27 Apr

OPTIMALKAN WEBSITE DAN APLIKASI MOBILE DALAM PELAYANAN PUBLIK

Demak, kpu-kotabatu.go.id (27 April 2021) – Pelayanan informasi publik yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) adalah upaya kelembagaan untuk dekat dan terbuka dengan masyarakat. Melalui pelaksanaan tugas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) KPU juga menyiapkan diri menghadapi Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024, yang tentu PPID punya peran besar dalam mengelola segala informasi.

Untuk itu, pelayanan kepada masyarakat di semua satker KPU harus dijalankan sesuai maklumat PPID dengan mengedepankan prinsip akuntable, transparan dan sesuai amanah UU 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Hal tersebut disampaikan Deputi Bidang Dukungan Teknis KPU RI Eberta Kawima saat memberikan pengarahan dalam Pembinaan Pelayanan Informasi Publik KPU Provinsi Jawa Tengah, di Aula Kantor KPU Kabupaten Demak, Jumat (23/4/2021).

“PPID ini corong lembaga. PPID punya peran besar dalam melayani informasi kepada masyarakat, meskipun di tengah pandemi COVID-19. Jadi optimalkan pelayanan website dan aplikasi mobile dalam pelayanan publik, sehingga masyarakat tidak harus datang ke kantor KPU, dan semua dapat dilayani secara daring. Melalui website dan aplikasi mobile tersebut, kita dapat mengupdate informasi secara cepat, dan ini salah satu kewajiban kita sebagai badan publik sesuai UU 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik,” tutur Wima di depan jajaran KPU Provinsi Jateng dan KPU Kabupaten Demak.

Wima juga menekankan kepada seluruh jajarannya untuk mengunggah kegiatan apapun ke website dan media sosial resmi, karena itu bukti kinerja kita kepada masyarakat. Sudah menjadi kewajiban KPU untuk menyediakan informasi publik yang berada di bawah kewenangan KPU, kecuali informasi yang termasuk dikecualikan. Sesuai maklumat PPID, semua pelayanan informasi publik tersebut harus mengedepankan prinsip akuntabilitas, transparan dan sesuai amanah dalam UU 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Semua harus bekerja dengan semangat, sehat dan selamat, di tengah pandemi COVID-19. Sebentar lagi tahapan Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024 akan dimulai, paling lambat 20 bulan sebelum hari pemungutan suara. Untuk itu, kita harus mulai mempersiapkan sejak awal, baik itu dari sisi sumber daya manusia, infrastruktur dan regulasinya,” pungkas Wima.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Demak Bambang Setya Budi menegaskan tekad jajarannya untuk melayani dengan sepenuh hati dalam melayani masyarakat. Prinsip pelayanan adalah bagaimana melaksanakan tugas dengan baik, bukan hanya untuk mendapatkan penghargaan semata. Saat ini Daftar Informasi Publik (DIP) KPU Kabupaten Demak sudah dipublikasikan ke website, sehingga publik bisa melihat produk-produk informasi tersebut. Saat ini website KPU Kabupaten Demak sudah migrasi ke server KPU RI sejak Februari 2021, setelah sebelumnya masih ikut Pemda Demak. (humas kpu ri arf/foto: dosen/ed diR)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

40 + = 45