01 Jun

KPU KOTA BATU PERINGATI HARI LAHIR PANCASILA

Kpu-kotabatu.go.id (1 Juni 2019) –  Memasuki tanggal 1 Juni 2019 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu turut memperingati Hari Lahir Pancasila dengan menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Halaman Kantor KPU, Sabtu (1/1/2019). Pelaksanaan upacara yang merupakan tindak lanjut Surat Edaran KPU RI Nomor 9 Tahun 2019 ini diikuti oleh seluruh komisioner, ASN, dan pegawai sekretariat di lingkungan KPU Kota Batu.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila kali ini terlihat spesial. Alasannya, selain pelaksanaan upacara di saat ibadah puasa, waktunya juga mendekati momen Hari Raya Idulfitri 1440 Hijriyah yang tinggal beberapa hari lagi. Tentu hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi seluruh pegawai KPU Kota Batu untuk tetap berkhidmat kepada negara di tengah kesibukan menyiapkan perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Ketua KPU Kota Batu (Saifudin Zuhri) yang bertindak sebagai inspektur upacara mengatakan jika peringatan Hari Lahir Pancasila ini mempunyai pesan-pesan penting yang harus direnungkan oleh masyarakat dan bangsa Indonesia, khususnya pasca-Pemilu 2019. Ia juga menerangkan jika ditetapkannya 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila merupakan keputusan besar yang mengakhiri perdebatan tentang bagaimana dan kapan Pancasila disepakati sebagai landasan ideologi Negara Indonesia.

Pada kesempatan tersebut Saifudin juga menyampaikan materi dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang menjelaskan tentang pentingnya Pancasila sebagai dasar sekaligus tuntutan bagi perjalanan kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia. “Kita semakin sadar dan yakin bahwa Pancasila sangat relevan dengan kondisi bangsa sekarang. Ia menjadi pemersatu di tengah kehidupan bangsa yang beragam dan dinamis,” tuturnya.

Selamat Hari Lahir Pancasila!

(ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

39 − 37 =