08 Agu

KPU KOTA BATU SERAHKAN BERKAS AUTENTIFIKASI PARTAI POLITIK

Tlekung, kpu-kotabatu.go.id (7 Agustus 2019) – Setelah melakukan penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Kota Batu periode 2019-2024 beberapa waktu lalu, KPU Kota Batu menyerahkan berkas autentifikasi kepada partai politik, Senin (5/08/2019). Berkas yang berisi informasi tentang perolehan jumlah kursi dan dan nama-nama calon terpilih tersebut sangat penting bagi partai politik sebagai dasar besaran nilai bantuan yang akan mereka terima.

Komisioner Divisi SDM dan Parmas KPU Kota Batu (Marlina) menerangkan bahwa landasan dan mekanisme pemberian bantuan keuangan kepada partai politik telah diatur dalam Peraturan Menteri Nomor 77 tahun 2014. Ia menyebutkan adanya bantuan tersebut merupakan hak tiap partai politik sebagai organ formal yang sengaja dibentuk untuk memperjuangkan dan membela kepentingan politik masyarakat, bangsa, dan negara.

“Diterimanya berkas autentifikasi ini oleh masing-masing partai politik bisa digunakan untuk pengajuan bantuan keuangan kepada pemerintah (walikota). Tentu mekanismenya sudah jelas diatur dalam Permen nomor 77 tersebut. Memang bantuan keuangan merupakan hak bagi partai politik karena mereka adalah sarana untuk menyalurkan dan memperjuangkan aspiriasi politik secara sah dalam sebuah negara demokrasi seperti Indonesia,” terangnya.

Lebih lanjut ia memaparkan jika secara teknis proses pengajuan bantuan keuangan parpol tingkat kabupaten/kota adalah tertuju kepada bupati/walikota dengan melengkapi berkas-berkas permohonan. Ia menyebutkan bahwa bantuan tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan diberikan secara proporsional. “Besaran bantuannya bersifat proporsional sesuai dengan jumlah kursi DPRD yang didapatkan oleh masing-masing parpol,” tuturnya.

Adapun hingga berita ini diterbitkan, Rabu (7/08/2019) parpol yang telah mengambil berkas autentifikasi di kantor KPU Kota Batu antara lain PDIP, PAN, Gerindra, Golkar, PKS dan Nasdem. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 17 = 21