28 Jun

KUNJUNGI KPU KOTA BATU, KPU KABUPATEN MALANG SHARING PELAKSANAAN PILKADA 2020

Tlekung, kpu-kotabatu.go.id (28 Juni 2019) – “Kami datang ke sini untuk sharing pelaksanaan Pilkada tahun 2020 kepada KPU Kota Batu”. Hal itu disampaikan oleh Ketua KPU Kabupaten Malang (Anis Suhartini) ketika menjelaskan maskud kunjungan kerja ke Kantor KPU Kota Batu, Kamis (27/06/2019). Anis bersama rombongannya tiba di kantor pukul 14.00 dan langsung disambut oleh Ketua KPU Kota Batu (Mardiono) beserta komisioner dan anggota sekretariat lainnya.

Anis menerangkan jika dipilihnya Kota Batu sebagai tujuan kunjungan kerja tersebut disebabkan 2 hal. Pertama adalah alasan efisisensi dengan pertimbangan jarak dan waktu yang relatif dekat. Kedua, kata Anis, KPU Kota Batu memiliki prestasi baik dalam menyelenggarakan Pilkada tahun 2017 yang lalu, sehingga bisa dijadikan contoh. “KPU Kota Batu kita nilai sukses dalam melaksanakan Pemilihan Walikota tahun 2017 kemarin. Secara teknis pelaksanaan berjalan baik dan partisipasi masyarakat juga tinggi. Nah, hal ini yang ingin kita sharing-kan”, ungkap Anis.

Secara lebih spesifik Anis menyampaikan bahwa lembaganya ingin berdiskusi tentang proses perencanaan anggaran dalam menghadapi jadwal Pilkada Kabupaten Malang tahun 2020. Merespons hal ini ada beberapa hal yang disampaikan oleh Mardiono dan komisioner lainnya, baik terkait perencanaan awal, komunikasi, hingga lobbying kepada Badan Anggaran DPRD.

Mardiono menyampaikan jika perencanaan anggaran harus dibuat secara jelas sesuai dengan kebutuhan seluruh proses penyelenggaran. Menurutnya proses komunikasi kepada pihak-pihak yang berhubungan langsung dengan Pilkada bisa dilakukan baik secara formal maupun informal. “Secara formal harus berkomunikasi dengan pihak terkait. Namun komunikasi (secara) informal juga harus dilakukan dengan baik,” terangnya.

Ia melanjutkan jika proses tersebut tidak bisa selesai secara singkat. Menurutnya, berdasarkan pengalaman yang telah dilalui, KPU Kota Batu harus bekerja keras hingga Badan Anggaran DPRD menyetujui rencana anggaran yang telah disusun. “Harus sering-sering ke Banggar DPRD untuk berbicara kebutuhan anggaran secara real. Pengalaman di Kota Batu, kita rapat berkali-kali membahas anggaran,” ungkapnya.

Selama proses sharing dan diskusi tersebut suasana berlangsung dengan penuh kekeluargaan, bahkan diselingi candaan yang hangat dan bisa memecahkan tawa. Anis dan rombongan KPU Kabupaten Malang merasa senang dengan sikap kekeluargaan yang dibangun di Kota Batu ini dan ingin menerapkannya di lembaga yang ia pimpin. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 2 = 4