22 Des

KPU RI : PELUNCURAN BUKU TATA KELOLA PEMILU ADALAH WARISAN UNTUK PUBLIK

Jakarta, kpu.go.id – Buku Tata Kelola Pemilu (TKP) Indonesia resmi diluncurkan, Jum’at (20/12). Peluncuran ini sebagai upaya Komisi Pemilihan Umum (KPU) memberikan warisan (legacy) untuk masyarakat Indonesia.

Peluncuran turut dihadiri Anggota Bawaslu RI Mochammad Afifudin, Anggota DPD Komite I, Abdul Kholik, Sekjen Ombudsman RI, Suganda Pandapotan Pasaribu, Sekretaris Utama Bappenas, Himawan Ariyoga, Direktur Fasilitasi Kepala Daerah dan DPRD Otda, Budi Santosa, Dirjen Polpum Kemendagri Bangun Sitohang serta Sekjen Kemendikbud, Taufik Dahlan.

Pramono Ubaid Tanthowi dalam sambutannya mengucapkan syukur atas lahirnya buku yang telah disusun sejak 5 bulan terakhir ini. Menurutnya, buku tersebut diharapkan dapat menjadi acuan untuk peningkatan kualitas pemilu di Indonesia.

Pramono pun mengungkapkan sedikit isi dari buku tersebut, di antaranya membahas tentang sistem pemilu hingga rekrutmen penyelenggara pemilu. “Di buku kita beri contoh bagaimana KPU mengambil langkah progresif inovatif di tengah situasi kritis. Kalau kita waktu pendek, mepet lalu mengeluarkan terobosan, maka ini yang kita angkat dibuku ini,” ujar Pramono.

Untuk kemanfaatan yang lebih luas Pramono memastikan buku tidak hanya dapat dinikmati dalam bentuk cetak tetapi juga melalui bentuk softcopy pdf. Ia berharap kehadiran buku TKP ini bisa menambah khazanah masyarakat. “Bukan hanya bagi kalangan akademisi atau kalangan pemantau pemilu tapi juga untuk siapa saja yang berminat menjadi penyelenggara pemilu karena sangat lengkap sekali,” tutur Pramono.

Ketua Tim Penulis Buku TKP Indonesia, Ferry Kurnia Rizkiyansyah mengatakan pentingnya kehadiran buku ini sebagai penguat mewujudkan demokrasi elektoral yang berintegritas. Bagi penyelenggara pemilu, lanjutnya, buku ini tidak hanya bermanfaat bagi KPU tetapi juga bagi Bawaslu serta DKPP. “Karena di dalamnya diberikan pengetahuan serta inovasi bagaimana membangun penyelenggara pemilu yang baik,” tuturnya.

Kepala Biro SDM KPU, Lucky Firnandy Majanto dalam laporannya mengatakan buku TKP merupakan kelanjutan dari buku sebelumnya yang diharapkan lebih sempurna dalam membedah pembahasan pemilu di Indonesia. Ia juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada tim penulis yang bekerja dengan baik menyuguhkan buku TKP hingga bisa diluncurkan kepada masyarakat. (hupmas kpu ri dianR/foto: dosen/ed diR)

BUKU TKP KLIK DISINI

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 1 = 1