29 Mar

KPU KOTA BATU RESPON POSITIF KEPUTUSAN MK TENTANG PERPANJANGAN PELAYANAN DPTB

Batu, kpu-kotabatu.go.id (29 Maret 2019) – Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia baru saja memutuskan tentang masa perpanjangan pelayanan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) hingga H-7 pelaksanaan Pemilu 2019 yang akan digelar pada 17 April 2019. Keputusan yang diputuskan pada Kamis (28/03/2019) di Gedung MK tersebut mengubah ketentuan pengurusan DPTb yang sebelumnya H-30 atau berakhir pada 17 Maret 2019 yang lalu. Tentu, hal ini menjadi berita baik bagi warga Indonesia yang belum mengurus pindah pilih atau formulir A-5.

Adanya keputusan perpanjangan pengurusan DPTb ini direspon positif oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu. Komisioner Divisi Perencanaan dan Data (Ashar Chilmi) mengatakan jika keputusan tersebut merupakan upaya untuk memberikan kesempatan bagi seluruh warga negara Indonesia, termasuk Kota Batu, agar dapat menggunkan hak pilihnya pada Pemilu 2019 secara maksimal.

Ashar menuturkan jika lembaganya siap membuka kembali pelayanan DPTb untuk warga Kota Batu maupun pendatang. Hanya saja secara teknis masih harus menunggu keluarnya Surat Edaran maupun Petunjuk Teknis dari KPU RI agar pelaksanaannya tepat. “Tentu kami akan tetap berpedoman pada petunjuk teknis maupun surat edaran KPU RI terkait dengan pengurusan pindah pilih yang diperpanjang sampai h-7 pelaksanaan atau kisaran tanggal 10 April,” terangnya.

Secara khusus Ashar berpesan kepada warga Kota Batu agar bisa memanfaatkan kesempatan perpanjangan pindah pilih ini secara maksimal, dan tentunya memenuhi prasyarat pengurusan formulir A-5. “Harapan kami, semua warga Kota Batu maupun yang berada di luar Kota Batu, dengan (akan) terbitnya surat edaran dan petunjuk teknis dari KPU bisa lebih memaksimalkan. Prinsip bahwa yang pertama adalah terdaftar dalam DPT. Yang kedua, untuk menggunakan pindah pilih itu harus mempunyai dasar dan alasan yang dapat dipertanggungjawabkan,” tegasnya. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

42 − 35 =