14 Feb

KPU KOTA BATU IKUTI RAPAT FGD MENYUSUN INDEX DIGITAL KPU

Batu, kpu-kotabatu.go.id (11 Februari 2022) – KPU Kota Batu Mengikuti Rapat Focus Group Discussion (FGD) menyusun indeks digital KPU, melalui zoom metting dan live streaming youtube yang tayang pada channel KPU RI. Rapat ini diikuti oleh Ketua dan anggota KPU RI, KPU Provinsi maupun KPU Kabupaten/kota se-Indonesia. KPU berkomitmen untuk menciptakan pemilu yang transparan, pemilu yang jujur, adil dan tentu saja dibantu oleh close digital dan close teknologi informasi. KPU Kota Batu diikuti oleh Ketua KPU Kota Batu Mardiono beserta Sekretaris KPU Kota Batu Rudi Gumilar.

KPU RI telah menyusun dan membuat RKPU No 5 Tahun 2021 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik sebagai kerangka hukum dari digitalisasi pemilu. Indeks digital ini menjadi kebutuhan dalam kerangka untuk suksesnya digitalisasi pemilu, kompleksitas dan kerumitan pemilu akan kerap kali disampaikan. “Sudah saatnya kompesitas dan kesulitan itu diubah menjadi kemudahan dan kesederhanaan,” ujar Viryan Aziz Komisioner KPU RI. KPU berinisiatif untuk membuat indeks yang tujuannya untuk mengukur kinerja penerapan teknologi informasi yang akan dipergunakan.

Ada empat narasumber yang memberikan materi pada rapat FGD Menysun Index Digital KPU ini yang pertama Khoirunnisa Agustyati selaku Direktur Exekutif Perudem yang membahas tentang konteks penggunaan teknologi dalam pemilu, narasumber kedua dari sisi Institut Teknologi dan Bisnis Visi Nusantara Bogor, Nixigo Sasvito. Narasumber ke tiga Erik Kurniawan selaku Sindikasi Pemilu dan Demokrasi yang membahas tentang literasi digital pemilu. Dan narasumber terakhir Jojo Rohi selaku Komite Independen Pemantau Pemilu. (wln)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 + 1 =