03 Okt

KPU RI SIAPKAN PENERAPAN E-REKAP PADA PILKADA 2020

Batu, kpu-kotabatu.go.id (2 Oktober 2019) – Beberapa waktu lalu, Kamis (26/09/2019) KPU RI mengadakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR RI. Dalam pertemuan tersebut Ketua KPU RI (Arief Budiman) menyampaikan maksudnya lembaganya tentang perlunya rekapitulasi secara elektronik atau e-rekap sebagai instrumen sah dalam proses Pemilu. “Usulannya adalah dilakukan e-rekap. Jadi rekapitulasi elektrronik itu kemudian dapat diakui dan ditetapkan sebagai hasil pemilu yang sah secara nasional,” tutur Arief.

Menurut Arif urgensi adanya kebijakan e-rekap merupakan hal yang krusial. Ia menegaskan proses rekapitulasi secara elektronik akan mempercepat proses rekapitulasi suara. Hal ini dinilai dapat memangkas panjangnya waktu rekapitulasi yang selama ini dilakukan secara manual.

“Kalau kita mengacu pada apa yang pernah dilakukan pada saat kita melakukan rekap data dengan teknologi informasi itu dalam waktu dua hari atau 2×24 jam, itu hasil sudah bisa diketahui. Ini mempercepat proses penetapan pemilu secara nasional,” tegasnya.

Alasan utama yang diungkapkan Arief terkait penggunaan e-rekap ialah semakin berkembangnya penggunaan teknologi informasi di setiap lini kehidupan. Oleh karena itu KPU juga harus mampu memanfaatkannya untuk kepentingan penyelenggaraan pemilu agar dapat berjalan secara efektif dan efisien.

“Makin baik trennya (penggunaan teknologi), maka menunjukkan kami makin siap menggunakan itu. Oleh karenanya, Pilkada 2020 kami rencanakan e-rekapitulasi,” terangnya.

Arief menegaskan jika peraturan tentang e-rekap sudah jelas, maka KPU akan memutuskan penggunaannya pada bulan Februari atau Maret 2020. Adanya e-rekap, sebutnya, akan menjadi momentum transisi proses rekapitulasi suara dalam sejarah pemilu di Indonesia, dari manual menjadi berbasis elektronik. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

78 − = 76