25 Sep

KPU RI RESMI MELAKUKAN LAUNCHING PILKADA SERENTAK TAHUN 2020

Jakarta, kpu-kotabatu.go.id (25 September 2019) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI secara resmi melakukan launching Pilkada Serentak tahun 2020, Senin (23/09/2019) di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan. Prosesi yang dilaksanakan pada acara puncak kegiatan Konsolidasi Nasional (Konsolnas) tersebut dilakukan oleh Ketua (Arief Budiman) beserta seluruh Anggota KPU RI dan disaksikan oleh peserta Konsolnas yang berasal dari KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota se-Indonesia. Secara simbolis Arief Budiman dan Anggota menekan layar bergambar surat suara sebagai penanda dimulainya tahapan Pemilihan 2020.

Sementara itu Menteri Dalam Negeri (Tjahjo Kumolo) yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan apresasi tinggi atas suksesnya Pemilu 2019. Adapun untuk Pemilihan 2020, katanya, pemerintah mendukung penuh pelaksanaannya, khususnya Kemendagri melalui Dirjen Otda telah memanggil seluruh kepala daerah agar menjamin ketersediaan anggaran untuk Pilkada di daerah masing-masing.

“Secara prinsip anggarannya tercukupi, karena saya masih punya wewenang memberi paraf RAPBD. Memang masih ada beberapa daerah yang belum (menemui) titik temu, mohon untuk terus didekati, sinkronkan supaya ada tujuan dicapai,” tuturnya.

Berkaitan dengan agenda Pilkada Serentak yang akan dilaksanakan di 270 daerah Arief berharap prestasi yang diraih bisa lebih meningkat. Dua hal yang harus menjadi perhatian, lanjutnya, ialah menjaga angka partisipasi masyarakat agar tinggi dan kesiapan dalam menghadapi sengketa. “Penyelenggara harus mampu meningkatkan kesuksesan di Pilkada 2020 (sebagaimana) yang telah dicapai pada Pemilu 2019, antara lain partisipasi pemilih dan penanganan sengketa pasca pemilihan,” tegasnya. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 36 = 39