29 Okt

KPU KOTA BATU INGATKAN PENTINGNYA MENJAGA SEMANGAT SUMPAH PEMUDA

Batu, kpu-kotabatu.go.id (28 Oktober 2019) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu melaksanakan upacara peringatan ke-91 tahun Hari Sumpah Pemuda, Senin (28/10/2019). Upacara yang dipimpin oleh Komisioner Divisi SDM, Parmas, dan Sosdiklih (Marlina) tersebut bermaksud agar momentum Hari Sumpah Pemuda yang diperingati tiap tanggal 28 Oktober selalu membawa semangat, terutama bagi pemuda dan pemudi dalam berkontribusi membangun bangsa Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut Marlina membacakan tentang sejarah perjuangan pemuda Indonesia di masa lalu dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Upaya perjuangan tersebut semakin menemukan ruh-nya ketika kelompok-kelompok pemuda dari berbagai daerah dan organisasi bersepakat untuk bersatu. Momentum persatuan para pemuda tersebut akhirnya berbuah manis dalam wujud Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 1945.

Persatuan para pemuda yang selanjutnya diabadikan dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah bukti otentik yang menunjukkan bahwa eksistensi pemuda ialah harapan akan masa depan bangsa yang lebih cemerlang. Oleh karena itu, selain modal persatuan pemuda juga harus memiliki kapasitas yang mumpuni dengan keluasan ilmu pengetahuan, pemanfaatan teknologi informasi, serta melahirakan kreativitas dan inovasi bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Kondisi yang demikian akan selaras dengan tema peringatan ke-91 tahun Hari Sumpah Pemuda, yakni “Bersatu Kita Maju”. Persatuan adalah model utama kemajuan bangsa Indonesia. Pada saat yang sama pemuda dan pemudi Indonesia harus mampu merekonstruksi dan mereaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Hari Sumpah Pemuda sehingga ia akan relevan dengan kondisi dan perubahan zaman. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

74 + = 77