05 Sep

KPU KOTA BATU SOSIALISASIKAN HASIL PEMILU 2019 KEPADA ANGGOTA PEPABRI

Batu, kpu-kotabatu.go.id (4 September 2019) – Selesainya penyelenggaraan Pemilu Serentak tahun 2019 tidak menjadikan KPU berhenti menjalankan tugas-tugas kepemiluan dan pendidikan demokrasi. Beberapa tugas penting terus dilakukan oleh KPU, antara lain evaluasi pelaksanaan pemilu, pendidikan pemilih, dan sosialisasi hasil pemilu. Hal tersebut tercermin dalam acara Fasilitasi Pendidikan Pemilih yang diselenggarakan oleh KPU Kota Batu kepada 50-an anggota PEPABRI Kota Batu, Rabu (3/09/2019).

Komisioner KPU Kota Batu Divisi Perencanaan dan Data (Heru Joko Purwanto) dalam sambutannya memaparkan gambaran umum tentang hasil Pemilu 2019. Dalam keterangannya disebutkan jika pelaksanaan pemilu serentak tersebut berlangsung dengan baik dan lancar. Partisipasi masyarakat, sebutnya, juga menunjukkan angka yang tinggi, naik signifikan dari pemilu sebelumnya.

“Alhamdulillah, kita patut bersyukur karena Pemilu 2019 dapat berjalan dengan baik, relatif lancar dan aman, baik di Kota Batu maupun daerah lainnya. Hal yang juga positif ialah bahwa antusiasme dan partisipasi masyarakat kita sangat tinggi. Bahkan di Kota Batu angkanya mencapai 87 persen. Ini sungguh prestasi luar biasa,” ungkapnya.

Namun begitu, lanjut Heru, pihaknya juga tak menutupi perlu adanya evaluasi-evaluasi yang harus dilakukan, baik terkait dengan pelaksanaan kampanye, efektivitas penggabungan Pilpres dan Pileg, maupun teknis pemungutan dan penghitungan suara. Menurutnya, adanya evaluasi selaras dengan upaya KPU untuk selalu meningkatkan kualitas pemilu.

“Memang, kita menilai masih ada kekurangan-kekurangan dalam pemilu kemarin. Salah satu hal yang harus dievaluasi ialah efektivitas pemilu secara serentak (Pilpres dan Pileg), ini betul-betul membuat beban kerja sangat berat. Hal teknis lainnya seperti durasi kampanye, proses pemungutan dan penghitungan suara, dan masalah teknis lainnya. Evaluasi ini kita lakukan berjenjang, hingga puncaknya di tingkat pusat (KPU RI),” terangnya. (ats/pdp).

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

60 − 55 =