30 Sep

KPU KOTA BATU MEMULAI KEGIATAN ROADSHOW PENDIDIKAN PEMILIH

Batu, kpu-kotabatu.go.id (30 September 2019) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu memulai kegiatan Roadshow Pendidikan Pemilih kepada pelajar sekolah di Kota Batu. Sekolah pertama yang berkesempatan mendapat materi pendidikan pemilih ialah SMA Islam 1 Kota Batu. Komisioner Divisi Teknis (Erfanudin) didampingi beberapa staf sekretariat KPU Kota Batu menyampaikan tentang hal-hal mendasar tentang politik dan pemilu, misalnya makna politik, contoh politik dalam kehidupan sehari-hari, dan sekilas tentang tugas KPU dan pelaksanaan Pemilu 2019.

Mengawali penjelasan Erfanudin mengajak siswa-siswi SMA Islam 1 Kota Batu untuk memahami pengertian politik secara sederhana. Ia meminta kepada mereka untuk menerangkan ‘apa itu politik’. “Adakah yang bisa menjelaskan pengertian tentang apa itu politik?” ajak Erfan. Ada dua hingga empat siswa yang menjawab. Sebagian tidak bisa menerangkan, ada juga sebagian yang mampu menjawab dengan benar. “Politik adalah untuk mempengaruhi,” tutur salah seorang siswa.

Lalu, Erfanudin menjelaskan tentang contoh-contoh politik dalam kehidupan sehari. Ia menyebutkan bahwa sangat banyak sekali hal di dalam kehidupan yang sejatinya merupakan praktek berpolitik. Misalnya, sebutnya, pemilihan ketua OSIS, meminta tambahan uang jajan, dan meminta traktir makan ke teman adalah contoh perilaku politik. “Pernah nggak kalian meminta tambahan uang saku ke orang tua dengan berbagai alasan? Itu adalah politik. Meminta traktir ke teman, itu juga politik. Termasuk pemilihan ketua OSIS di sekoleh juga politik,” ungkapnya disambut antusias.

Kegiatan Roadshow Pendidikan Pemilih di SMA Islam 1 Kota Batu ini merupakan roadshow pertama yang dilakukan. Ke depan KPU Kota Batu akan berkeliling ke sekolah-sekolah di Kota Batu untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada pelajar tentang politik, demokrasi, dan wawasan kepemiluan secara luas. Harapan di baliknya ialah lahirnya pemilih-pemilih cerdas di masa yang akan datang. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

43 + = 45