26 Sep

MEMUJUDKAN KAMPANYE PEMILU 2019 BERINTEGRITAS, KPU KOTA BATU LIVE STREAMING “JAGONGAN BARENG” AREMA TV

Tlogomas, kpu-kotabatu.go.id, (26/09/2018) Tahapan Pemilu 2019 sudah memasuki jadwal Kampanye Pemilu 2019 pada tanggal 23 September 2019. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu sebagai penyelenggara Pemilu 2019 tentunya tidak tinggal diam dalam mewujudkan Kampanye Pemilu yang berintegritas, baik bagi masyarakat Kota Batu, Kontestan Pemilu 2019 dan Parpol pendukung Pemilu 2019, Rabu(26/09) dengan menghadiri “Jagongan Bareng” di Arema TV sebagai Narasumber (Narsum) dengan Bawaslu Kota Batu.

“Jagongan Bareng” yang dipandu oleh presenter asli Kota Padang (Anwar Fuadi) Arema TV ditayangkan pada Pukul 16:00 sampai dengan 17:00 WIB. Jagongan bareng kali ini mengambil tema Kegiatan Masa Kampanye Pemilu 2019 dengan menghadirkan narasumber Komisioner KPU Kota Batu Divisi Hukum sekaligus Wakil Divisi Teknis (Mardiono) dan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batu (Abdur Rohman).

Mardiono dalam “Jagongan Bareng” menjelaskan beberapa kegiatan yang telah dilalui KPU Kota Batu untuk Tahapan Pemilu 2019, seperti : Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPRD Kota Batu yang telah diumumkan pada tanggal 21 September 2018 dengan jumlah 314 Caleg yang akan mengikuti Pemilu 2019 dan Laporan Awal Dana Kampanye Parpol peserta Pemilu 2019 yang wajib dilaporkan dengan sanksi pembatalan keikutsertaanpada Pemilu 2019 jika Parpol yang bersangkutan tidak menyerahkan LADK.

Untuk DPD atau calon perseorangan, Mardiono menjelaskan sumbangan dana kampanye tidak diperbolehkan ditransfer langsung pada calon perseorangan. Transfer dilakukan pada Rekening Khusus Dana Kampanye (RKDK) dan Parpol yang akan menyampaikan pada calon perseorangan.

Dalam kesempatan yang sama, Mardiono juga menjelaskan tentang Alat Peraga Kampanye (APK), Alat Peraga Sosial (APS), Bahan Kampanye (BK) dan Bahan Sosialisasi (BS) yang difasilitasi oleh KPU dan diproduksi oleh Parpol sendiri.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batu (Abdur Rohman) dalam kesempatan yang sama menerangkan tentang tugas dan fungsi Bawaslu untuk mengawasi jalannya Pemilu 2019.Menurut Abdur Rohman, mengawasi jalannya Pemilu 2019 dalam arti mengajak semua yang terlibat dalam kegiatan Pemilu 2019 untuk melakukan kegiatan Kampanye dengan memperhatikan rambu-rambu yang telah di tetapkan.

“Seperti tidak diperbolehkan memasang APK di jalan protokol Kota Batu atau memasang spanduk di Pohon, baik dilakukan dengan cara menancapkan paku atau memasang dengan tali tidak diperbolehkan,” terang Abdur Rohman.

Lebih lanjut Abdur Rochman menghimbau untuk melakukan Pesta Demokrasi dengan gembira karena ini pesta lima tahunan, selayaknya sebuah pesta maka diharapkan semua yang terlibat melakukannya dengan riang gembira dan berintegritas demi terwujudnya Pemilu 2019 aman dan damai seperti Pilgub Jatim 2018 yang Guyub Rukun.(eka/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 + 9 =