04 Apr

KPU KOTA BATU SUKSES LAKUKAN UJI COBA SITUNG TAHAP 2

Batu, kpu-kotabatu.go.id (3 April 2019) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu melaksanakan Uji Coba Situng Tahap 2 pada Selasa (2/04/2049) di Hotel Purnama. Uji coba tersebut dalam rangka menindaklanjuti Surat Edaran Ketua KPU Republik Indonesia perihal Persiapan Uji Coba Nasional Situng Pemilu 2019, sekaligus sebagai langkah untuk mempersiapkan tenaga operator Situng agar memiliki kesiapan secara maksimal.

Kegiatan uji coba sendiri diikuti oleh seluruh petugas yang berhubungan dengan pengoperasian aplikasi Situng, antara lain 1 koordinator Situng KPU Kota Batu (Ariansyah Mustafa), 6 anggota verifikator, dan 8 tenaga operator. Selain itu, dalam uji coba yang bersifat nasional tersebut juga didampingi langsung oleh Komisioner KPU Divisi Teknis (Erfanudin) sebagai pengarah teknis.

Dalam sambutannya Erfanudin menyampaikan bahwa operator Situng adalah ujung tombak kesuksesan dalam proses penghitungan suara, sehingga kesiapan operator adalah syarat utama terciptanya keakuratan dan kecepatan penghitungan suara Pemilu 2019. “Operator Situng adalah ujung tombak dalam penghitungan suara pada Pemilu 2019 ini. Jika secara teknis para operator sudah siap maka peluang terciptanya keberhasilan juga semakin besar,” terangnya.

Erfanudin optimis jika dalam pelaksanaan uji coba Situng tahap 2 tersebut dapat dilaksanakan dengan baik dan mencapai target 50 persen suara ter-upload. “Kita optimis uji coba hari ini bisa berjalan dengan baik. Target 50 persen pasti dapat kita capai,” jelasnya optimis.

Setelah hampir seharian proses uji coba Situng dilakukan, akhirnya target 50 persen suara dari seluruh TPS di Kota Batu dapat ter-upload dengan sukses. Kabar baiknya, uji coba Situng tahap 2 yang dilakukan oleh KPU Kota Batu ini menjadi salah satu proses yang terbaik dan tercepat. Hal ini menandakan KPU Kota Batu telah siap melakukan kegiatan uji coba Situng tahap 3 sekaligus pengoperasian Situng pada hari pelaksanaan Pemilu 2019 tanggal 17 April 2019. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 88 = 95