01 Apr

KPU KOTA BATU MENGHADIRI BIMTEK PEMANTAPAN SITUNG PEMILU 2019

Batu, kpu-kotabatu.go.id (1 April 2019) – Semakin dekatnya waktu pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2019 mengharuskan Komisi Pemilihan Umum (KPU) memantapkan persiapan pada segala lini. Salah satu hal yang penting ialah kesiapan para operator Situng yang merupakan ujung tombak dalam proses penghitungan suara. Berdasar kebutuhan tersebut KPU Republik Indonesia mengadakan acara Bimbingan Teknis Pemantapan Situng Pemilu Tahun 2019 pada Selasa-Minggu (26-31/03/2019) di Jakarta.

Acara bimbingan teknis (bimtek) tersebut diikuti oleh 560 peserta yang berasal dari KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota seluruh Indonesia dengan rincian; satu orang Anggota KPU Divisi Teknis, satu orang Kasubbag Teknis, dan satu orang Operator Situng. Selain sebagai wadah pemantapan terhadap pengoperasian aplikasi Situng, acara bimtek ini juga sebagai sarana KPU RI memperkuat komitmen operator Situng dalam menjamin keamanan dan kerahasiaan data hasil pemungutan suara.

Anggota KPU RI Divisi Teknis Penyelenggaraan (Ilham Saputra) memberi penjelasan tentang pentingnya keberadaan Situng dalam kesuksesan Pemilu 2019. Menurutnya, meskipun Situng bukan satu-satunya parameter keberhasilan dalam proses penghitungan suara, namun keberadaannya menjadi tolok ukur sekaligus wujud transparansi penyelenggaraan Pemilu 2019.

“Situng ini walaupun bukan dijadikan hasil resmi, tetapi ia menjadi salah satu prasyarat dan tolok ukur bagi kesuksesan pemilu kita. Kenapa demikian? Situng ini adalah menjadi salah satu bagian dari tranparansi kita sebagai penyelenggara,” jelasnya.

Ilham juga mengatakan jika dengan adanya Situng ini akan dapat membantu kerja penyelenggara pemilu di tingkat PPS, PPK, dan kabupaten/kota dalam proses penghitungan dan validasi hasil pemungutan suara. “Situng ini membantu teman-teman dari PPS, PPK, sampai nanti kabupaten/kota untuk kemudian membandingkan jika ada formulir C-1 yang bermasalah. Karena apa? Karena kita yakin C-1 yang kita scan itu adalah C-1 yg original,” terangnya.

Terakhir ia berpesan sekaligus memberi jaminan bahwa semua operator Situng KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota se-Indonesia ialah orang-orang yang mempunyai integritas tinggi dalam bekerja, sehingga tidak mungkin akan melakukan kecurangan yang dapat menciderai pelaksanaan Pemilu 2019. “Kita sebagai penyelenggara jangan membuat masalah baru. Jangan coba-coba memanipulasi suara orang. Itu sama saja sebagai pencuri. Juga jangan macam-macam ya Operator Situng, saya yakin anda adalah orang-orang yg jujur,” tegasnya disambut tepuk tangan oleh semua peserta. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

14 − 8 =