06 Mar

KPU KOTA BATU SOSIALISASI PEMILU 2019 DALAM ACARA PERINGATAN HARI RAYA NYEPI TAHUN BARU SAKA 1941

Batu, kpu-kotabatu.go.id (06-Maret-2019) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilu Serentak 2019 dan menciptakan pemilih yang berintegritas, menghadiri undangan untuk bersosialisasi dalam acara Peringatan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1941, acara yang dilaksanakan di Lapangan sebelah Pura Indragiri desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji ini dipenuhi oleh umat Hindu Kota Batu dan Malang Raya yang berdoa dalam menyambut Hari Raya Nyepi dengan Tema “Melalui Catur Brata Penyepian, Kita Sukseskan Pemilu 2019.”

Dengan Narasumber Komisioner KPU Kota Batu Divisi SDM dan Parmas (Heru Joko Purwanto) didampingi oleh beberapa staf Sekretriat KPU Kota Batu dan Relawan Demokrasi KPU Kota Batu, Heru menjelaskan beberapa hal penting berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilu 2019, antara lain tentang jumlah dan jenis surat suara, cara mencoblos dengan benar, layanan pindah tempat memilih, dan arahan agar tidak melakukan golput. Misalnya tentang pelayanan formulir A-5 sebagai syarat bisa mencoblos di TPS-TPS yang tersebar di Kota Batu, Heru memberikan arahan kepada umat Hindu yang hadir dan belum memiliki formulir tersebut, agar segera datang ke Kantor KPU Kota Batu untuk mengurus pindah pilih. Ia berharap dengan semakin banyak pendatang yang memanfaatkan layanan pindah pilih tersebut, maka akan berdampak positif terhadap partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2019 ini.

 

Acara diakhiri dengan diaraknya “Ogoh-Ogoh” keliling desa tulungrejo, Ogoh-ogoh atau Raksasa yang mewakili roh jahat dan ditujukan untuk menyucikan lingkungan alami dari setiap polutan spiritual yang dipancarkan dari aktivitas makhluk hidup, termasuk manusia. Setelah diarak keliling desa, ogoh-ogoh itu nantinya dibakar sebagai simbol pemurnian diri dan dengan membakar ogoh-ogoh, umat Hindu artinya telah siap memperingati Nyepi dalam keadaan suci. (pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

54 − = 52