26 Sep

KPU RI : ADA PERAN LEADER DAN MANAGER DI KPU, HARUS BERBAGI TUGAS

Jakarta, kpu-kotabatu.go.id (26 September 2019) – Setelah selesai menyelenggarakan Konsolidasi Nasional (Konsolnas), KPU RI langsung menggembleng komisioner dan sekretaris 30 KPU kabupaten/kota dengan kegiatan Orientasi Tugas Gelombang IV yang akan dilaksanakan 25-29 September 2019. Kegiatan yang dibuka oleh Ketua KPU RI (Arief Budiman) pada Rabu (25/09/2019) tersebut bermaksud memberikan bekal pemahaman kepada pimpinan KPU di daerah untuk mengelola lembaga dan tugas secara berintegritas dan profesional.

Kepala Biro SDM KPU RI (Lucky Firnandy Majanto) menerangkan pelaksanaan orientasi tugas ini agar peserta dapat menambah kompetensi dan profesionalitas masing-masing. Selain itu, sebutnya, adanya orientasi tugas juga diharapkan dapat meningkatkan integritas, pengetahuan dan keahlian guna menunjang penyelenggaraan pemilu dan proses ketatanegaraan di Indonesia pada umumnya.

“Orientasi tugas ini sempat tertunda 6 bulan, karena KPU kemarin masih fokus penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019, sehingga baru kali ini kegiatan dapat dilaksanakan. Mari kita ikuti orientasi tugas dengan baik untuk menambah wawasan dan pengetahuan dalam penyelenggaraan pemilu yang lebih baik,” terangnya.

Sementara itu, secara khusus Arief Budiman menjelaskan tentang perbedaan peran komisioner dan sekretaris dalam menjalankan tugas KPU. Menurutnya, komisioner adalah leader, ia menjalankan peran pengambil kebijakan, pembangun nilai-nilai, pemantik lahirnya inovasi, berpikir out of the box dan beroroentasi focus on people. Sedangkan sekretaris adalah manager, ia pelaksana kebijakan, pengelola personil sekretariat dan berfokus focus on system.

“Leader itu harus punya inovasi dan kreasi yang berbeda, bagaimana nilai-nilai penting bisa dibangun di KPU, apa saja yang bisa dilakukan untuk KPU dan pemilu yang lebih baik, itu tugas ketua dan anggota KPU. Kemudian tugas manager atau sekretaris untuk menjaga semua itu bisa terlaksana dengan baik,” jelasnya. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

41 − = 39