24 Jun

KPU KOTA BATU LENGKAPI DOKUMEN KECELAKAAN KERJA BADAN AD-HOC

Jakarta, kpu-kotabatu.go.id (24 Juni 2019) – Sebagai tindak lanjut kegiatan Rapat Koordinasi Pengelolaan SDM dan Evaluasi Badan Ad-hoc Pemilu 2019 yang diselenggarakan oleh KPU Jawa Timur beberapa waktu lalu, hari ini, Senin (24/09/2019) KPU Kota Batu berangkat ke Kantor KPU RI di Jakarta. Tugas yang dijalankan oleh Komisioner KPU Kota Batu Divisi SDM & Parmas (Marlina) dan Sekretaris KPU Kota Batu (Thomas Maydo) tersebut guna melengkapi berkas administrasi para anggota badan Ad-hoc KPU Kota Batu yang mengalami kecelakaan kerja pada saat penyelenggaraan Pemilu 2019.

Marlina menerangkan jika penyelesaian urusan kelengkapan administrasi tersebut sesuai dengan instruksi KPU Jawa Timur sebagai bagian dari keselamatan kerja. Ia menyebutkan jika KPU kabupaten/kota masing-masing harus mengambil langkah cepat agar proses penyelesaian segera tuntas. “Hari ini kita berangkat ke Jakarta guna melengkapi berkas Jaminan Kecelakaan Kerja badan ad-hoc saat pemilu kemarin. Hal ini merupakan perintah dari KPU Jatim, sekaligus sesuai isi Keputusan KPU RI Nomor 926,” terangnya.

Berdasarkan Keputusan KPU RI Nomor 926 dijelaskan bahwa badan Ad-hoc KPU dalam penyelenggaraan Pemilu 2019 meliputi anggota dan sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutsan Suara (PPS), anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), dan Petugas Ketertiban TPS. Kriteria kecelakaan kerja yang berhak mendapatkan santunan antara lain keadaan meninggal dunia, cacat tetap, luka/sakit berat, dan luka/sakit sedang. Adapun besaran santunan yang diberikan, yakni paling rendah Rp. 2.000.000,- hingga paling tinggi Rp. 36.000.000 untuk kasus kematian.

Di Kota Batu sendiri anggota badan Ad-hoc KPU Kota batu yang mengalami kecelakaan kerja saat penyelenggaraan Pemilu 2019 beberapa waktu lalu sebanyak 7 orang, terdiri dari 6 anggota TPS dan 1 anggota PPK Bumiaji. Sedangkan indikasi musibah yang dialami meliputi faktor sakit, kelelahan, dan kesalahan teknis di lapangan. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 + 1 =