25 Feb

KPU KOTA BATU SOSIALISASI PEMILIH PEMULA KEPADA SAKA BHAYANGKARA

Temas, kpu-kotabatu.go.id (25 Februari 2019) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu tak henti-hentinya melakukan sosialisasi demi kesuksesan Pemilu 2019. Dalam kesempatan akhir pekan kemarin KPU Kota Batu melakukan sosialisasi pada kegiatan diklat Saka Bhayangkara Kota Batu yang diselenggarakan pada Sabtu (23/02/2019) di Kampung Wisata Tani, Kelurahan Temas. Dalam kegiatan sosialisasi tersebut perwakilan KPU Kota Batu yang hadir ialah Komisioner KPU Kota Batu Divisi Sosdiklih, SDM dan Parmas (Heru Joko Purwanto), Kasubbag Teknis Pemilu (Ariansyah Mustafa) dan beberapa staf bagian teknis, serta Relawan Demokrasi (Relasi) Kota Batu.

Kegiatan diklat yang diikuti oleh siswa siswi dari sejumlah sekolah tingkat SMA, SMK, dan MA di Kota Batu tersebut menjadi kesempatan yang berharga bagi KPU Kota Batu untuk melakukan pendidikan pemilih bagi generasi muda sebagai pemilih pemula. Kepada para peserta diklat Heru Joko Purwanto memberikan pemahaman mendasar terkait dengan penyelenggaraan Pemilu 2019. Misalnya, Heru menjelaskan tentang tanggal pencoblosan, contoh surat suara, cara mencoblos, dan pentingnya berpartisipasi dalam memilih.

Salah satu hal, yakni tentang partisipasi anak-anak muda, terutama yang telah berumur 17 tahun, Heru menerangkan jika mereka harus ikut berpartisipasi dalam Pemilu 2019, yakni dengan cara mencoblos. Ia juga berpesan agar tidak melakukan golput. Menurutnya, dengan tidak golput maka akan berperan dalam menentukan siapa yang layak untuk diberi amanah memimpin. “Bersama-sama kita viralkan untuk tidak golput. Kenapa? Karena pemilu adalah alat yang legal untuk memilih pemimpin negara. Nah, karena sistemnya demokrasi maka dari rakyat untuk rakyat. Sejatinya kalian adalah pemimpin, pimpinan kita yang di atas adalah orang yang diberi amanah untuk membantu rakyat atau menjalankan amanah kita semua. Oleh karena itu, sebelum memilih kenali siapa orangnya dan apa visi misinya,” terangnya.


Heru juga berpesan kepada semua anggota Pramuka yang hadir agar selalu menjaga netralitas organisasinya. Ia menilai hingga saat ini Pramuka adalah salah satu organisasi kepanduan yang konsisten dalam menjaga sikap netral dalam momen pemilu. Heru berpendapat bahwa dengan sikap ini akan menguntungkan bagi Pramuka untuk bisa tetap fokus mendidik anak-anak muda bersikap disiplin dalam kehidupan. “Sebagai anggota Pramuka saya harap teman-teman tetap menjaga sikap netral. Jangan ikut-ikutan bela sana bela sini. Saya ingin Pramuka tetap netral, sehingga tidak ke mana-mana tetapi ada di mana-mana,” pesannya disambut tepuk tangan seluruh peserta. (ats)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

28 + = 34