30 Jun

KPU KOTA BATU MELAKSANAKAN KEGIATAN BIMBINGAN TEKNIS PPID

Batu, kpu-kotabatu.go.id (30 Juni 2020) – KPU Kota Batu selalu berupaya meningkatkan pelayanan informasi publik. Ini dibuktikan dengan melaksanakan bimbingan teknis PPID dan pembinaan SDM yang mengacu pada Peraturan Komisi Informasi nomor 1 tahun 2019 pada beberapa hari lalu.

Meskipun pengelolaan dan pelayanan informasi publik ini juga telah diatur dalam Peraturan KPU nomor 1 tahun 2015, juga dianggap penting untuk menyesuaikan dengan PerKi nomor 1/2019 dikarenakan terdapat spesifikisasi kewajiban penyelenggara pemilu baik itu KPU, Bawaslu dan DKPP dalam menyajikan dan memberikan layanan informasi publik berikut dengan ketentuan hukum yang berlaku.

Selain memberikan sosialisasi PerKi nomor 1/2019, Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM KPU Kota Batu (Marlina) juga melakukan bimbingan teknis dengan menyesuaikan isi materi PerKi dan juga menjelaskan prosedur dan operasional PPID. Didampingi moderator yaitu Kasubbag Teknis dan Hupmas (Ariansyah Mustafa) yang sekaligus adalah penanggung jawab PPID KPU Kota Batu, bimtek PPID ini berjalan dengan serius dengan suasana santai dan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 tentunya.

“Setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk miliki, mencari, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia”, demikian isi Pasal 28 F UUD RI 1945 yang menjadi dasar atas keterbukaan dan pelayanan informasi publik.

Hak atas informasi publik adalah Hak azasi manusia. Hal tersebut menjadi komitmen KPU Kota Batu untuk meningkatkan pelayanan dalam memberikan serta menyajikan secara berkala informasi publik, terang Marlina.

Pada sesi diskusi Ariansyah selaku penanggung jawab PPID KPU Kota Batu menyampaikan bahwa perjuangan dalam melakukan pelayanan cukup berat. Disamping harus selalu menyajikan dan memenuhi permintaan informasi kepemiluan, masalah yang juga dihadapi oleh PPID adalah motivasi tim yang tergabung dalam PPID terkadang menurun. Butuh komitmen bersama tidak hanya structural PPID, namun juga seluruh staf diharapkan mendukung kinerja PPID agar selalu maksimal dalam memberikan pelayanan, tutur Ari menjelaskan.

PPID tidak dapat bekerja sendiri, harus ada support yang kuat dari masing-masing subbag dalam menghimpun seluruh informasi terkait kepemiluan untuk dijadikan dokumentasi dalam pelayanan PPID. Dengan semangat melayani, Ari meyakini KPU PPID Kota Batu dapat bekerja dengan sepenuh hati. (Mrl)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 2 = 5