10 Jun

KPU KOTA BATU IKUTI WEBINAR NASIONAL LITERASI DEMOKRASI DAN LAUNCHING BUKU PEMILIHAN SERENTAK 2020

Batu, kpu-kotabatu.go.id (10 Juni 2021) – KPU Kota Batu ikuti Webinar Nasional literasi Demokrasi dan Launching Buku Pemilihan Serentak 2020 yang diselenggarakan KPU Kota Blitar Propinsi Jawa Timur. Acara diisi oleh 6 orang Narasumber dengan 4 orang diwakili Divisi Parmas KPU Kab/Kota Pemilihan 2020, Anggota Bawaslu Propinsi Jawa Timur dan turut sebagai Pembicara utama Ketua Divisi Sosdiklih dan Parmas KPU Propinsi Jawa Timur Gogot Cahyo Baskoro.

Acara dibuka langsung oleh Ketua KPU Kota Blitar Choirul Umam dilanjutkan dengan penyampaian materi utama oleh ketua Divisi Sosdiklih dan Parmas KPU Propinsi Jatim. Gogot menyampaikan komitmen KPU Jatim dalam pengembangan literasi demokrasi sebagai sumber Pendidikan  pemilih di Indonesia. Kegiatan yang diinisiasi KPU Kota Blitar ini menjadi refleksi catatan sejarah dimana berbagai inovasi yang dilakukan KPU diwilayah Prop. Jatim sehingga sangat layak untuk dibukukan.

“Pemilihan serentak 2020 merupakan sejarah dimana pertama kali melaksanakan tahaan ditengah pandemi Covid -19 dan sukses”, jelas Gogot.

Sejauh sejarah penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan di Indonesia, Partisipasi masyarakat masih menjadi indikator utama sebagai target suksesnya penyelenggaraan. Selain itu, pada pelaksanaan pemilihan serentak 2020 lalu terbukti tidak menimbulkan kluster baru penyebran Covid -19 di Jatim, lanjut Gogot.

Strategi sosialisasi yang telah diterapkan tersebut bisa diadopsi dan diterapkan sebagai metode pelaksanaan pemilu dan pemilihan di masa mendatang. Demikian pentingnya literasi demokrasi sebagai catatan-catatan penting untuk menjadi dokumentasi administratif. Seperti kutipan dari pak Pram “Menulis adalah bekerja keabadian”, Gogot mengakhiri.

Pun demikian, Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM KPU Kota Batu Marlina menjelaskan dengan mengikuti webinar literasi demokrasi tersebut menjadi pembelajaran penting yang dapat menjadi referensi strategi Ketika KPU Kota Batu menghadapi dan melaksanakan tahapan pemilu dan pemilihan kedepan. (Mrl)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 76 = 80