08 Okt

KPU KOTA BATU IKUTI RAPAT EVALUASI PENGISIAN KARTU KENDALI LAPORAN TRIWULAN SPIP

Batu, kpu-kotabatu.go.id (08 Oktober 2021) – Laporan SPIP merupakan salah satu kegiatan yang rutin harus dilakukan setiap bulannya, Triwulan, Semesteran dan Tahunan oleh masing-masing Satuan Kerja dalam hal ini KPU Kota Batu. Adapun penyajian laporan tersebut meliputi Kepegawaian, SAKIP, BMN, Keuangan, Matrik Progress Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan BPK, Mekanisme Dana Hibah, Pengadaan, Kelengkapan Administrasi Pengelolaan Dana Hibah dan Rekapitulasi Perjalanan Dinas. Rapat Evaluasi Pengisian Kartu Kendali Laporan Triwulan SPIP KPU Provinsi dan KPU Kab/Kota Se Jawa Timur yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Jawa Timur Hari Jum’at Tanggal 8 Oktober 2021 melalui Zoom Meeting, dan dibuka oleh Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur Divisi Hukum dan Pengawasan Muhammad Arbayanto, S.H, M.H.

Dalam kesempatan tersebut M. Arbayanto menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan SPIP ini merupakan suatu kewajiban yang harus dipenuhi dimasing-masing lembaga, sebagai sajian formal dan saluran untuk pelaporan kepada otoritas yang lebih tinggi, yang harus merujuk kepada sebuah perspektif yang lebih luas dari pertanggungjawaban dengan standar kinerja yang bertumpu pada harapan publik sehingga dapat digunakan untuk menilai kinerja, responsivitas, dan juga moralitas dari para pengemban amanah publik.

Adapun tujuan evaluasi kartu kendali SPIP yaitu memperoleh informasi tentang implementasi SPIP di satuan kerja; menilai Kepatuhan Penyampaian Kartu kendali SPIP pada satuan kerja khususnya di Wilayah Jawa Timur;
Sebagai salah satu bentuk pengendalian internal dan mengidentifikasi apakah pelaksanaan kegiatan dibidang Kepegawaian, Keuangan (termasuk pengelolaan dana hibah), Perlengkapan (BMN), dan Kinerja dalam bentuk laporan (LAKIP) maupun kegiatan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi sudah terlaksana secara efektif, efisien, transparan dan akuntabel;
Memberikan saran/rekomendasi perbaikan untuk peningkatan Penyampaian Kartu kendali SPIP di Satuan Kerja, ungkap Ali Imron (Inspektorat KPU RI Korwil 2 Provinsi Jawa Timur).

Sekretaris KPU Jatim Nanik Karsini dalam sambutannya melalui forum ini KPU Jatim mengupayakan untuk menjembatani komunikasi antara Inpektorat KPU RI selaku verifikator SPIP wilayah Jawa Timur dengan 38 KPU Kabupaten/ Kota di Jawa Timur.
“Diharapkan terdapat kejelasan dan penyamaan pemahaman tentang tata cara dan mekanisme verifikasi laporan SPIP berikut data dukung yang harus dipenuhi oleh masing-masing satker, agar dapat disampaikan secara lengkap baik setiap bulan, triwulan, dan tahunan,” kata Nanik.

Lebih lanjut, penyelenggaraan evaluasi ini harapannya dapat memberikan dampak adanya peningkatan pemahaman dari aspek yang paling bersifat konseptual hingga hal yang paling teknis tentang bagaimana menyusun pelaporan SPIP. (budhie)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 1 = 2