30 Okt

KPU KOTA BATU TANAMKAN PEMAHAMAN POLITIK KEPADA SISWA SEKOLAH ALKITAB

Batu, kpu-kotabatu.go.id (28 Oktober 2019) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu kembali menggelar Roadshow Pendidikan Pemilih kepada pelajar sekolah di Kota Batu. Kali ini sekolah yang berkesempatan mendapat sosialisasi pendidikan pemilih ialah Sekolah Alkitab Batu (SAB). Komisioner Divisi Parmas dan Sosdiklih (Marlina) didampingi beberapa staf sekretariat KPU Kota Batu menyampaikan hal-hal mendasar tentang politik, demokrasi, dan pemilu.

Mengawali penjelasan Marlina mengajukan pertanyaan pembuka kepada para siswa. “Di Sini ada yang tau nggak kapan pemilu pertama dilaksanakan?” tanyanya. Awalnya para siswa terlihat ragu-ragu untuk memberikan jawaban. Namun, beberapa saat ada yang memberanikan diri mengacungkan tangan. “Tahun 1955, Bu,” ucap seorang siswa. Jawaban tersebut benar.

Suasana semakin menarik ketika Marlina mulai mengarahkan materi sosialisasi berkaitan dengan konsep penyelenggaraan negara. Ia bertanya kepada para siswa, “Siapa yang bisa menjelaskan tentang prinsip tanpa diskriminasi dalam bernegara?” tanyanya. Kali ini Marlina ia tidak menunggu siswa untuk mengacungkan tangan, namun ia langsung menghampiri dan menunjuk siswa agar berani menjawab.

Seorang siswa perempuan ditunjuk. Awalnya ia malu untu memberi penjelasan. Namun, dengan berhati-hati ia menjawab. “Prinsip tanpa diskriminasi adalah prinsip untuk tidak membeda-bedakan seseorang berdasarkan golongan, suku, atau agama. Jadi, negara harus melayani semua orang secara adil,” terangnya. Marlina memberikan apresasi terhadap pemaparan tersebut

Dalam sosialisasi yang diikuti oleh sekitar 350-an peserta tersebut tersebut Marlina juga memberi wawasan tentang sejarah pelaksanaan pemilu di Indonesia, tugas dan fungsi lembaga eksekutif, legislatif, dan yudikatif, pentingnya kepemimpinan, dan materi lain yang berkaitan dengan pemilu dan kehidupan demokrasi di Indonesia.

Kegiatan Roadshow Pendidikan Pemilih ke sekolah-sekolah seperti ini akan menjadi agenda rutin KPU Kota Batu. Harapan yang terkandung di dalamnya ialah tumbuhnya pemahaman dan pengetahuan kepada pelajar tentang politik, demokrasi, dan wawasan kepemiluan secara luas sehingga berdampak pada lahirnya pemilih-pemilih cerdas di masa yang akan datang. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

89 − = 83