17 Okt

KPU RI : PERBAIKAN DATA PEMILIH BERKELANJUTAN GUNA PEMILIHAN YANG BERKUALITAS

Bali, kpu-kotabatu.go.id (17 Oktober 2019) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu hadir dalam kegiatan Rapat Koordinasi Evaluasi Data Pemilih Pemilu 2019, Rabu-Jum’at (16-18/10/2019) di Bali. Kegiatan yang diselenggarakan oleh KPU RI ini mengundang Operator Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota seluruh Indonesia. Dalam hal ini KPU Kota Batu diwakili oleh Kasubbag Program dan Data (Irfan Darmawan).

 

Komisioner KPU RI (Viryan Azis) mengungkapkan jika evaluasi data pemilih perlu dan harus selalu dilakukan. Hal itu, sebutnya, guna meng-update database pemilih dari waktu ke waktu, beriringan dengan penyelenggaran pemilu maupun pilkada yang juga selalu berlangsung secara periodik.

Selaras dengan kondisi tersebut Viryan berharap peserta rakor dapat memberikan masukan-masukan konstruktif, dengan harapan ke depan keberadaan data pemilih semakin valid dan tidak menjadi bahan yang dipermasalahkan oleh peserta pemilu. “Kami berharap kontribusi terbaik dalam bentuk pemikiran (dan) pemecahan permasalahan,” ungkapnya.

Irfan Darmawan – Kasubbag Program dan Data KPU Kota Batu

Ia melanjutkan jika kegiatan evaluasi ini juga berguna dalam menghadapi momen Pilkada Serentak 2020, khususnya bagi KPU di 270 daerah, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/ kota. Oleh karena itu, adanya evaluasi secara tidak langsung juga sebagai langkah persiapan menghadapi momen tersebut.

“Beberapa catatan, (karena) kita tidak boleh menutup diri dari kekurangan, kalau tidak kita bisa terjebak pada kesuksesan itu (Pemilu 2019). Anggap ini selain evaluasi juga untuk persiapan Pemilihan 2020,” tuturnya. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

91 − = 90