05 Apr

LAWAN COVID-19, KOMISI PEMILIHAN UMUM PASTIKAN PENUNDAAN PEMILIHAN SERENTAK 2020

Batu, kpu-kotabatu.go.id (05 April 2020) – Pandemik Corona tengah menjadi fokus seluruh masyarakat serta lembaga-lembaga negara di seluruh Indonesia tidak terkecuali Komisi Pemilihan Umum. Hal ini ditunjukkan secara serius dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi II DPR RI dengan KPU RI pada Senin 30 Maret lalu.

Pernyataan pemerintah tentang status tanggap darurat bencana Non-alam (Covid-19) secara nasional hingga 29 Mei 2020 menjadi dasar pertimbangan penundaan Pemilihan 2020. Selain itu penyebaran Covid-19 cenderung meluas dan massif hampir keseluruh daerah yang melaksanakan pemilihan. Tidak dapat dipungkiri jika beberapa kegiatan tahapan pemilihan yang dilakukan melalui kontak fisik dan melibatkan orang dengan jumlah banyak pada tempat dan waktu yang sama dan terkait pengadaan dan distribusi logistik pemilihan memerlukan waktu yang cukup dan kepastian waktu untuk memulai produksinya. Demikian penjelasan Divisi Sosdiklih dan Parmas KPU Provinsi Jawa Timur (Gogot Cahyo Baskoro) melalui Video Conference pada Jumat (03/04) lalu.

Pada koordinasi kedua melalui Video Conference tersebut selain menekankan kampanye, sosialisasi dan edukasi Covid-19 yang wajib dilakukan KPU kabupaten/kota se-Jatim, Gogot  juga memaparkan terkait hasil RPD KPU RI tentang penundaan pemilihan. Terdapat tiga opsi waktu penundaan dari KPU RI yaitu Opsi A pelaksanaan pemungutan pada tanggal 9 Desember 2020, Opsi B pada tanggal 17 Maret 2021 dan Opsi C pelaksanaan pemungutan suara pada tanggal 29 September 2021 atau dengan kata lain penundaan selama satu tahun.

“KPU kabupaten/kota terutama yang tengah menghadapi pemilihan 2020 wajib mensosialisasikan penundaan pemilihan ini, agar masyarakat secara luas mengetahui informasi ini dan tidak bertanya-tanya lagi tentang kelanjutan tahapan pemilihan 2020”, jelas Gogot.

Bagi KPU Kota Batu, meskipun bukan merupakan bagian yang tengah melaksanakan hajatan pemilihan 2020, KPU Kota Batu akan tetap turut mensosialisasikan penundaan pemilihan 2020 ini. Pemilihan serentak 2020 merupakan program nasional karena beberapa provinsi dan kabupaten kota diseluruh Indonesia akan secara serentak melakukan pemilihan kelak. Mensosialiasikan melalui website dan media sosial KPU Kota Batu diharapkan dapat membantu penyebaran informasi ini kemasyarakat luas. Ini disampaikan langsung oleh Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM KPU Kota Batu (Marlina).

Marlina menyampaikan agar masyarakat juga tidak bertanya-tanya tentang NPHD yang telah dilaksanakan KPU kabupaten/kota dengan pihak pemerintah di wilayah masing-masing, perlu juga kiranya untuk mensosialisasikan bahwa anggaran tersebut akan dikembalikan ke pemerintah daerah dari sisa yang terpakai selanjutnya dapat dipergunakan untuk penanggulangan bencana Covid-19 oleh pemerintah setempat sesuai dengan surat edaran KPU RI, tutup Marlina. (Mrl)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 + 7 =