23 Sep

KPU RI : KONSOLNAS JADI WADAH BERSAMA EVALUASI KINERJA PENYELENGGARA

Jakarta, kpu-kotabatu.go.id (23 September 2019) – Pada Sabtu (21/09/2019) Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI secara resmi membuka kegiatan Konsolidasi Nasional (Konsolnas) 2019 yang diselenggarakan 21-24 September 2019 di Jakarta. Kegiatan yang akan berlangsung selama 4 hari berturut-turut tersebut diikuti oleh seluruh komisioner dan sekretaris 548 KPU se-Indonesia, dengan rincian 514 KPU kabupaten/kota dan 34 KPU provinsi. Tujuan diadakannya kegiatan ini ialah untu melakukan evaluasi menyeluruh terhadap pelaksanaan Pemilu 2019.

Kepala Biro Perencanaan dan Data KPU RI (Sumariyandono) dalam sambutannya mengatakan jika kegiatan Konsolnas pada dasarnya adalah ruang bagi penyelenggara pemilu di daerah untuk mengevaluasi persoalan pemilu secara bersama serta berdiskusi untuk mendapatkan jalan keluar guna mempersiapkan pemilihan maupun pemilu berikutnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Komisoner KPU RI (Wahyu Setiawan) bahwa esensi kegiatan Konsolnas ialah untuk evaluasi sekaligus menyiapkan langkah terbaik menghadapi momen Pilkada Serentak tahun 2020. Hal yang tak kalah penting menurutnya ialah jika Konsolnas juga sebagai wadah untuk refleksi kinerja penyelenggara.

“Kita berharap kegiatan konsolnas ini substansinya adalah kita merefleksi kinerja kemudian kita mendapat sesuatu yang baru untuk dilaksanakan pada pemilu maupun pemilihan selanjutnya,” ujar Wahyu.

Selain evaluasi kinerja, dalam kesempatan tersebut KPU RI melalui Komisoner Ilham Saputra juga berpesan agar elemen sekretariat masing-masing KPU provinsi dan kabupaten/kota selalu berupaya meningkatkan kualitas. Hal tersebut, katanya, agar hasil pemilu yang baik juga diikuti selarasnya kualitas SDM KPU.

“Mari kita semua bekerja untuk meningkatkan kualitas SDM kita. Peningkatan partisipasi masyarakat harus juga diikuti dengan peningkatan kita sebagai komisioner juga ASN di satker masing-masing,” harap Ilham.
(ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 2 = 2