16 Jun

KPU KOTA BATU IKUTI LAUNCHING DAN BEDAH BUKU PUTIH DAN BUNGA RAMPAI PILBUB PACITAN 2020

Batu, kpu-kotabatu.go.id (Rabu, 16 Juni 2021) – KPU Kota Batu diwakili Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM Marlina mengikuti Webinar launching dan bedah Buku putih Pilbub Pacitan 2020 dan Buku bunga rampai Pilbub Pacitan 2020. Acara dibuka langsung oleh Ketua KPU Pacitan. Buku ini merupakan literasi demokrasi serta catatan sejarah yang merangkum seluruh kejadian dan tahapan pemilihan secara lengkap.

Acara dihadiri oleh Ketua Divisi Sosdiklih dan Parmas KPU RI I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi sebagai narasumber pertama dan pengantar bedah buku. Dewa menyampaikan buku putih yang ditulis teman-teman Pacitan sangat berisi dan padat. Isinya detail meceritakan gambaran pelaksanaan seluruh tahapan pemilihan serentak di Pacitan yang berjalan dimasa pandemi Covid-19.

“Berkembangnya literasi pemiihan merupakan tradisi penting dilingkungan KPU disela tugas dan tanggungjawabnya sebagai penyelenggara, dan jug sebagai catatan dan bahan evaluasi untuk persiapan menyongsong Pemilu serentak 2024”, terang Dewa.

Bedah buku yang dimoderatori oleh Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM KPU Pacitan Iwit Budhi Santoso memandu berjalannya bedah buku. Isi buku ini langsung diceritakan oleh pelaku yang terilbat langsung dalam peyelenggaraan pemilihan 2020 lalu.

Adapun narasumber dimaksud adalah Ketua KPU Propinsi Jawa Timur, Ketua Divisi Perencanaan, data dan informasi KPU Pacitan, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Prop. Jatim, perwakilan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan perwakilan Relawan Demokrasi Pemilihan serentak KPU Pacitan.

Iwit menjelaskan disela penyampaian materi bahwa seluruh isi buku ini merupakan jejak seluruh proses tahapan pemilihan lalu yang banyak unsur terlibat disana. “Pemilihan melibatkan semua jaringan untuk turut mensosialisasikan pemilihan serentak di Kabupaten pacitan, dan isi buku ini sebelumnya telah didiskusikan dan konsultasikan ke KPU Prop. Jatim, jelas Iwit.

Pamungkas acara ini ditutup langsung Ketua KPU Prop. Jatim Croirul Anam. Anam menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada semua pihak yang telah berkontribusi dan terlibat pada pemilihan serentak 2020 lalu.

Anam mengungkapkan kebanggaannya menjadi bagian launching dari buku putih dan buku bunga rampai KPU Pacitan ini. Selama proses tahapan penyelenggaraan pemilihan KPU Prop. Jatim telah menghimbau untuk mendokumentasikan serta menuliskan kronologi seluruh kejadian pada penyelenggaraan dalam bentuk catatan, jadi tidak hanya buku laporan pertanggungjawaban yang dibukukan sebagai legasi dan literasi demokrasi. Anam mengutip dari Daud Yusuf pengamat demokrasi “membaca atau budaya literasi ini menjadi syarat mutlak untuk terus mememperbaiki proses demokrasi”, ungkap Anam. (Mrl)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

78 + = 79