25 Apr

KPU KOTA BATU NARASUMBER PADA SOSIALISASI PEMAHAMAN DAN PENINGKATAN PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT YANG DIADAKAN KESBANGPOL KOTA BATU

Junrejo, kpu-kotabatu.go.id (25/04/2018) Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Batu dalam rangka mendukung pelaksanaan Pilgub Jatim 2018 yang kondusif dan lancar di Kota Batu,  menggelar Sosialisasi Pemahaman dan Peningkatan Partisipasi Politik Masyarakat pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Tahun 2018,Rabu(25/04). Sosialisasi yang diadakan di Pendopo Kecamatan Junrejo ini dihadiri oleh masyarakat Kecamatan Junrejo yang terdiri dari : paguyuban ojek, jamaah tahlil, ibu rumah tangga dan pedagang kaki lima.

Dalam sosialisasi tersebut dihadirkan tiga narasumber yang berkompeten di bidangnya masing-masing terkait dengan kegiatan politik di masyarakat. Sebagai narasumber pertama adalah Ketua KPU Kota Batu sekaligus Komisioner Divisi Teknis (Rochani), Abdur Rochman Ketua Panwaslu Kota Batu sebagai narasumber kedua dan narasumber ketiga dari lingkungan akademik, Taufik Akbar, Jurusan PPHI Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya.

Rochani, Ketua KPU Kota Batu

Kepala Kesbangpol Kota Batu (Suliyanah, S.Sos) dalam sambutannya mengemukakan bahwasanya dasar dari kegiatan diadakannya sosiallisasi terhadap masyarakat ini merupakan kewajiban pemerintah kota Batu untuk mendukung kelancaran dan meningkatkan partisipasi masyarakat kota Batu pada pelaksanaan Pilgub Jatim 2018 agar berjalan dengan aman, tertib dan kondusif sesuai dengan harapan.

Suliyanah, Kepala Kantor Kesbangpol

Ketua KPU Kota Batu sekaligus Komisioner Divisi Teknis (Rochani) sebagai narasumber pertama dalam acara yang dihelat Kantor Kesbangpol Kota Batu, memaparkan tentang tahapan dalam kegiatan Pilgub Jatim 2018 yang telah berjalan. Lebih lanjut, Rochani juga menghimbau kepada semua yang hadir untuk menggunakan hak suaranya pada waktu kegiatan pencoblosan di TPS tanggal 27 Juni 2018.

“KPU sebagai penyelenggara kegiatan Pilgub Jatim 2018, mohon dukungan pada semua yang terlibat dalam perhelatan akbar ini supaya terwujud Pilkada yang Guyub Rukun,” jelas Rochani di hadapan peserts sosialisasi.

Sebagai narasumber kedua, Ketua Panwaslu Kota Batu (Abdur Rochman) membawakan materi tentang “Integritas Partisipasi Aktif Bawaslu dalam Pengawasan serta Penegakan Hukum pada Pilkada Serentak 2018”. Dalam pemaparannya, Ketua Panwaslu yang suka menyelipkan humor ketika membawakan materi ini, menyampaikan tentang beberapa tugas dan wewenang Panwaslu seperti : melakukan pencegahan dan penindakan pelanggaran dan sengketa pemilu, melakukan pengawasan seluruh tahanan pemilu, mencegah praktek politik uang, mengawasi netralitas ASN dan anggota TNI/POLRI dan mengawasi pelaksanaan Peraturan KPU.

Abdur Rochman, Ketua Panwaslu Kota Batu

“Saat ini masyarakat sudah bisa melaporkan pelanggaran-pelanggaran terkait kegiatan Pilkada lewat HP karena Panwaslu sudah memiliki pengawasan berbasis IT (GOWASLU),” terang Abdur Rochman.

Narasumber terakhir dari kalangan akademisi (Taufik Akbar) dengan materinya tentang “Peningkatan Partisipasi Politik Pilgub Jatim 2018”  banyak membahas tentang kegiatan partisipasi politik dari masyarakat dilihat dari keikutsertaan dalam Pemilu dengan memberikan suara dalam Pemilihan Umum, atau  datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan memberikan suara.

Sebagai informasi, acara yang digelar kantor Kesbangpol Kota Batu ini diadakan selama tiga hari di tiga tempat yang berbeda. Untuk Kecamatan Junrejo diadakan di Pendopo Kecamatan Junrejo pada tanggal 25 April 2018, Kecamatan Bumiaji diadakan di Pendopo Kecamatan Bumiaji tanggal 26 April 2018 dan Kecamatan Batu diadakan di Ruang Rapat lt. 3 Balai Kota Among Tani Kota Batu pada tanggal 30 April 2018. (eka/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *