemuan tatap muka, Penyebaran bahan kampanye,Pemasangan alat peraga kampanye,Media Sosial,Iklan media cetak, Media elektronik dan media dalam jaringan,Rapat umum, Debat pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden dan Kegiatan lainnya yang tidak melanggar.

Partai  politik peserta Pemilu 2019 juga mendapatkan materi lainnya yang tidak kalah pentingnya dalam Sosialisasi Kampanye Pemilu 2019, yaitu : Tempat pemasangan atribut kampanye, Larangan dan sanksi juga Kampanye Pemilu oleh Pejabat Negara.

Untuk pelaksanaan kampanye di wilayah Kota Batu, Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu 2019 juga perlu memperhatikan Peraturan Walikota Batu (Perwali) Nomor : 23 Tahun 2012 tentang Pedoman Peraturan Atribut Partai Politik dan Peserta Pemilu.

Sebagai informasi dalam Pemilu 2019, ada dua ruang lingkup kampanye, yaitu : Kampanye Presiden dan Wakil Presiden dan yang kedua adalah Kampanye DPR,DPD,DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.(eka/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

27 − 17 =