24 Okt

LAKUKAN KUNJUNGAN SINGKAT KPU JATIM INGATKAN KESIAPAN PEMBUATAN JDIH LOKAL

Batu, kpu-kotabatu.go.id (24 Oktober 2019) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu menerima kunjungan dari KPU Jatim, Rabu (23/10/2019). Rombongan KPU Jatim dipimpin oleh Komisioner Divisi SDM dan Litbang (Rochani) dengan didampingi oleh beberapa staf sekretariat. Maksud kunjungan tersebut ialah untuk supervisi terkait kesiapan KPU Kota Batu dalam mendokumentasikan produk hukum yang akan dipublikasikan kepada masyarakat melalui website.

Dalam keterengannya Rochani menyebutkan bahwa masing-masing KPU kabupaten/kota di Jawa Timur perlu menyiapkan informasi produk hukum dengan segera. Hal itu, lanjutnya, guna mendukung rencana pembuatan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) yang bersifat lokal. Di dalamnya, sebutnya, berisi seluruh dokumen/keputusan hukum yang dibuat oleh KPU dan perlu diinformasikan kepada masyarakat secara luas.

“Jadi, perlu segera disiapkan seluruh dokumen yang berkaitan dengan produk hukum KPU (baik keputusan baru maupun dokumen pada pemilu-pemilu sebelumnya). Sebelum KPU RI membuat layanan JDIH secara terpusat, teman-teman di KPU kabupaten/kota harus mulai menyusunnya. Kita yang di (KPU) provinsi melakukan supervisi untuk melihat kesiapan di masing-masing daerah,” terangnya.

Rochani melanjutkan bahwa secara teknis publikasi produk hukum bisa dilakukan melalui website yang telah dikelola masing-masing KPU kabupaten/kota. Menurutnya, operator website perlu membuat sub-menu baru di halaman utama website yang berfungsi sebagai tempat untuk mempublikasikan dokumen-dokumen hukum. Langkah itu, kata Rochani, akan memudahkan masyarakat dalam pencarian.

“Nanti operator website KPU perlu membuat satu rumah (sub-menu) baru di website (untuk kepentingan publikasi). Selama ini mungkin produk hukum sudah dipublikasikan melalui website, tapi letaknya kan terpisah-pisah. Nah, dengan adanya rumah tersendiri tentunya akan lebih memudahkan. Ini bisa dikatakan semacam JDIH lokal,” jelasnya. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 26 = 34